Connect with us
ZFLive
Featured

7 Pembunuh Baterai Smartphone Paling Mematikan

Droidlime.com,

/

7 pembunuh baterai smartphone 10

Di dalam sebuah perangkat pintar, apapun itu, pasti terdapat hardware canggih sebagai penggeraknya. Begitu pun dengan smartphone. Di dalamnya terdapat komponen canggih yang membuatnya dapat melakukan banyak hal. Namun sepintar apapun smartphone saat ini, ada satu kelemahan yang sulit diatasi: baterai yang begitu cepat habis. Karenanya, Anda perlu tahu, hal apa saja yang bisa menyebabkan baterai smartphone jadi cepat habis.

Jaringan 3G dan 4G

7-pembunuh-baterai-smartphone-09

Smartphone dengan jaringan 3G atau 4G memiliki kecepatan internet yang tinggi. Untuk menyokong kecepatan tinggi, hardware di dalam smartphone dituntut untuk bekerja semaksimal mungkin, bahkan tak jarang menyebabkan smartphone cepat panas. Hal ini dapat menguras baterai secara langsung dan membuat baterai jadi cepat habis.

Anda bisa membuktikannya sendiri, smartphone dengan jaringan WiFi atau hanya 2G dapat bertahan hidup hingga dua hari. Namun ketika Anda mengaktifkan jaringan 3G atau 4G dan menggunakannya untuk browsing cukup sering, baterainya bahkan tak bisa bertahan lebih dari 12 jam.

Layar besar dan resolusi tinggi

7-pembunuh-baterai-smartphone-08

Komponen yang juga rakus menghabiskan daya baterai smartphone adalah layar, terlebih lagi jika dimensi layarnya besar (di atas 5 inci) dan memiliki resolusi tinggi. Layar menjadi komponen yang harus selalu aktif karena selama kita menggunakan smartphone, otomatis layar akan selalu menyala. Untuk membuktikannya, Anda pengguna smartphone Android bisa mengecek konsumsi baterai smartphone melalui menu settings. Anda akan melihat bahwa display atau layar smartphone menjadi yang paling rakus menghabiskan daya baterai smartphone.

Kamera

7-pembunuh-baterai-smartphone-04

Selain layar, kamera juga menjadi komponen smartphone yang banyak menghabiskan baterai. Semakin tinggi resolusi kamera, semakin tinggi pula konsumsi daya yang dibutuhkan. Maka jangan heran ketika Anda menggunakan kamera cukup lama, suhu smartphone akan meningkat, menandakan hardware smartphone sedang bekerja keras. Jika menggunakannya untuk memotret atau merekam video, baterai smartphone bisa habis hanya dalam waktu dua jam saja.

GPS (Global Positioning System)

7-pembunuh-baterai-smartphone-06

GPS yang ada pada smartphone merupakan modul khusus yang ditanam ke dalam smartphone agar bisa berinteraksi dengan satelit guna memberikan petunjuk jalan secara real-time. Cara kerja GPS yang harus selalu aktif dan terhubung jarak jauh dengan satelit membuatnya dapat meningkatkan suhu smartphone serta menguras daya baterai dengan sangat signifikan. Jika GPS dan aplikasi maps diaktifkan terus-menerus, baterai smartphone hanya bisa bertahan sekitar tiga hingga empat jam saja.

Sistem operasi

7-pembunuh-baterai-smartphone-07

Jangan hanya menyalahkan hardware saja. Software pun memiliki andil besar atas tingginya konsumsi baterai sebuah smartphone. Sistem operasi yang dirancang dengan tidak optimal akan memakan banyak resource hardware, seperti memakan banyak kapasitas RAM atau storage. Sistem operasi Android terkenal sebagai OS paling boros. Maka tak heran smartphone Android banyak dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Media sosial

7-pembunuh-baterai-smartphone-05

Rasanya tidak ada pengguna smartphone yang tidak menggunakan smartphone miliknya untuk mengakses media sosial. Sayangnya, karakteristik rata-rata aplikasi media sosial dirancang untuk selalu aktif agar pesan yang kita terima dapat sampai dengan tepat waktu. Karena harus selalu aktif setiap detik, maka tak heran aplikasi media sosial menjadi salah satu pembunuh baterai smartphone paling mematikan.

Game HD

7-pembunuh-baterai-smartphone-03

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa game high-definition dapat menguras baterai smartphone dengan begitu cepat. Game HD menuntut hardware di dalam smartphone, seperti prosesor, GPU, RAM, serta storage untuk dapat bekerja secara maksimal. Jadi, semakin lama Anda bermain, semakin lama pula hadware di dalam smartphone bekerja keras. Pada akhirnya, baterai smartphone lah yang menjadi korban. Daya baterai bisa habis dalam waktu tiga jam jika Anda menggunakannya untuk bermain game HD secara nonstop.

Advertisement
Comments
Featured

5 Godaan Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Xiaomi Redmi Note 5 Pro All Four
Setelah sukses merilis Xiaomi Redmi Note 5 di Cina dan India, akhirnya Xiaomi memboyong smartphone ini ke Indonesia secara resmi. Meski diposisikan sebagai smartphone kelas menengah, Xiaomi Redmi Note 5 membawa sejumlah fitur dan komponen baru yang belum pernah ada pada seri Redmi sebelumnya. Beberapa hari ini, Xiaomi menyelenggarakan proses flash sale di sejumlah toko online. Menariknya, Redmi Note 5 ludes terjual dalam waktu sangat singkat. Kendati demikian, persaingan smartphone kelas menengah di Indonesia sangatlah ketat, tak ayal hal ini membuat para pembeli bingung dalam menentukan smartphone. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk membeli Xiaomi Redmi Note 5, lima...
Continue Reading
Featured

Memotret Low Light dengan Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

reno5 08
Redmi Note 5 sedang menjadi pusat perhatian saat ini. Smartphone satu ini menjadi andalan baru Xiaomi di Indonesia. Seperti biasa, daya tariknya ada pada spesifikasi mumpuni yang disertai harga kompetitif. Prosesor adalah salah satu jualan utama Xiaomi Redmi Note 5. Diotaki chipset Snapdragon 636, smartphone ini menjanjikan performa kelas menengah ke atas. Terbukti lewat skor benchmark (AnTuTu) yang menembus 100 ribu poin. Tak hanya prosesor, kamera ternyata juga jadi andalan Xiaomi Redmi Note 5. Xiaomi mengemasnya dengan memasangkan dua modul kamera di belakang, sekilas terlihat seperti iPhone X. Resolusinya yakni kamera primer 12 MP f/1.9 dan kamera sekunder 5 MP....
Continue Reading
Featured

4 Alasan untuk Tidak Membeli Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Xiaomi Redmi NOte 5 1
Salah satu smartphone kelas menengah yang lagi hits di pasar Indonesia adalah Redmi Note 5 yang diproduksi oleh Xiaomi. Masuk ke pasar Indonesia, smartphone ini diperkenalkan pada pertengahan bulan lalu dan dibanderol dengan harga yang terbilang menarik, yakni kurang dari Rp3 juta. Namun, meskipun dijual dengan harga menarik dan mendapat sambutan positif bagi para penyuka gadget di Tanah Air, bukan berarti smartphone ini hadir tanpa "luka". Untuk itulah, DroidLime akan memberikan empat hal mengapa smartphone ini tidak layak untuk Anda beli. Bodi bukan full-metal Harus diakui, Redmi Note 5 punya tampilan yang begitu sedap dipandang mata. Selain itu, Xiaomi juga...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer