Connect with us
ZFLive
Featured

6 Efek Buruk Smartphone yang Jarang Diketahui

Droidlime.com,

/

Apa yang Anda cari setelah bangun tidur? Apakah itu smartphone? Jika ya, bisa jadi Anda sudah mulai kecanduan benda berukuran 4-6 inci ini. Tak bisa dielak lagi jika smartphone menjadi salah satu hal penting dalam hidup kita.

Bahkan saat berpergian, banyak dari kita lebih mengutamakan membawa smartphone dibanding baju atau barang lainnya. Namun, ternyata ada enam efek buruk yang disebabkan oleh penggunaan smartphone. Apa saja? berikut informasinya.

Phantom Pocket Vibration Syndrome

Sebagian besar dari kita pasti sering menyimpan smartphone di saku celana dengan alasan lebih mudah dan praktis. Namun ternyata hal ini dapat berdampak negatif untuk kesehatan kita. Ahli kesehatan menyebutnya dengan istilah Phantom Pocket Vibration Syndrome. Bagi Anda yang belum tahu, sindrom ini disebabkan karena getaran pada ponsel itu sendiri. Penderita akan terus merasakan getaran dari ponsel walaupun ponsel dalam keadaan tidak bergetar ataupun mati.

Insomnia

Beberapa pecandu gadget khususnya smartphone mengaku benar-benar sulit untuk tidur di malam hari. Entah apa yang terjadi seolah-olah mereka ingin terus menerus mengecek ponsel mereka. Jika Anda termasuk orang yang kami maksud, kami sarankan untuk lebih memanage waktu penggunaan smartphone. Karenanya, kurangi waktu penggunaan di malam hari.

Stress

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pecandu smartphone memiliki emosinal yang lebih labil dan mudah stress. Hal ini disebabkan karena radiasi yang dipantulkan smartphone sudah masuk ke dalam jaringan otak dan menyebabkan penyakit neurodegerative alias kerusakaan otak. Apalagi jika terlalu banyak melihat hal-hal negatif di media sosial. Jadi, atur waktu Anda dalam menggunakan smartphone. Jangan berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak baik.

Kuman dan Infeksi

Tahukah Anda jika ponsel juga bisa berubah menjadi sarang penyakit? Karena fungsinya yang semakin penting banyak orang yang menggunakan ponsel di segala kegiatannya seperti saat makan, minum, mandi dan lain sebagainya. Bahkan banyak pula yang meletakannya di tempat-tempat kotor seperti toilet.

Dampaknya, banyak kuman dan bakteri yang menempel pada ponsel Anda. So, apakah Anda termasuk dalam golongan tersebut? Jika ya, segera ubah kebiasaan buruk Anda sebelum penyakit itu menyerang. Biasakan juga membersihkan ponsel sebelum digunakan.

Infertilitas (kemandulan)

Sebenarnya hal ini masih menjadi bahan perdebatan di dunia kesehatan. Tetapi banyak yang sependapat bahwa menaruh ponsel di saku celana dapat membuat Anda tidak subur. Ya, radiasi ponsel dapat menurunkan jumlah sperma. Cara mengatasinya, jangan terlalu sering mengantongi ponsel di saku celana Anda atau gunakan casing untuk melindungi dari radiasinya.

Spondilitis

Menggunakan ponsel dengan posisi terlalu membungkuk dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan nyeri leher yang serius. Penyakit ini bernama Spondilitis. Gejala penyakit berupa peradangan pada ruas tulang belakang, umumnya disebabkan oleh kuman tuberkulosis. Jadi, Mulai saat ini usahakan menggunakan ponsel dengan posisi tubuh rileks dan jangan menggunakannya lebih dari dua jam.

Advertisement
Comments
Featured

5 Alasan Xiaomi Redmi 5A jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Published

on

Kabar gembira kembali datang dari Xiaomi. Pasalnya, salah satu smartphone buatan perusahaan asal Cina ini dinobatkan menjadi smartphone terlaris di dunia. Tak lain dan tak bukan, smartphone tersebut adalah Xiaomi Redmi 5A. Sejak dirilis pada tahun 2017 lalu, smartphone ini memang menguasai pasar penjualan smartphone. Ditunjuk sebagai smartphone entry-level, Xiaomi Redmi 5A menawarkan spesifikasi yang sangat dasar selayaknya smartphone entry-level lainnya. Tapi mengapa smartphone ini bisa laku keras? Mungkin lima indikasi ini cukup akurat untuk menjawabnya. Harga terlalu murah Seperti yang kita tahu, smartphone ini dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp999.000 saja. Untuk sebuah smartphone berbasis Android, harga yang...
Continue Reading
Featured

5 Rekomendasi Laptop Murah untuk Video Editing

Published

on

Video saat ini menjadi konten digital yang paling banyak disukai oleh pengguna internet. Tak sedikit pengguna internet mencari informasi yang diinginkannya dalam bentuk video, entah itu untuk kebutuhan hiburan ataupun edukasi. Tentu saja, dari sudut pandang seorang kreator video, ini menjadi sebuah kesempatan "emas" bagi mereka untuk terus menciptakan konten-konten video yang menarik. Tak hanya dari sisi pembuat, tetapi juga bisa dinikmati dari sisi konsumen. Pertanyaannya, apakah Anda tertarik untuk terjun ke industri ini? Perlu persiapan matang dan perangkat kerja yang mumpuni untuk mengahsilkan konten video yang menarik dilihat oleh banyak orang. Selain kamera, tentu saja Anda mesti mempunya laptop...
Continue Reading
Featured

5 Fitur Menggoda ASUS ZenFone Max Pro (M1)

Published

on

ASUS membuka kuartal pertama tahun ini dengan strategi bisnis yang berbeda. Setelah berhasil meluncurkan smartphone kelas atas ZenFone 5 series di MWC 2018, produsen asal Taiwan ini menggoda para gadget mania dengan merilis smartphone terjangkau nan bertenaga. Smartphone yang kami maksud adalah ZenFone Max Pro (M1). Kedatangan smartphone ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia, terbukti flash sale yang ludes hanya dalam hitungan menit saja. Lantas, sebenarnya fitur apa saja yang diusung oleh ASUS ZenFone Max Pro (M1)? Dan apakah fitur yang disuguhkan sebanding dengan harga jualnya? Inilah lima hal menggoda dari ASUS ZenFone Max Pro (M1) yang...
Continue Reading

Wajib baca

Populer