7 Rekomendasi Smartphone Bezel-less Terjangkau

Tak hanya dukungan dual-camera, belakangan ini tak sedikit produsen smartphone yang gemar merilis perangkat dengan desain minim bezel. Sebut saja, ada Samsung Galaxy S8 dengan desain layar Infinity Display dan LG G6 lewat desain layar Full Vision.

Bahkan, produsen smartphone asal California, Amerika Serikat, juga mengemas smartphone besutannya, iPhone X, dengan desain serupa. Terlihat, awal kemunculan layar bezel-less hanya ada pada sejumlah perangkat yang dibanderol dengan harga mahal.

Namun, kini ada sejumlah smartphone kelas menengah yang menyuguhkan layar bezel-less. Desain yang disajikan pun tak terlihat kacangan alias tetap sedap dipandang mata. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya, tujuh smartphone bezel-less dengan harga terjangkau di bawah Rp5 juta.

LG Q6

lg q6

Setelah merilis LG G6 pada pertengah tahun 2017, LG tancap gas dengan menghadirkan smartphone bezel-less harga terjangkau, LG Q6. Dikemas dengan bentang layar 5,5 inci, smartphone ini memiliki aspek rasio 18:9.

Tak hanya itu, LG juga mengemas smartphone kelas menengahnya ini dengan layar yang cukup tajam dan sudah mendukung resolusi 2.160 x 1.080 piksel. Kerapatan layarnya pun sudah mencapai 442 ppi.

Beralih ke sektor dapur pacu, LG Q6 sudah disokong dengan chipset Snapdragon 435 yang dipadukan RAM sebesar 3 GB dan internal storage berkapasitas 32 GB. Tak ketinggalan, LG juga sudah membenamkan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 256 GB.

Sayangnya, smartphone ini hanya dibekali dengan satu kamera belakang yang memiliki resolusi 13 MP dan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Untuk urusan catu daya, LG Q6 disokong dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. LG memasarkan smartphone ini dengan harga Rp3 jutaan.

Maze Alpha

maze alpha

Produsen baru asal Negeri Tirai Bambu, Maze Mobile, juga turut meramaikan kompetisi smartphone bezel-less dengan merilis Maze Alpha. Sebenarnya smartphone ini tidak bisa dibilang bezel-less murni, alias masih semi bezel-less.

Ya! Pada bagian depan Maze Alpha terdapat layar lega berukuran 6 inci dengan bezel tipis di sisi samping dan atasnya. Sedangkan pada bagian dagu, masih membawa bezel yang tebal. Area ini digunakan untuk menyematkan tombol fisik Home.

Dikategorikan sebagai smartphone kelas menengah, Maze Alpha sudah ditenagai oleh chipset racikan MediaTek, yakni Helio P25 yang diperkuat dengan RAM sebesar 4 GB, internal storage berkapasitas 64 GB, serta baterai jumbo 4.000 mAh.

Kerennya lagi, smartphone ini sudah mengadopsi dual-camera belakang dengan resolusi 13 MP+5 MP serta kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP. Dijual dengan harga Rp2 jutaan, Maze Alpha telah menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0.

Doogee Mix

doogee Mix

Nama Doogee mungkin terdengar asing, namun faktanya perusahaan asal Cina ini juga ikut-ikutan merilis smartphone trendi dengan desain bezel-less. Tak lain dan tak bukan, perangkat tersebut adalah Doogee Mix.

Terobsesi dari Mi MIX, smartphone ini juga menyajikan layar lega Super AMOLED 5,5 inci. Bentuk dan rupanya pun sangat identik dengan Mi MIX. Bagian dagu dari smartphone ini memiliki bezel tebal sebagai ruang untuk menempatkan tombol fisik Home (sensor sidik jari) dan kamera depan.

Sementara untuk jeroannya, Doogee Mix hadir dalam dua varian, yakni dengan chipset Helio P25 atau Helio P20. Kemampuan chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB atau 6 GB dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Untuk saat ini, harga pasaran Doogee Mix sekitar Rp1-2 jutaan.

Huawei Nova 2i

huawei nova 2i 1

Guna menggempur performa smartphone kelas menengah yang lebih dulu rilis, Huawei meluncurkan Nova 2i. Tak tanggung-tanggung Huawei mengemas smartphone ini dengan layar lega minim bezel berukuran 5, 9 inci dan aspek rasio 18:9.

Selain hadir dengan desain ciamik, Nova 2i juga membawa keistimewaan pada sisi kamera. Ya! Smartphone ini dilengkapi empat kamera sekaligus, dual-camera belakang (16 MP + 2 MP) dan dual-camera depan (13 MP + 2 MP).

