8 Tanda Anda “Kerasukan” Smartphone

Now Reading
8 Tanda Anda “Kerasukan” Smartphone

Seberapa sering Anda memegang atau sekadar mengecek layar smartphone dalam satu hari? Tanpa disadari, mungkin Anda bisa melihat bolak-balik mengecek layar smartphone di atas 100 kali dalam sehari. Atau mungkin juga Anda termasuk orang yang lebih ikhlas ketinggalan dompet daripada smartphone. Jika benar demikian, bisa jadi Anda sudah positif “kerasukan” smartphone.

Nyetir sambil balas komentar medsos

nyetir-sambil-sms

Menyetir sambil menelepon atau mengirim SMS memang tidak boleh dilakukan demi keselamatan. Jika pun terpaksa harus dilakukan, setidaknya hal tersebut benar-benar untuk kebuthan mendesak. Namun jika yang Anda lakukan adalah menyetir sambil menulis status atau pun membalas komentar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Path, tandanya Anda sudah kerasukan smartphone yang disebabkan oleh media sosial.

Punya lebih dari lima media sosial

medsos

Kerasukan smartphone yang disebabkan oleh media sosial juga bisa dipicu dari banyaknya media sosial yang Anda miliki. Memiliki satu hingga tiga akun media sosial masih terasa wajar. Namun jika Anda memiliki lebih dari lima akun media sosial dan seluruhnya aktif, hampir bisa dipastikan waktu yang Anda miliki bakal cukup banyak terbuang untuk mengakses, melihat, dan berinteraksi di dalamnya.

Ritual foto sebelum makan

food-photo

Memiliki kebiasaan memotret makanan atau minuman sebelum makan bisa jadi tanda Anda sudah kerasukan smartphone. Masih ada hal lain yang bisa Anda lakukan sebelum makan daripada hanya sekadar memotret makanan tersebut. Atau, Anda bisa saja langsung memakannya tanpa harus memotretnya terlebih dahulu. Pasalnya, ritual memotret makanan sebelum makan hampir bisa dipastikan berujung dengan memajangnya di media sosial, sesuatu yang tidak terlalu penting namun tetap dilakukan untuk menjaga eksistensi.

Charge smartphone lebih dari dua kali sehari

cas-hp

Umumnya kita hanya mengisi baterai satu kali atau maksimal dua kali sehari, seboros apapun baterai smartphone yang digunakan. Kecuali jika baterai smartphone tersebut bocor, bisa saja kita mengisinya lebih dari dua kali. Namun jika baterai baik-baik saja dan Anda tetap mengisi baterai lebih dari dua kali sehari, waspadalah, bisa jadi Anda sudah terlalu sering dan berlebihan dalam menggunakan smartphone.

Ganti smartphone lebih dari tiga kali setahun

beli-hape

Jika tidak ada kebutuhan mendesak, lemot, atau karena rusak, mungkin kita tak akan sering-sering mengganti smartphone. Namun jika tidak ada sebab berarti dan Anda tetap sering bergonta-ganti smartphone hingga lebih dari tiga kali dalam setahun, hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda adalah orang yang kerap mengikuti perkembangan gadget tingkat lanjut. Anda rela menggelontorkan uang untuk membeli smartphone dan pastinya juga rela menghabiskan cukup banyak waktu bersama smartphone kesayangan.

Menggunakan casing atau aksesori aneh

casing-hp-aneh

Rasa sayang terhadap smartphone bisa ditunjukkan dengan membeli casing atau aksesori untuk melindungi dan menunjang fungsinya. Tapi jika sudah terlalu sayang, Anda tak akan ragu untuk membeli dan menggunakan casing atau aksesori sekalipun memiliki bentuk yang aneh, asalkan bisa membuat Anda betah berlama-lama dengan smartphone. Selama Anda menyukainya, Anda tak akan peduli dengan pendapat orang lain yang menilainya aneh.

Bawa smartphone ke kamar mandi

sms-kamar-mandi

Saat sedang bepergian, membawa serta smartphone ke kamar mandi atau toilet adalah hal yang wajar. Bakal menjadi tidak wajar jika Anda membawa smartphone ke kamar mandi di dalam rumah untuk menemani kegiatan mandi atau buang air. Ini tandanya, Anda tak ingin lama-lama berpisah dengan smartphone kesayangan apapun kondisinya.

Baca juga: iPhone 7 juga Alami Musibah Meledak

Pasangan sejati dengan powerbank

powerbank

Kemana pun perginya, jauh atau dekat, lama atau sebentar, jika Anda selalu membawa serta powerbank, tandanya Anda tak bisa hidup tanpa smartphone. Pasalnya Anda tak rela kehabisan baterai smartphone sehingga powerbank selalu siap sedia menemani dan sudah seperti pasangan sejati melebihi kekasih pujaan hati.

Ya, delapan kebiasaan di atas bisa dijadikan benchmark untuk mengetahui apakah Anda termasuk golongan orang-orang yang sudah “kerasukan” smartphone sehingga tak bisa lepas dan selalu menggenggam serta menatap layar smartphone.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
78%
Mau
3%
Biasa Aja
10%
Payah!
9%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.

Leave a Response