6 Pengujian Ekstrem yang Dilakukan OPPO di Pabrik HP Miliknya

Di sela-sela kunjungan kami ke pabrik OPPO, Matias selaku Manager Engineering Assistant OPPO menunjukkan sebuah ruangan yang dikhususkan untuk melakukan berbagai pengujian ekstrem. Setidaknya, ada enam pengujian ekstrem yang dilakukan oleh OPPO pada smartphone yang dirakit di pabrik miliknya tersebut.

Enam pengujian tersebut di antaranya adalah drop test, USB port test, vibration test, cold and thermal shock test, roller experiment test, dan humidity test. Drop test dilakukan dari ketinggian 10 cm dengan alat bernama Mobile Edge Tester. Sementara USB port test dilakukan dengan alat USB Swing Machine. USB port tester ini dilakukan untuk menguji apakah port micro USB dapat tetap berfungsi pada saat dicolokkan dengan posisi yang berbeda-beda.

Vibration test dilakukan untuk menguji apakah smartphone tidak bermasalah dalam keadaan terguncang-guncang saat dalam perjalanan. Sedangkan cold and thermal shock test dilakukan untuk menguji smartphone dalam suhu yang ekstrem, seperti saat berada pada temperatur 0 derajat Celcius. Melalui pengujian ini, OPPO berharap smartphone-nya tidak mudah rusak ketika dibawa ke luar negeri yang memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia.

Untuk memastikan smartphone buatannya memiliki komponen dan material yang kuat, OPPO melakukan roller experiment test. Pengujian ini dilakukan dengan cara memasukkan smartphone OPPO ke dalam sebuah kotak besar berbentuk persegi panjang yang berputar 360 derajat secara terus menerus.

Sedangkan untuk pengujian kelembaban (humidity test), dilakukan di dalam sebuah alat bernama Temp and Huni Programmble Chamber. Dengan alat tersebut, smartphone OPPO diuji apakah tetap dapat berfungsi pada saat diserang jamur.

Serangkaian pengujian ini dilakukan hanya untuk keperluan sampling. Sementara produk yang dijual di pasaran tidak melalui berbagai pengujian ekstrem tersebut. Dari sekitar 400-600 unit yang dirakit setiap harinya, hanya lima unit saja yang akan melalui pengujian ekstrem. Melalui pengujian ekstrem ini, OPPO dapat memastikan apakah standar dan prosedur yang ditetapkan sudah dapat memenuhi kualitas yang diinginkan.

(last edit: 26 August, 2015 / 10:56 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
0%
Biasa Aja
5%
Payah!
23%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.