7 Hal Paling Menggoda dari Xiaomi Redmi Note 2

Begitu banyak smartphone terjangkau yang datang ke Indonesia di tahun ini. Kebanyakan smartphone tersebut dibanderol dengan harga kurang dari Rp2 juta. Sebut saja Xiaomi Redmi 2, Lenovo A6000, Lenovo A7000, Infinix Hot Note, Alcatel Onetouch Flash Plus, dan sederet smartphone menggoda lainnya.

Namun serbuan smartphone terjangkau tak berhenti sampai di situ. Di kuartal keempat tahun ini, ada satu smartphone yang sangat berpotensi menggoyang isi dompet Anda, apalagi kalau bukan Xiaomi Redmi Note 2. Inilah alasannya mengapa Anda bisa tergoda dengan smartphone yang satu ini.

Prosesor murah berkualitas tinggi

helio-x10-redmi-note-2

Versi internasional dari Xiaomi Redmi Note 2 hadir dengan prosesor anyar MediaTek Helio X10. Bahkan, Redmi Note 2 adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang bakal membawa prosesor 8-core 64-bit tersebut. Berbeda dari prosesor 8-core dari MediaTek sebelum-sebelumnya, Helio X10 memiliki performa jauh lebih cepat karena memiliki clockspeed hingga 2,2 GHz. Hasilnya bisa dibuktikan dari skor AnTuTu Benchmark 5.6.1 yang menembus angka 50 ribu poin, setara dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 808 atau 810 yang diusung LG G4 atau Sony Xperia Z3+.

Smartphone pertama dengan MIUI 7

miui-7-redmi-note-2

Siapapun rasanya sudah tak sabar menanti kehadiran MIUI 7. Memang, Xiaomi sudah menyatakan bahwa seluruh perangkat Xiaomi yang sudah menggunakan OS Android 5.1 bakal kebagian MIUI 7. Namun tetap saja, Xiaomi Redmi Note 2 yang bakal menjadi smartphone pertama yang hadir dengan MIUI 7. Selain lebih cantik, MIUI 7 juga lebih ringan plus mengusung beberapa fitur menarik.

Kamera ekstra cepat

hasil-kamera-redmi-note-2

Xiaomi mengklaim kamera 13 MP milik Redmi Note 2 dirancang dengan lima elemen lensa. Kameranya juga memiliki aperture F/2.2 dengan fitur auto-focus phase detection. Hasilnya, kamera diklaim dapat mengunci fokus objek hanya dalam waktu 0,1 detik saja. Anda bisa melihat hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 2 melalui foto di atas.

Resolusi layar full HD, bukan QHD

display-redmi-note-2

Masih sama seperti Redmi Note generasi pertama, Xiaomi Redmi Note 2 mengusung layar IPS berdimensi 5,5 inci. Yang menarik, resolusi layarnya kini sudah meningkat menjadi full HD (1.920 x 1.080 piksel). Resolusi full HD dirasa cocok untuk layar berukuran 5,5 inci. Selain itu, dengan resolusi full HD, beban kerja GPU juga tak akan seberat ketika me-render grafis dengan resolusi QHD (2.560 x 1.440 piksel).

Storage 16 GB plus-plus

spesifikasi-redmi-note-2

Kapasitas memori internal (storage) 8 GB untuk saat ini jelas sudah tak mencukupi lagi untuk menampung banyak aplikasi, game, dan data pribadi kita. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 2 hadir dengan storage yang mencukupi meski tidak bisa dikatakan besar, hanya 16 GB. Nah asyiknya Redmi Note 2 memiliki slot microSD sehingga penggunanya dapat menyimpan data pribadi dengan lebih leluasa.

Ya, ada sensor gyroscope!

gyroscope-cardboard

Satu hal yang paling sering absen dari smartphone terjangkau adalah sensor gyroscope. Padahal, gyroscope adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkan kenyamanan saat bermain game. Tanpa sensor gyroscope, Anda tak bisa menggunakan smartphone untuk menikmati game atau video berbasis virtual reality.

Lebih murah dari Redmi Note 4G

redmi-note-2-gearbest

Inilah poin yang paling menarik yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 2. Jelas, Redmi Note 2 adalah versi terbaru dari Redmi Note 4G generasi pertama. Namun uniknya, Xiaomi membanderolnya dengan harga lebih murah dibanding ketika merilis Redmi Note 4G dahulu. Di salah satu e-commerce global GearBest, Xiaomi Redmi Note 2 bahkan sudah dipajang dengan harga US$168 (termasuk ongkos kirim ke 100 negara tujuan).

(last edit: 27 August, 2015 / 5:21 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
66%
Mau
23%
Biasa Aja
5%
Payah!
5%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.