6 Alasan untuk Membeli Nokia 6

Harga

Rp3,1 jutaan

Bodi

154 mm x 75.8 mm x 8.4 mm, 169 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1.4 GHz

GPU

Adreno 505

RAM

4 GB

Storage

64 GB, microSD up to 256 GB

Layar

IPS 5.5 inci (1.920 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 3

Kamera

16 MP & 8 MP

Baterai

3.000 mAh

Sistem Operasi

Android 7.0 Nougat

Jaringan

Dual-SIM 4G LTE

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass

Lainnya

Fast charging

Sempat vakum dari ranah persaingan smartphone, kini Nokia kembali menunjukkan tajinya. Ya, rilisnya Nokia 6 menjadi bukti kebangkitannya. Nokia 6 sendiri resmi diluncurkan pada tanggal 8 Janunari di Cina. Dalam perilisannya tersebut, Nokia berada di bawah payung perusahaan teknologi HMD Global. Seminggu setelah perilisan, Nokia 6 sudah tembus satu juta pre-order. Lalu apa yang membuat banyak orang tergiur untuk memiliki Nokia 6? Berikut adalah alasannya.

Kamera menjanjikan

nokia 6 01 1

Kita tahu Nokia adalah salah satu produsen yang selalu memerhatikan kualitas kamera. Nokia 6 sendiri hadir dengan kamera utama 16 MP yang dibekali dual-tone LED flash, aperture f/2.0, dan Phase Detection Autofocus yang mampu menghasilkan foto-foto berkualitas baik. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP yang mampu memuaskan gairah berselfie Anda.

RAM dan storage besar

big storage

Sebagai smartphone kelas entry-level, Nokia menyematkan hardware yang cukup gahar pada Nokia 6. Ya, Nokia 6 menggunakan RAM sebesar 4 GB. Kapasitas RAM yang sangat besar bukan? Padahal RAM sebesar ini, biasanya hadir pada smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S7, Google Pixel, atau pun Xiaomi Mi Note 2.

Tak hanya pada sisi RAM saja, Nokia 6 juga memiliki memori internal maupun eksternal yang cukup besar. Memori internal sebesar 64 GB dan slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB memungkinkan pengguna menyimpan banyak data hanya dalam satu smartphone saja.

Fingerprint cepat

fongerprint

Untuk mengikuti tren saat ini, Nokia 6 menggunakan fingerprint sebagai keamanan ponsel. Fitur fingerprint ini sudah terintegrasi pada tombol home-nya sehingga pengguna dapat dengan mudah membuka smartphone. Walaupun Nokia 6 menjadi ponsel perdana miliki Nokia yang menggunakan fitur fingerprint, nyatanya sensor fingerprint milik Nokia 6 sangat akurat dan cepat.

Android terbaru

nougat

Nokia 6 sudah menggunakan sistem operasi Android terbaru 7.0 Nougat. Ini berarti kita dapat menikmati fitur-fitur menarik mulai dari multiwindow yang memungkinkan dua aplikasi dapat dijalankan secara bersama pada satu layar hingga fitur Doze yang mampu menghemat daya baterai smartphone.

Speaker stereo

dolby atmos

Bukan hanya di sisi kamera saja, Nokia juga terkenal dengan kualitas audionya yang baik. Dan benar saja, Nokia 6 memiliki kualitas suara yang detail dan powerful berkat teknologi Dolby Atmos yang disematkan. Lagi-lagi, kualitas audio yang prima seperti ini jarang ada pada smartphone kelas entry atau pun menengah.

Nostalgia

old nokia

Nostalgia bisa menjadi alasan yang paling tidak penting atau justru malah paling penting bagi sebagian orang. Tapi setidaknya bagi pengguna smartphone yang sudah menginjak usia 30 atau 40-an pastinya sudah sangat akrab dengan merek Nokia yang jaya di awal tahun 2000. Karenanya, dengan hadirnya kembali smartphone Nokia, apalagi ber-OS Android, dipastikan bisa mengobati rasa rindu untuk kembali mengenang masa-masa indah dulu.

Video hands-on

Video Review Nokia 6

(last edit: 24 February, 2017 / 2:28 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
72%
Mau
20%
Biasa Aja
6%
Payah!
3%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.