9 Langkah Mudah Atasi Smarphone Terkena Air

Saat ini beberapa smartphone canggih punya fitur tahan air, seperti Samsung Galaxy S7, iPhone 7, atau pun Sony Xperia X series. Namun, faktanya sebagian besar smartphone saat ini masih belum memiliki fitur tahan air tersebut. Apakah smartphone Anda juga termasuk ke dalam smartphone tidak tahan air? Jika iya, Anda harus menyimak informasi berikut ini.

Satu hal yang harus diperhatikan, jangan pernah panik apabila suatu saat nanti Anda tidak sengaja menjatuhkan smartphone ke dalam air. Cobalah untuk segera mengeluarkan smartphone dari air, dan lakukan hal ini dengan tetap tenang. Selanjutnya, ada beberapa hal yang harus Anda hindari dan juga dilakukan untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan pada smartphone Anda.

Jangan dilakukan

ldi indicator

  1. Jangan hidupkan smartphone Anda.
  2. Jangan menekan tombol apapun.
  3. Jangan menggoyang atau memiringkan smartphone Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari air menyebar ke dalam komponen smartphone Anda.
  4. Jika belum perpengalaman, jangan langsung membongkar smartphone. Karena beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan LDI (Liquid Damage Indikator) yang mana ketika Anda asal-asalan membongkar smartphone indikator pada LDI akan aktif. Dan hal ini dapat berkakibat hangusnya garansi smartphone Anda.
  5. Jangan tiup atau mengipas air dari bagian atas smartphone. Hal ini bisa mengakibatkan masuknya air ke dalam bagian dalam smartphone yang dapat memperparah kerusakan pada smartphone Anda.
  6. Hindari mengeringkan smartphone dengan barang yang bersifat panas seperti hairdryer atau microwave.

Harus dilakukan

servis hp rusak

  1. Jika smartphone masih menyala, segera matikan smartphone.
  2. Buka dan lepaskan casing smartphone Anda. Lalu keluarkan juga kartu SIM dan microSD.
  3. Gunakan kain, tisu, atau benda lain yang dapat menyerap air. Gunakan untuk mengeringkan smartphone dan pastikan Anda melakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar tidak mendorong air masuk ke dalam.
  4. Jika serangan air sudah parah, Anda dapat menggunakan vacum untuk menyedot air yang terjebak di celah-celah sempit bagian dalam. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati dan pastikan Anda dapat menjangkau bagian-bagian kecil seperti slot microSD, kartu SIM, serta baterai.
  5. Untuk memastikan agar smartphone benar-benar kering, Anda dapat menggunakan beras. Beras sangat bagus untuk menyerap cairan. Anda dapat menggunakan kotak makan, baskom, atau wadah lainnya, yang terpenting pastikan smartphone Anda benar-benar tenggelam dalam beras.
  6. Biarkan smartphone Anda kering selama 24 atau 48 jam, jangan tergoda untuk menyalakannya.
  7. Setelah beberapa hari, keluarkan smartphone dari beras dan nyalakan smartphone Anda.
  8. Jika smartphone tidak menyala, coba lakukan proses charge. Jika smartphone belum juga menyala, Ada kemungkinan baterai rusak. Segera bawa smartphone ke tempat reparasi profesional.
  9. Jika smartphone dapat menyala, Kami sarankan untuk mengetes beberapa fitur penting pada smartphone Anda, seperti layar, speaker, headset, kamera, fingerprint, dan fitur-fitur penting lainnya.

Itulah enam langkah yang harus dihindari dan sembilan langkah yang harus dilakukan jika hal buruk ini terjadi pada smartphone Anda. Bila Anda bekerja atau sering membawa smartphone di tempat-tempat yang berhubungan dengan air, kami sarankan untuk menggunakan casing tahan air.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
88%
Mau
4%
Biasa Aja
4%
Payah!
4%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.