Connect with us
TUF
Tech News

Alami Siksaan, Smartphone Sejutaan Nokia 2 Lolos dari “Maut”

Updated

HMD Global telah meluncurkan banyak smartphone Android Nokia buatannya tahun ini, mulai dari Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, hingga Nokia 8. Kita ketahui bersama bahwa Nokia 2 adalah varian termurah dengan spesifikasi hardware yang paling rendah. Namun apa jadinya ketika Nokia 2 diuji ketahannya oleh channel YouTube Jerry RigEverything?

Pada video pengujian tersebut yang belum lama dirilis, awalnya layar Nokia 2 diuji ketangguhan terhadap goresan dengan skala Mohs dari 1 hingga 9. Tentu saja goresannya dilakukan secara bertahap. Hasilnya sama seperti kebanyakan smartphone lain, dimana layar baru tergores dengan pick skala 6 Mohs yang artinya layarnya bisa diandalkan.

Tentu saja ini juga berkat kaca antigores Corning Gorilla 3 membuat layar Nokia 2 kuat terhadap goresan koin dan kunci. Selain itu, kamera depan smartphone ini juga dilindungi oleh kaca antigores Corning Gorilla Glass 3, sehingga kekuatannya sama seperti layarnya. Hal ini jarang ditemukan pada smartphone kelas bawah lainnya.

Pada kamera belakang serta LED flash-nya memiliki penutup pelindung kaca. Ini merupakan sebuah peningkatan dimana kamera belakang Nokia 3 hanya tertutup plastik. Sementara itu, lubang suara juga mempunyai lembaran tipis vinil yang melindunginya. Beberapa bagian penutup Nokia 2 serta tombol power dan volume semuanya terbuat dari logam.

Selanjtunya dilakukan tes pembakaran dengan mendekatkan api pada layar. Ternyata hanya dalam waktu limat detik, layar IPS LCD Nokia 2 mulai berubah menjadi hitam. Namun menariknya, layar dapat melakukan regenerasi dengan cepat sehingga tampilan hitam di layar menghilang dan kembali normal seperti semula.

Tes penggoresan ekstrem pada bodi belakang smartphone ini pun turut dilakukan. Memang bodinya mengalami baret dengan mudah. Tapi tetap tergolong kokoh. Pasalnya bodi Nokia 2 hanya mengalami sedikit bengkok pada uji “bend test”. Smartphone ini tidak patah dan semua fungsi-fungsinya pun masih berjalan normal.

Baca juga

Jadi, dengan kata lain, Nokia 2 yang sejatinya dibanderol hanya Rp1 jutaan ini memiliki bodi yang kokoh. Harga murah yang ditawarkan tidak membuat HMD selaku pemegang lisensi Nokia mengesampingkan kekuatan bodinya. Sekali lagi hal ini membuktikan bahwa Nokia tetap identik dengan kesan kokoh seperti dulu.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.