7 Rekomendasi Smartphone Dual-camera Powerful

Teknologi dual-camera saat ini bukan lagi suatu hal yang menakjubkan. Pasalnya, hampir sebagian besar smartphone flagship keluaran terbaru menyematkan teknologi ini, ya terkecuali Samsung Galaxy S8. Teknologi dual-camera nyatanya mampu memberikan sentuhan-sentuhan ajaib.

Hasilnya, jepretan yang di dapat mampu menyajikan foto berkualitas tinggi. Bahkan tak sedikit pecinta gadget yang mengatakan bahwa foto yang dihasilkan oleh smartphone dengan dukungan dual-camera setara dengan DSLR. Lalu smartphone dual-camera apa saja yang memiliki kualitas terbaik? Berikut ulasannya!

iPhone 7 Plus

Apple iPhone 7 Plus

Kedatangan iPhone 7 Plus yang mengusung teknologi dual-camera langsung disambut meriah oleh para penggila gadget. Pasalnya, smartphone ini adalah produksi perdana Apple yang mengusung menggunakan teknologi dual-camera. Tak main-main, Apple menyematkan langsung dual-camera dengan resolusi masing-masing 12 MP.

Disematkan secara sejajar, kamera kiri dilengkapi dengan lensa wide, sementara yang kanan dibekali dengan teknologi lensa zoom. Kolaborasi dua kamera ini memungkinkan pengguna untuk membidik gambar secara telephoto.

Tak hanya itu saja, dual-camera yang disematkan oleh Apple ke dalam iPhone 7 Plus juga sanggup menghasilkan gambar dengan efek blur alias bokeh. Satu lagi, dukungan dual-camera tersebut juga dibekali fitur OIS guna menjaga stabilitas ketika membidik sebuah objek.

Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6 2

Pada pertengahan bulan April 2017 lalu Xiaomi telah merilis Mi 6 yang masuk ke dalam jajaran smartphone premium. Kejutannya, produsen teknologi asal Cina tersebut turut membekali Mi 6 dengan dual-camera berteknologi tinggi.

Tak berbeda dengan iPhone 7 Plus, Xiaomi Mi 6 juga hadir dengan dual-camera yang memiliki resolusi 12 MP. Satu kamera dengan sudut pandang lebar dan satunya lagi dengan fitur lensa zoom untuk mengambil gambar model telefoto.

Dari hasil percobaan yang kami lakukan, dual-camera Xioami Mi 6 memiliki kualitas yang tak kalah dengan dual-camera yang ada di iPhone 7 Plus. Bahkan, memotret dengan efek bokeh dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, Xiaomi Mi 6 juga membawa fitur 4-axis OIS sehingga dapat menghasilkan jepretan yang stabil.

Huawei P9

Huawei P9 2

Tak bisa dimungkiri, Huawei adalah salah satu pionir smartphone dual-camera di dunia. Ya! Salah satu produk mereka yang berhasil memikat hati banyak penggila gadget adalah Huawei P9. Dengan slogan "Reinvent Smartphone Photography", Huawei membekali P9 dengan dual-camera 12 MP.

Bukan dual-camera sembarangan, Huawei mengemasnya bersama dengan produsen kamera asal Jerman, Leica. Juga disematkan secara sejajar, satu kamera memiliki kemampuan untuk memotret RGB alias warna, sedangkan yang lainnya memotret monokrom atau hitam putih.

Tak kalah menarik, dual-camera yang disematkan oleh Huawei ke dalam P9 juga mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang dramatis. Dual-camera ini juga dilengkapi dengan mode manual, sehingga pengguna dapat mengubah konfigurasi sesuai keinginan.

Huawei P10

Huawei P10

Setelah sukses dengan P9, Huawei melanjutkan keperkasaan smartphone tersebut dengan memproduksi P10. Masih menggandeng Leica, smartphone ini dirilis pada bulan Maret lalu. Berbeda dengan P9, Huawei membekali P10 dengan dual-camera yang memiliki resolusi 20 MP + 12 MP.

Namun, kemampuan fungsi dual-camera yang dihasilkan sama, yakni satu kamera untuk memotret monokrom dan satunya lagi RGB alias warna. Memotret pada malam hari atau di lingkungan minim cahaya menggunakan P10 juga mampu menghasilkan gambar yang lebih baik dibandingkan P9.

LG V20

LG V20

LG V20 adalah smartphone kedua LG yang mengusung dual-camera setelah pendahulunya, LG G5. Smartphone ini datang dengan dual-camera yang memiliki resolusi 16 MP + 8 MP. Dual-camera yang disematkan juga menawarkan beragam fitur andalan, salah satunya Multi View.

Bagi mereka yang tak suka dengan pengaturan otomatis, LG V20 juga menawarkan mode manual sehingga dapat mengubah ISO, shutter speed, dan beberapa pengaturan lainnya. Kemampuan lainnya, dual-camera LG V20 juga pintar memotret di kondisi low-light karena mampu menyerap cahaya dengan lebih optimal.

Sebenarnya kalau mau lebih kekinian, LG sudah merilis G6 pada Februari kemarin. Namun kualitas kameranya tak terlalu berbeda jauh dibanding V20. Selain itu, LG G6 masih mengandalkan prosesor yang tak beda jauh dari V20.

Huawei Mate 9

Huawei Mate 9

Kehadiran Huawei Mate 9 di pasar smartphone dual-camera digadang-gadang akan menjadi pesaing berat LG V20. Mengapa? Karena kembali Huawei membekali Mate 9 dengan dual-camera yang memiliki resolusi 20 MP (sensor monokrom) dan 12 MP (sensor RGB). Daya tarik lainnya, Huawei masih menggandeng Leica.

Tak mau ketinggalan, dual-camera yang disematkan oleh Huawei ke dalam Mate 9 juga menyajikan beragam fitur keren, salah satunya Light Painting. Lewat fitur ini untuk memotret kibasan cahaya akan menjadi lebih mudah dan hasilnya juga terlihat lebih profesional.

Bicara soal mode manual, Huawei juga juga menyediakan konfigurasi yang cukup lengkap. Mulai dari mengubah pengaturan ISO hingga shutter speed bisa dilakukan. Jika LG V20 lebih andal memotret di dalam ruangan, Mate 9 justru lebih optimal bekerja di luar ruangan karena tak terlalu menyerap cahaya.

ASUS ZenFone Zoom S

ASUS Zenfone 3 Zoom

Berbicara soal smartphone yang mengusung teknologi dual-camera, ASUS ZenFone Zoom S adalah produk terbaru yang hadir. Di Indonesia, smartphone ini baru dirilis pada tanggal 16 Mei lalu. Dual-camera yang disematkan memiliki resolusi 12 MP dengan sensor IMX 362 dari Sony.

Dual-camera ASUS ZenFone Zoom S juga ditopang dengan fitur IOS, Dual Pixel PDAF, serta dual LED flash. Tak hanya itu, smartphone ini juga dibekali dengan teknologi optical zoom 2,3x serta mampu memperbesar objek hingga 12x digital zoom. Memotret dengan efek bokeh juga bisa dilakukan lewat smartphone ini, hanya saja kita harus menunggu update software terbaru.

(last edit: 30 May, 2017 / 1:17 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
51%
Mau
13%
Biasa Aja
3%
Payah!
38%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.