Connect with us
ZFLive
Featured

7 Alasan Logis Mengapa Anda Harus Membeli ASUS Zenfone 2

Droidlime.com,

/

Bagi pengguna Asus Zenfone generasi pertama maupun pengguna smartphone Android lainnya, Zenfone 2 mungkin bisa menjadi smartphone pengganti yang pas. Zenfone 2 memiliki spesifikasi kelas atas serta sejumlah fitur yang sudah ditingkatkan dari Zenfone generasi sebelumnya, sedangkan harganya hanya US$200.

Agar lebih mudah membayangkan keunggulannya, kami coba membandingkan Asus Zenfone 2 dengan pendahulunya, Asus Zenfone 5 yang menjadi salah satu smartphone Android terlaris di Indonesia. Apa saja keunggulan Zenfone 2 dibanding Zenfone 5?

Layar semakin kinclong

Asus menciptakan Zenfone 2 dengan layar 5,5 inci full HD (1.920 x 1.080 piksel). Resolusi tersebut lebih tinggi dari Asus Zenfone 5 yang hanya memiliki resolusi 1.280 x 720 piksel dengan layar 5 inci. Jika dibandingkan, layar Asus Zenfone 2 lebih baik dari Zenfone 5, dimana kerapatan layar Zenfone 2 mencapai 403 ppi, sementara layar Zenfone 5 hanya memiliki kerapatan layar 294 ppi.

Selain dimensi dan resolusi, layar Zenfone 2 dan Zenfone 5 selebihnya sama persis. Keduanya sama-sama menggunakan panel IPS dengan coating pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Layar lega, bezel tipis

Asus Zenfone 2 berlayar 5,5 inci, membuatnya nyaman digunakan untuk menonton dan bermain game. Namun dengan layar besar tersebut, di atas kertas membuat Asus Zenfone 2 menjadi lebih sulit untuk dikantongi. Tapi tunggu dulu. Gambar di bawah ini akan menjelaskan perbandingan ukuran Zenfone 2 dan Zenfone 5 dalam rasio yang sebenarnya.

Dimensi keseluruhan Asus Zenfone 2 yaitu 15,2 x 7,7 cm, sementara Zenfone 5 memiliki dimensi 14,8 x 7,3 cm. Kalau dihitung, perbedaan ukuran bodi keduanya, baik panjang maupun lebarnya hanya terpaut 0,5 cm saja. Mengapa bisa demikian?

Rahasianya tak lain ada pada bezel layar Zenfone 2 yang sangat tipis, hanya 0,3 cm. Jadi, meski memiliki ukuran layar lebih besar, dimensi keseluruhan Zenfone 2 tidak banyak bertambah dibanding Zenfone 5. Jika masih terasa kebesaran, Anda tak perlu khawatir. Kabarnya Asus juga akan merilis Zenfone 2 dengan varian layar 5 inci.

Intel Atom quad-core dan RAM 4 GB

Sebagai pewaris tahta keluarga Zenfone, Asus Zenfone 2 sudah pasti memiliki performa lebih cepat dari Zenfone 5 atau bahkan Zenfone 6. Asus Zenfone 5 dan 6 menggunakan CPU Intel Atom Z2560 (1,6 GHz) atau Z2580 (2 GHz), yakni prosesor dual-core dengan teknologi Hyper-Threading yang bisa membuat performanya setara prosesor quad-core.

Pada Zenfone 2, Asus kini menggunakan CPU 64-bit Intel Atom Z3560 (1,8 GHz) atau Z3580 (2,3 GHz). Keduanya merupakan prosesor quad-core murni yang memang memiliki empat inti core prosesor. Sementara dari sisi RAM, Zenfone 2 dengan prosesor Z3560 dibekali RAM 2 GB dan Zenfone 2 dengan prosesor Z3580 memiliki RAM 4 GB.

Selain prosesor, Asus Zenfone 2 juga mengalami peningkatan dari sisi grafis berkat penggunaan GPU PowerVR G6430 yang juga digunakan pada Apple iPhone 5s, iPad Air, dan iPad Mini 3.

Android Lollipop dan ZenUI terbaru

Belum diketahui secara pasti kapan Asus Zenfone generasi pertama bisa mencicipi Android Lollipop 5.0. Di lain sisi, Asus Zenfone 2 dipastikan sudah langsung menggunakan Android Lollipop sejak pertama kali dirilis. Selain itu, Asus juga memperbarui ZenUI pada Zenfone 2.

Salah satu fitur baru pada ZenUI adalah ZenMotion, berfungsi untuk memudahkan penggunaan smartphone, seperti membuka aplikasi dengan sistem gesture. Fitur lainnya, yakni SnapView berfungsi untuk memisahkan data-data Anda yang bersifat pribadi dan data pekerjaan sehingga tidak mudah diketahui orang lain. Selain itu, browser bawaan pada Zenfone 2 juga sudah terintegrasi dengan sistem keamanan dari Trend Micro.

Baterai lebih besar, lebih canggih

Untuk mengatasi permasalahan baterai 2.110 mAh pada Asus Zenfone 5 yang cepat habis, kini Asus meningkatkan kapasitas baterai pada Zenfone 2 menjadi 3.000 mAh. Baterai tersebut juga dilengkapi dengan teknologi quick charging. Fitur ini membuat baterai Zenfone 2 bisa diisi dari keadaan kosong hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

Kamera lebih baik

Dibanding kamera smartphone Android kelas atas lainnya, kamera pada Zenfone 2 sebenarnya bukan yang tertinggi. Namun dibanding Zenfone 5 atau 6, resolusi kamera Zenfone 2 seharusnya bisa lebih baik. Kamera utamanya beresolusi 13 MP, sementara kamera depannya 5 MP.

Kini, kamera Zenfone 2 dilengkapi real-tone flash yang bisa hasilkan warna akurat meski memotret menggunakan flash. Kameranya juga dibekali fitur zero-lag shutter sehingga membidik objek terasa cepat dan lancar. Sayangnya untuk merekam video, kamera Zenfone 2 belum bisa merekam hingga resolusi 4K.

Harga tetap murah, kini mendukung LTE

Smartphone Zenfone dari Asus sudah terlanjur dikenal sebagai smartphone murah dengan kualitas dan performa baik. Nampaknya Asus akan tetap mempertahankan “image” tersebut pada Asus Zenfone 2. Pasalnya, dengan enam poin keunggulan yang telah disebutkan di atas, Asus tetap mematok harga terjangkau untuk Zenfone 2, yakni seharga US$200. Satu hal yang tak boleh dilupakan: Asus Zenfone 2 sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Kesimpulan

Di atas kertas, Asus Zenfone 2 memiliki performa serta fitur lebih baik dari Zenfone 5 dan 6. Asus Zenfone 2 mengalami peningkatan di sisi prosesor, OS, layar, baterai, hingga kamera. Menariknya, Asus membanderol Zenfone 2 dengan harga yang sangat menggiurkan, US$200. Kabarnya, Zenfone 2 akan masuk ke Indonesia pada bulan April mendatang. Apakah Anda akan menjadi salah satu pemilik Zenfone 2? Berikan pendapat melalui kolom komentar di bawah ini.

Advertisement
Comments
Featured

5 Alasan Xiaomi Redmi 5A jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Published

on

Kabar gembira kembali datang dari Xiaomi. Pasalnya, salah satu smartphone buatan perusahaan asal Cina ini dinobatkan menjadi smartphone terlaris di dunia. Tak lain dan tak bukan, smartphone tersebut adalah Xiaomi Redmi 5A. Sejak dirilis pada tahun 2017 lalu, smartphone ini memang menguasai pasar penjualan smartphone. Ditunjuk sebagai smartphone entry-level, Xiaomi Redmi 5A menawarkan spesifikasi yang sangat dasar selayaknya smartphone entry-level lainnya. Tapi mengapa smartphone ini bisa laku keras? Mungkin lima indikasi ini cukup akurat untuk menjawabnya. Harga terlalu murah Seperti yang kita tahu, smartphone ini dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp999.000 saja. Untuk sebuah smartphone berbasis Android, harga yang...
Continue Reading
Featured

5 Rekomendasi Laptop Murah untuk Video Editing

Published

on

Video saat ini menjadi konten digital yang paling banyak disukai oleh pengguna internet. Tak sedikit pengguna internet mencari informasi yang diinginkannya dalam bentuk video, entah itu untuk kebutuhan hiburan ataupun edukasi. Tentu saja, dari sudut pandang seorang kreator video, ini menjadi sebuah kesempatan "emas" bagi mereka untuk terus menciptakan konten-konten video yang menarik. Tak hanya dari sisi pembuat, tetapi juga bisa dinikmati dari sisi konsumen. Pertanyaannya, apakah Anda tertarik untuk terjun ke industri ini? Perlu persiapan matang dan perangkat kerja yang mumpuni untuk mengahsilkan konten video yang menarik dilihat oleh banyak orang. Selain kamera, tentu saja Anda mesti mempunya laptop...
Continue Reading
Featured

5 Fitur Menggoda ASUS ZenFone Max Pro (M1)

Published

on

ASUS membuka kuartal pertama tahun ini dengan strategi bisnis yang berbeda. Setelah berhasil meluncurkan smartphone kelas atas ZenFone 5 series di MWC 2018, produsen asal Taiwan ini menggoda para gadget mania dengan merilis smartphone terjangkau nan bertenaga. Smartphone yang kami maksud adalah ZenFone Max Pro (M1). Kedatangan smartphone ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia, terbukti flash sale yang ludes hanya dalam hitungan menit saja. Lantas, sebenarnya fitur apa saja yang diusung oleh ASUS ZenFone Max Pro (M1)? Dan apakah fitur yang disuguhkan sebanding dengan harga jualnya? Inilah lima hal menggoda dari ASUS ZenFone Max Pro (M1) yang...
Continue Reading

Wajib baca

Populer