Connect with us
ZFLive
Featured

Perang Megapiksel: VIBE Shot vs Galaxy S6 edge+ vs G4 vs Xperia Z3+

Droidlime.com,

/

komparasi foto droidlime 12

Setiap smartphone pasti memiliki kamera untuk kebutuhan memotret. Namun bicara soal smartphone fotografi, tak banyak yang bisa dipilih. Jika kamera adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi untuk menunjang kegiatan Anda, sejauh ini hanya ada beberapa smartphone yang layak dipilih, contohnya seperti empat smartphone yang kami coba kali ini.

Peserta pengujian

Di waktu yang sama, kami membandingkan kualitas jepretan dari empat smartphone dengan kamera canggih. Mereka adalah Lenovo VIBE Shot dengan kamera 16 MP, Sony Xperia Z3+ dengan kamera 20,7 MP, LG G4 dengan kamera 16 MP, dan Samsung Galaxy S6 edge+ dengan kamera 16 MP. Keempatnya bisa dikatakan sebagai yang terbaik saat ini untuk kebutuhan memotret.

Sebagai tambahan informasi, LG G4, Samsung Galaxy S6 edge+, dan Lenovo VIBE Shot menyediakan konfigurasi manual untuk mengatur shutter speed dan manual focus, sementara Sony Xperia Z3+ tidak memilikinya. Untuk kemudahan memotret, Sony Xperia Z3+ dan Lenovo VIBE Shot memiliki tombol shutter khusus.

Standar pengujian

Dalam mengadu kualitas kamera keempat smartphone ini, kami hanya menggunakan mode auto, bukan manual atau mode lainnya. Mode auto dipilih karena kebanyakan pengguna smartphone lebih sering menggunakannya dibanding harus repot mengatur ISO, white balance, shutter speed, dan lain sebagainya. Pengujian dilakukan di tempat dan waktu yang sama, juga dengan kondisi yang sama persis.

Foto 1

komparasi foto droidlime 9

Pada pengujian foto macro dari jarak sekitar 20 cm ini, kamera LG G4 terlihat menghasilkan warna kurang akurat, namun detail pada daun tersaji paling jelas. Sedangkan VIBE Shot dan Xperia Z3+ kesulitan memotret dari dekat karena aperture yang lebih tinggi dibanding G4 dan S6 edge+.

Foto 2

komparasi foto droidlime 8

Untuk Anda yang hobi memotret bokeh atau depth of field, LG G4 mampu hasilkan efek bokeh paling dramatis, diikuti oleh S6 edge+ di posisi kedua serta VIBE Shot dan Z3+ di peringkat ketiga dan keempat. Hal ini dipengaruhi oleh bukaan (aperture) rendah yang dimiliki oleh G4 dan S6 edge+.

Foto 3

komparasi-foto-droidlime-4

Lagi-lagi, foto kali ini menunjukkan bahwa warna yang dihasilkan oleh kamera LG G4 tidak seakurat ketiga pesaingnya. Namun uniknya, separasi warna yang dihasilkan oleh LG G4 justru terlihat paling jelas, sehingga gradasi warna dari bunga yang satu dengan bunga lainnya terlihat jelas.

Foto 4

komparasi-foto-droidlime-5

Pengujian selanjutnya yakni memotret dengan flash. Tembakan flash kamera VIBE Shot dan S6 edge+ terasa sangat keras dan berfokus pada objek di depan. Sementara tembakan flash pada Z3+ dan G4 terasa lebih lembut dan merata ke objek samping dan belakang. Namun warna daun pada kamera Z3+ jadi terlihat lebih pudar.

Foto 5

komparasi-foto-droidlime-6

Saat memotret melawan cahaya, contohnya seperti foto ini, kamera VIBE Shot hasilkan gambar paling gelap (seperti mendung), namun tajam. Sedangkan kamera G4 dan S6 edge+ terlihat natural, dan kamera Z3+ terlihat paling cerah, lebih cerah dari kondisi aslinya.

Foto 6

komparasi-foto-droidlime-7

Untuk memotret di kondisi gelap, kamera VIBE Shot praktis tidak dapat menampilkan objek dengan jelas. Kamera Z3+ terlihat paling terang, diikuti kamera G4. Sementara kamera S6 edge+ masih bisa menampilkan objek meski detail genteng tak terlalu terlihat.

