6 Efek Buruk Smartphone yang Jarang Diketahui

Apa yang Anda cari setelah bangun tidur? Apakah itu smartphone? Jika ya, bisa jadi Anda sudah mulai kecanduan benda berukuran 4-6 inci ini. Tak bisa dielak lagi jika smartphone menjadi salah satu hal penting dalam hidup kita.

Bahkan saat berpergian, banyak dari kita lebih mengutamakan membawa smartphone dibanding baju atau barang lainnya. Namun, ternyata ada enam efek buruk yang disebabkan oleh penggunaan smartphone. Apa saja? berikut informasinya.

Phantom Pocket Vibration Syndrome

efek buruk smartphone image 2

Sebagian besar dari kita pasti sering menyimpan smartphone di saku celana dengan alasan lebih mudah dan praktis. Namun ternyata hal ini dapat berdampak negatif untuk kesehatan kita. Ahli kesehatan menyebutnya dengan istilah Phantom Pocket Vibration Syndrome. Bagi Anda yang belum tahu, sindrom ini disebabkan karena getaran pada ponsel itu sendiri. Penderita akan terus merasakan getaran dari ponsel walaupun ponsel dalam keadaan tidak bergetar ataupun mati.

Insomnia

efek buruk smartphone image 3

Beberapa pecandu gadget khususnya smartphone mengaku benar-benar sulit untuk tidur di malam hari. Entah apa yang terjadi seolah-olah mereka ingin terus menerus mengecek ponsel mereka. Jika Anda termasuk orang yang kami maksud, kami sarankan untuk lebih memanage waktu penggunaan smartphone. Karenanya, kurangi waktu penggunaan di malam hari.

Stress

efek buruk smartphone image 4

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pecandu smartphone memiliki emosinal yang lebih labil dan mudah stress. Hal ini disebabkan karena radiasi yang dipantulkan smartphone sudah masuk ke dalam jaringan otak dan menyebabkan penyakit neurodegerative alias kerusakaan otak. Apalagi jika terlalu banyak melihat hal-hal negatif di media sosial. Jadi, atur waktu Anda dalam menggunakan smartphone. Jangan berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak baik.

Kuman dan Infeksi

efek buruk smartphone image 5

Tahukah Anda jika ponsel juga bisa berubah menjadi sarang penyakit? Karena fungsinya yang semakin penting banyak orang yang menggunakan ponsel di segala kegiatannya seperti saat makan, minum, mandi dan lain sebagainya. Bahkan banyak pula yang meletakannya di tempat-tempat kotor seperti toilet.

Dampaknya, banyak kuman dan bakteri yang menempel pada ponsel Anda. So, apakah Anda termasuk dalam golongan tersebut? Jika ya, segera ubah kebiasaan buruk Anda sebelum penyakit itu menyerang. Biasakan juga membersihkan ponsel sebelum digunakan.

Infertilitas (kemandulan)

efek buruk smartphone image 6

Sebenarnya hal ini masih menjadi bahan perdebatan di dunia kesehatan. Tetapi banyak yang sependapat bahwa menaruh ponsel di saku celana dapat membuat Anda tidak subur. Ya, radiasi ponsel dapat menurunkan jumlah sperma. Cara mengatasinya, jangan terlalu sering mengantongi ponsel di saku celana Anda atau gunakan casing untuk melindungi dari radiasinya.

Spondilitis

efek buruk smartphone image 7

Menggunakan ponsel dengan posisi terlalu membungkuk dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan nyeri leher yang serius. Penyakit ini bernama Spondilitis. Gejala penyakit berupa peradangan pada ruas tulang belakang, umumnya disebabkan oleh kuman tuberkulosis. Jadi, Mulai saat ini usahakan menggunakan ponsel dengan posisi tubuh rileks dan jangan menggunakannya lebih dari dua jam.

(last edit: 27 April, 2017 / 4:24 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
90%
Mau
3%
Biasa Aja
7%
Payah!
3%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.