Connect with us
Asus ROG
Featured

7 Aplikasi Penguras Kuota Internet Terboros di Smartphone

Droidlime.com,

/

banner aplikasi penguras baterai

Tak hanya baterai yang mudah habis, kuota internet pun sering terkuras habis. Dua hal tersebut sering dikeluhkan para pengguna smartphone masa kini. Teknologi internet yang semakin hari semakin kencang membuat kebutuhan data menjadi lebih boros. Terlepas dari itu semua, ternyata ada beberapa aplikasi yang diam-diam menyedot kuota internet secara drastis. Ingin tahu apa saja aplikasinya? Berikut ulasannya.

Facebook

aplikasi penguras baterai 1

Jika Anda termasuk orang yang aktif menggunakan aplikasi Facebook, pastikan fitur auto play video tidak aktif. Video pada facebook lebih sulit dimuat ketimbang YouTube. Jadi sudah dipastikan kuota data yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

Anda dapat menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu pengaturan aplikasi -> putar otomastis, lalu pilih opsi “jangan pernah putar video otomatis” atau “putar otomatis di koneksi WiFi saja”. Selain itu, non-aktifkan juga fitur unggah semua foto dalam HD dan unggah semua video dalam HD.

Twitter

aplikasi penguras baterai 2

Seperti halnya Facebook, Twitter juga dilengkapi dengan fitur pemutar video dan GIF secara otomastis. Tentu hal ini lumayan menyedot kuota internet Anda. Nonakftifkan auto-play dengan cara pergi ke menu setings-> general -> video autoplay. Selain itu, jika ingin lebih menghemat pemakaian data pada aplikasi Twitter ini, non-aktfikan juga image previews in timeline.

Instagram

aplikasi penguras baterai 3

Instagram yang notabene digunakan semua orang untuk berbagi momen-momen penting melalui foto, nyatanya menghabiskan data internet yang cukup besar. Karena Aplikasi ini juga menggunakan fitur pemutar video dan pemuatan gambar secara otomatis.

Jika ingin mematikan fitur ini, masuk saja ke pengaturan aplikasi. Lalu, pilih menu penggunaan data seluler. Berikan tanda centang pada opsi gunakan lebih sedikit data. Dengan begini, seluruh pemutaran video dan pemuatan gambar secara otomatis hanya terjadi saat perangkat terhubung di jaringan WiFi.

YouTube

aplikasi penguras baterai 4

Pasti semua orang setuju kalau aplikasi berikut ini sering menjadi penyebab habisnya kuota internet secara tiba-tiba. Bagaimana tidak? Video-video pada YouTube membutuhkan data yang cukup besar untuk dapat diakses. Untung saja YouTube tidak memiliki fitur auto play seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Jadi penggunaan data sepenuhnya berada di tangan kita. Masalahnya, banyak dari kita sering lupa waktu jika sudah asyik nonton video di YouTube. Sekedar tips, tontonlah video YouTube dengan resolusi yang paling rendah agar kuota data menjadi lebih hemat. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan video secara offline untuk menonton berulang-ulang.

JOOX dan Spotify

aplikasi penguras baterai 5

Mendengarkan jutaan lagu dengan kualitas terbaik memang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika hal ini Anda lakukan terus menerus, maka tak ayal kuota data Anda lenyap seketika. Jika ingin menghemat kuota, download lagu-lagu favorit Anda dan mainkan secara offline. Sayangnya, pada aplikasi Spotify hanya pengguna premium saja yang diperbolehkan men-download lagu.

Netflix

aplikasi penguras baterai 6

Siapa yang tak suka nonton film? Apalagi nonton filmnya dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Ya, dengan berlangganan Netflix kita bisa menikmati berbagai film, mulai dari film lama hingga yang terbaru. Sayangnya untuk menontonnya, kita harus mengeluarkan kuota data yang terbilang besar. Untuk nonton video HD berdurasi 45 menit saja dibutuhkan kuota sekitar 750MB. Jadi, gunakan aplikasi ini dengan bijak agar kuota data tidak cepat habis.

Google Play Store

aplikasi penguras baterai 7

Sekilas Google Play Store tidak banyak menguras data, kecuali saat download aplikasi. Namun, fitur auto-update aplikasi lah yang menjadi penyebab utama kuota tiba-tiba habis. Seperti Facebook misalnya yang kerap menyediakan update rutin dua minggu sekali. Alangkah lebih baik jika Anda mengaktifkan auto-update hanya saat terhubung dengan jaringan WiFi saja. Atau matikan fitur ini sehingga kita bisa leluasa memilih aplikasi mana saja yang ingin di-update dan mana yang tidak secara manual.

Advertisement
Comments
Featured

POLLING: PIN, Pattern, Fingerprint, atau Face Unlock?

Published

on

security01
Sistem keamanan jadi sektor paling krusial di bidang teknologi, apalagi untuk sebuah perangkat pribadi seperti smartphone, PC, atau laptop. Data atau file jadi alasan utama mengapa sebagian besar perangkat dibekali sistem keamanan tertentu. Tentu, pengguna tidak ingin data-data pribadinya bocor dan diketahui oleh publik. Senada dengan hal itu, smartphone jadi salah satu perangkat yang kian mengalami peningkatan kemampuan dalam bidang keamanan. Mulai dari sistem keamanan yang sangat sederhana hingga sistem keamanan yang super canggih. Di antara beragam pilihan sistem keamanan smartphone di bawah ini, mana yang menjadi favorit Anda? PIN & password Sekitar tahun 2000-an muncul sejumlah ponsel pintar atau...
Continue Reading
Featured

7 Aplikasi Android “Rahasia” Buatan Google yang Sangat Berguna

Published

on

aplikasi berguna buatan google banner
Android menjadi salah satu sistem operasi mobile terbesar saat ini. Lewat layanan Google Play Store, Anda dapat menemukan beragam aplikasi dan game menarik buatan para developer yang bisa di-download secara gratis. Sebagai pencipta Android, Google ternyata juga membuat banyak aplikasi gratis yang menarik untuk dicoba. Dari banyaknya aplikasi Android buatan Google yang sudah tercipta, berikut adalah beberapa aplikasi "rahasia" alias yang tidak banyak orang tahu yang terbukti berguna dalam kehidupan sehari-hari. 1. Wallpapers Seperti judulnya, di aplikasi Wallpaper ini Anda akan menemukan beragam wallpaper keren yang bisa digunakan di homescreen maupun lockscreen smartphone. Tema wallpaper-nya pun beragam, seperti landscape, seascape,...
Continue Reading
Featured

5 Alasan untuk Membeli Nokia 8

Published

on

nokia8droidlime06
Nokia benar-benar menepati janjinya untuk comeback. Bukan cuma comeback bikin smartphone, tapi juga comeback ke Indonesia, sebagai salah satu pasar paling menjanjikan di Asia. Setelah lebih dulu memboyong Nokia 3310, Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6, akhirnya giliran flagship tertingginya, Nokia 8 yang diangkut ke Indonesia. Dan saat ini, kami baru aja kedatangan unit Nokia 8. Finally kami bisa juga nyobain smartphone satu ini walaupun baru sebentar aja. Kami yakin banyak di antara kalian yang cukup tertarik dengan Nokia 8 dan punya pertanyaan terpendam, apakah smartphone satu ini layak dibeli? Langsung saja tidak pakai basa-basi, buat Anda yang galau antara...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer