Android 7.0 Nougat Sudah Dirilis, Apa Saja Fiturnya?

Now Reading
Android 7.0 Nougat Sudah Dirilis, Apa Saja Fiturnya?

Android 7.0 Nougat, penerus Android 6.0 Marshmallow ini sudah resmi dirilis oleh Google beberapa waktu lalu. Apabila Anda ingin mencobanya, Anda sudah dapat melakukan flash pada gadget Nexus kesayangan Anda. Nantinya, smartphone Android pertama yang akan menggunakan Android 7.0 Nougat ini bukanlah Nexus, melainkan LG V20.

Setidaknya ada 11 fitur baru yang ditawarkan oleh Android 7.0 Nougat. Berikut ini adalah fitur yang hadir pada sistem operasi terbaru milik Google tersebut.

Performance

Ada tiga komponen utama yang meningkatkan performa penggunaaan Android 7.0 Nougat. JIT compiler bisa meningkatkan kecepatan smartphone, mengurangi jumlah storage yang digunakan oleh aplikasi, dan meningkatkan kecepatan aplikasi berjalan. Selain itu ada VR mode dan Vulkan API yang meningkatkan kualitas bermain game.

Battery dan Data

Fitur Doze juga mengalami peningkatan performa baterai dengan membuat smartphone masuk pada mode low power ketika pengguna meletakkannya di saku. Terdapat juga data saver dimana Anda dapat melakukan block terhadap suatu aplikasi mengakses data internet ketika data saver dihidupkan.

Productivity

Ada tiga fitur yang ditawarkan, yaitu Split-screen mode untuk mode multiwindow, picture-in-picture untuk bisa menonton video ketika sedang browsing, dan double tap to quickly switch untuk berpindah secara cepat pada dua jendela aplikasi yang sedang terbuka.

Notification

Ada tiga fitur juga yang ditawarkan pada jendela notifikasi, direct reply untuk langsung menjawab SMS yang masuk tanpa harus membuka aplikasinya, serta kontrol lebih detail untuk mengatur notifikasi yang masuk.

System Usability Improvements

Ada tujuh peningkatan untuk sisi sistemnya, antara lain Customizable quick settings, redesigned quick settings bar, redesigned settings, emergency information, dan lockscreen wallpaper.

Emoji

Ada penambahan emoji pada Android versi terbaru ini. Dengan unicode 9 emoji, emoji didesain ulang sehingga lebih terlihat manusiawi.

Privacy dan Security

Ada fitur baru direct boot yang membuat proses reboot smartphone lebih cepat, seamless software updates (for new devices), file-based encryption, scoped folder access, dan trusted face yang merupakan bagian dari smartlock.

Device setup and migration

Improved system backup coverage dimana backup -ya juga meliputi accessibility settings, run-time permissions for apps, WiFi hotspot settings, dan WiFi network restrictions.

Internationalization

Multiple locales support, new languages, and new language preferences. Ya, Google bakal menambah pilihan bahasa yang bisa digunakan pada Android 7.0 mendatang.

Accessibility

Accessibility settings menjadi bagian dari setup smartphone baru, customizable display size yang tidak hanya bisa mengubah ukuran font, namun juga dapat mengubah ukuran icon dan gambar, accessibility mono output, serta variable text to speech speed.

Android for Work

Fitur ini memungkinkan smartphone Anda secara otomatis menghidupkan dan mematikan aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan dan jam kerja kantor.

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
82%
Mau
10%
Biasa Aja
5%
Payah!
3%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.
Comments
Leave a response

Leave a Response