Tak hanya itu saja, smartphone ini juga memiliki performa yang cukup kencang berkat chipset Kirin 659 yang disematkan. Dukungan lainnya adalah RAM sebesar 4 GB, ROM 64 GB, dan baterai 3.340 mAh. Nova 2i dipasarkan dengan harga Rp4 juta.

Vivo V7

Vivo V7

Produsen smartphone asal China lainnya yang sukses merilis smartphone bezel-less adalah Vivo, lewat Vivo V7. Vivo menyediakan dua varian untuk seri ini, dan Vivo V7 jadi varian dengan harga yang paling terjangkau.

Mengusung desain minim bezel 18:9, Vivo V7 menyuguhkan layar berukuran 5,7 inci yang tajam dan nyaman. Nilai lebih dari smartphone ini adalah dukungan selfie camera yang disematkan. Ya! Vivo V7 telah dibekali dengan selfie camera dengan resolusi 24 MP.

Sementara untuk dapur pacu, Vivo V7 mengandalkan performa chipset Snapdragon 450 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Tak ketinggalan ada pula baterai berkapasitas 3.225 mAh.

Untuk saat ini, Vivo V7 di pasar Indonesia dibanderol dengan harga yang terbilang ramah dikantong, yakni dengan harga Rp3,8 juta. Ada dua varian pilihan warna yang dihadirkan, Black dan Gold.

OPPO F5 Youth

OPPO F5 1

Melihat saudara kandungnya merilis smartphone minim bezel, OPPO pun turut menghadirkan smartphone dengan konsep serupa, yakni OPPO F5. Menariknya, OPPO menyediakan tiga varian sekaligus dan varian paling terjangkau jatuh kepada OPPO F5 Youth.

Dikemas dengan konsep bezel-less, smartphone ini hadir dengan layar penuh yang memiliki ukuran 6 inci. Meski pun ukurannya terdengar bongsor, smartphone ini ketebalannya hanya 7,5 mm saja. 

Bersaing pada segmen kelas menengah, OPPO F5 Youth dibekali chipset MediaTek Helio P23, RAM 3 GB dan internal storage berkapasitas 32 GB. Tak ketinggalan, OPPO juga turut membenamkan baterai berkapasitas 3.200 mAh.  

Guna mempertahankan julukan spesialis selfie, OPPO juga telah mempersenjatai samrtphone ini dengan selfie camera yang memiliki resolusi 16 MP. Hal menarik lainnya, OPPO juga melengkapi selfie camera tersebut dengan teknologi kecerdasan buatan, AI Recognition Beauty.

Jelas, dengan hadirnya teknologi kecerdasan buatan tersebut, menjadikan OPPO F5 Youth mampu menghasilkan foto selfie yang lebih natural dan smooth dibanding seri sebelumnya. Tak hanya itu saja, OPPO F5 Youth juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan sensor face recognition.

Untuk urusan pemasaran, smartphone ini juga tersedia di beberapa gerai online dan offline di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun bisa dikatakan terjangkau, yakni hanya Rp3,6 juta. Ada dua varian warna yang ditawarkan, Black dan Gold.

Wiko View

Wiko View

Untuk menutup daftar ini ada Wiko View. Kedatangan smartphone ini sangat mendadak bahkan terkesan mengejutkan. Sebagai produsen yang baru berkecimpung ke dunia smartphone, perkembangan smartphone besutan Wiko berjalan cukup cepat.

Smartphone minim bezel ini mengusung layar berukuran 5,7 inci dengan handling yang sangat nyaman ketika digunakan hanya dengan satu tangan saja. Desain yang ditampilkan tampak “manly” berkat balutan warna hitam pekat yang disuguhkan.

Untuk sisi dapur pacu, Wiko View menggunakan chipset Snapdragon 425 yang ditunjang dengan RAM 3 GB, ROM 32 GB dan baterai 2.900 mAh. Sedangkan untuk kamera, Wiko View membawa kamera utama beresolusi 16 MP dan kamera selfie 12 MP.

Lantas, berapa harga yang ditawarkan? Dengan sederet fitur yang sediakan, Wiko mematok Wiko View di Indonesia dengan harga Rp2,8 juta. Tentu saja, Wiko View ini sangat menarik bagi kalian yang sedang mengincar smartphone bezel-less dengan harga terjangkau.

(last edit: 9 December, 2017 / 8:18 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
28%
Mau
16%
Biasa Aja
46%
Payah!
8%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.