7 Fitur Utama pada MIUI 7

Disela-sela peluncuran MIUI 7, Hugo Barra selaku Vice President Xiaomi Global pun menjelaskan fitur-fitur apa saja yang terdapat pada MIUI 7. Untuk MIUI 7, ada tujuh fitur utama yang disematkan oleh Xiaomi. Di antaranya adalah Themes, Showtime, Auto DND, XXL Text, MIUI Data Saver, Baby Album, dan Daily Lockscreen.

Theme

miui-7-themes

Berbeda dengan MIUI 6, pada versi ketujuh ini, Xiaomi menyertakan themes yang lebih banyak dan lebih segar. Anda dapat memilih interface Rose (merah muda), Pink Blush (merah muda pastel), Ocean Breeze (Biru lembut), atau High Life (cokelat keemasan). Sekilas, theme baru ini terdengar mirip seperti theme pada smartphone Sony Xperia.

Showtime

showtime

Showtime memungkinkan Anda untuk menyisipkan sebuah video singkat pada kontak tertentu yang tersimpan di dalam perangkat Xiaomi Anda. Ketika kontak tersebut menelepon Anda, video tersebut pun akan muncul dan diputar secara otomatis. Jadi, tidak hanya menampilkan nama dan nomor telepon, ataupun foto profil yang statis, Anda juga dapat melihat video singkat ketika ditelepon. Namun untuk sementara ini, fitur Showtime baru akan hadir untuk regional India. Untuk wilayah lainnya, Xiaomi akan menyediakan fitur ini secara bertahap.

Auto DND (Do Not Distrub)

dnd-miui-7

Untuk Anda pengguna Mi Band, fitur ini dapat membuat sinkronisasi Mi Band dengan smartphone atau tablet Xiaomi menjadi lebih baik. Dengan fitur Auto DND, MIUI 7 pun mampu mengaktifkan mode Do Not Disturb secara otomatis ketika Mi Band mendeteksi Anda sedang tidur. Fitur ini juga akan mengubah tablet atau smartphone Xiaomi Anda menjadi mode silent.

Pada saat Anda terbangun, mode Do Not Distrub dan mode silent pun akan berubah kembali ke mode normal. Dengan adanya fitur ini, Xiaomi berharap dapat memastikan penggunanya tidak terganggu saat tidur.

XXL Text

xxl-text

Untuk sebagian orang, ukuran font yang normal pada smartphone kurang nyaman untuk dilihat mata. Namun ketika menggunakan font yang besar, justru malah menyusahkan. Oleh karena itu, Xiaomi pun menghadirkan fitur XXL Text pada MIUI 7. Xiaomi mengklaim bahwa fitur ini mampu menyajikan ukuran font yang besar namun tetap terlihat optimal pada layar smartphone.

MIUI Data Saver

data-saver

 

Sesuai dengan namanya, fitur ini mampu menghemat kuota data hingga 50 persen. Agar mampu melakukan penghematan kouta data, MIUI Data Saver menggunakan engine yang dimiliki oleh Opera Max. Untuk melakukan penghematan, MIUI Data Saver akan mengupload foto dan video ke dalam cloudOpera dan mengecilkan ukurannya sebelum diterima kembali oleh perangkat Xiaomi yang Anda gunakan. MIUI Data Saver sendiri akan segera tersedia di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan. Fitur ini juga akan disertakan dalam MIUI 7.

Baby Album

baby-album

Agar pengelompokkan foto dalam Gallery bisa lebih menyenangkan, Xiaomi pun menyematkan fitur face recognition pada aplikasi Gallery yang ada di MIUI 7. Dengan face recognition, MIUI 7 dapat mengidentifikasi foto wajah bayi dan mengelompokkannya secara otomatis. Tak hanya sebatas itu, Anda juga dapat menjadikannya sebagai slideshow pada lockscreen. Untuk sementara, Baby Album ini akan tersedia di India terlebih dahulu, wilayah lainnya akan menyusul.

Daily Lockscreen

daily-lockscreen

Jika Anda cepat bosan dengan tampilan layar yang itu-itu saja, Anda dapat menggunakan fitur Daily Lockscreen pada MIUI 7. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur foto atau gambar mana saja yang akan tampil setiap harinya pada lockscreen. Gambar atau foto tersebut pun akan berganti-ganti secara otomatis setiap harinya sesuai dengan keinginan Anda. Daily Lockscreen akan tersedia di India terlebih dahulu. Setelah itu, fitur ini pun akan tersedia secara global.

(last edit: 20 August, 2015 / 8:06 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
85%
Mau
7%
Biasa Aja
3%
Payah!
4%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.