Foto 7

komparasi-foto-droidlime-10

Masih penasaran memotret di malam hari, kali ini kami mengambil tempat dengan cahaya lebih banyak. Hasilnya masih sama, kamera Z3+ dapat menyerap cahaya paling banyak, diikuti oleh G4, S6 edge+, dan VIBE Shot di posisi terakhir. Sedikit catatan, kamera Z3+ paling lama saat menjepret dibanding ketiga pesaingnya, mungkin untuk menyerap cahaya lebih banyak.

Foto 8

komparasi-foto-droidlime-11

Bicara soal detail saat memotret objek dari jarak dekat, kamera G4 dan S6 edge+ dapat mengungguli kamera VIBE Shot dan Z3+. Sekadar informasi, ini adalah foto yang sama dengan foto pada pengujian pertama di atas, namun foto di-zoom hingga angka 100 persen.

Kesimpulan

Tahun ini kami sudah mencoba puluhan smartphone Android, dari kelas entry-level hingga flagship. Kesimpulannya, keempat smartphone inilah yang paling jitu untuk urusan memotret. Kameranya bisa diandalkan untuk menggantikan peran kamera saku digital.

Bagi yang suka memotret macro dan bokeh, LG G4 dan Samsung Galaxy S6 Series bisa dipilih. Sedangkan kamera Lenovo VIBE Shot hanya kurang optimal di kondisi gelap tanpa flash, namun tetap layak dipilih bagi Anda yang memiliki bujet ketat. Sedangkan Xperia Z3+ tak kalah menarik karena satu-satunya smartphone yang bisa memotret di dalam air. Sayang, smartphone ini cepat panas saat digunakan untuk memotret.

Advertisement
Comments
Featured

5 Godaan Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Xiaomi Redmi Note 5 Pro All Four
Setelah sukses merilis Xiaomi Redmi Note 5 di Cina dan India, akhirnya Xiaomi memboyong smartphone ini ke Indonesia secara resmi. Meski diposisikan sebagai smartphone kelas menengah, Xiaomi Redmi Note 5 membawa sejumlah fitur dan komponen baru yang belum pernah ada pada seri Redmi sebelumnya. Beberapa hari ini, Xiaomi menyelenggarakan proses flash sale di sejumlah toko online. Menariknya, Redmi Note 5 ludes terjual dalam waktu sangat singkat. Kendati demikian, persaingan smartphone kelas menengah di Indonesia sangatlah ketat, tak ayal hal ini membuat para pembeli bingung dalam menentukan smartphone. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk membeli Xiaomi Redmi Note 5, lima...
Continue Reading
Featured

Memotret Low Light dengan Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

reno5 08
Redmi Note 5 sedang menjadi pusat perhatian saat ini. Smartphone satu ini menjadi andalan baru Xiaomi di Indonesia. Seperti biasa, daya tariknya ada pada spesifikasi mumpuni yang disertai harga kompetitif. Prosesor adalah salah satu jualan utama Xiaomi Redmi Note 5. Diotaki chipset Snapdragon 636, smartphone ini menjanjikan performa kelas menengah ke atas. Terbukti lewat skor benchmark (AnTuTu) yang menembus 100 ribu poin. Tak hanya prosesor, kamera ternyata juga jadi andalan Xiaomi Redmi Note 5. Xiaomi mengemasnya dengan memasangkan dua modul kamera di belakang, sekilas terlihat seperti iPhone X. Resolusinya yakni kamera primer 12 MP f/1.9 dan kamera sekunder 5 MP....
Continue Reading
Featured

4 Alasan untuk Tidak Membeli Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Xiaomi Redmi NOte 5 1
Salah satu smartphone kelas menengah yang lagi hits di pasar Indonesia adalah Redmi Note 5 yang diproduksi oleh Xiaomi. Masuk ke pasar Indonesia, smartphone ini diperkenalkan pada pertengahan bulan lalu dan dibanderol dengan harga yang terbilang menarik, yakni kurang dari Rp3 juta. Namun, meskipun dijual dengan harga menarik dan mendapat sambutan positif bagi para penyuka gadget di Tanah Air, bukan berarti smartphone ini hadir tanpa "luka". Untuk itulah, DroidLime akan memberikan empat hal mengapa smartphone ini tidak layak untuk Anda beli. Bodi bukan full-metal Harus diakui, Redmi Note 5 punya tampilan yang begitu sedap dipandang mata. Selain itu, Xiaomi juga...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer