Connect with us
MaxProM1
Snapdragon 660 1 Snapdragon 660 1 560x600
Featured

5 Smartphone Resmi di Indonesia dengan Otak Snapdragon 660

Di kelas menengah, ada sejumlah pabrikan smartphone yang memproduksi perangkatnya dengan dukungan Snapdragon 660. Bisa dibilang, chipset ini mampu menghadirkan performa yang tak kalah gesit.

Updated

Untuk memanjakan pabrikan smartphone yang ingin membuat perangkat di kelas menengah, Qualcomm telah menghadirkan Snapdragon 660. Ya! Bisa dibilang, chipset ini kelas menengah ini juga mampu menawarkan performa yang tak bisa dipandang remeh.

Dari anggota keluarga Snapdragon 600 Series, Snapdragon 660 adalah SoC pertama yang menggunakan arsitektur CPU Kyro 260. Di dalam arsitektur Kyro ini ada empat inti Cortex-A73 dan empat inti Cortex-A53 yang disatukan dalam konfigurasi big.LITTLE dengan clock speed hingga 2,2 GHz.

Sebagai penerus dari Snapdragon 653, Qualcomm juga  pernah sesumbar bahwa Snapdragon 660 memiliki kinerja hingga 20 persen lebih tinggi dari pendahulunya. Sementara, GPU Adreno 512 yang ada pada Snapdragon 660 lebih baik 30 persen dari Adreno 510 yang ada di dalam Snapdragon 653.

Lebih lanjut, mobile platform ini dibangun pada proses fabrikasi 14 nm dan sudah mendukung jenis RAM LPDDR4 hingga 8 GB. Selain itu, Snapdragon 660 adalah Snapdragon 600 Series yang sudah memperoleh kemampuan dari machine learning.

Hingga saat ini, di pasar Indonesia sudah ada lima smartphone resmi yang di dalamnya sudah benamkan SoC Snapdragon 660. Kelima smartphone tersebut adalah Vivo V9 6GB, Vivo V11 Pro, Xiaomi Mi A2, Samsung Galaxy A8 Star dan yang baru akan segera dirilis adalah Realme 2 Pro.

Lantas dari kelima smartphone tersebut, mana yang kalian ingin beli? Jika bingung, kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai kelima smartphone tersebut berikut harga jual yang ditawarkan oleh masing-masing pabrikan. Selamat membaca ulasan ini!

Vivo V9 6GB

vivo v9 6gb banner

Bisa dibilang Vivo adalah salah satu pabrikan smartphone asal Cina yang begitu getol memasarkan produknya di Indonesia. Salah satu smartphone yang mereka pasarkan di tahun ini di Indonesia adalah Vivo V9 yang merupakan kelanjutan dari Vivo V7.

Sayangnya, Vivo V9 yang diperkenalkan lewat sebuah acara “super mewah” kurang disambut positif oleh pecinta gadget di Indonesia. Penyebabnya adalah dukungan chipset yang dibenamkan. Ya! Vivo V9 datang dengan otak Snapdragon 450.

Tak mau dipadang remeh oleh kompetitor, Vivo pun bergerak cepat dan akhirnya mereka meluncurkan Vivo V9 6GB di pasar Indonesia. Smartphone ini pun mulai dipasarkan pada awal bulan Juli 2018. Tak hanya punya RAM besar, Vivo juga membenamkan Snapdragon 660 AIE ke dalam Vivo V9 6GB.

Punya RAM 6 GB, chipset Snapdragon 660 AIE, smartphone ini juga datang dengan storage berkapasitas 64 GB. Untuk urusan catu dayanya, kapasitas baterai yang ditanam ke dalam smartphone ini memang berukuran standar, yakni 3.260 mAh.

Tidak berbeda dengan Vivo V9, Vivo V9 6GB juga punya layar IPS LCD berukuran 6,3 inci FullHD+ dan aspek rasionya sudah 19:9. Hanya saja, dukungan kamera depannya memiliki resolusi 12 MP dan dual-camera belakang 13 MP + 2 MP. Vivo juga melengkapi dukungan kameranya dengan teknologi AI.

Harga: Rp4.299.000

Vivo V11 Pro

vivo v11 pro 1

Setelah memasarkan Vivo V9 6GB, Vivo di tahun ini sepertinya ingin berlari cepat di pasar Indonesia. Ya! Vivo pada pertengah September 2018 lalu telah merilis Vivo V11 Pro. Tak hanya menarik karena di dalamnya bercokol Snapdragon 660 AIE, smartphone ini datang dengan fingerprint di dalam layar.

Dukungan fingerprint di dalam layar juga menjadikan Vivo V11 Pro jadi perangkat resmi pertama di Indonesia yang memiliki fitur keamanan biometrik modern. Vivo menyebut teknologi pemindai sidik jari di dalam layar ini dengan sebutan Screen Touch ID.

Tak hanya itu, Vivo yang mengemas V11 Pro dengan bentang layar Super AMOLED berukuran 6,41 inci FullHD+ dan aspek rasio 19,5:9, juga punya poni yang unik. Ya! Poni Vivo V11 Pro berukuran kecil dan tampak seperti tetesan air alias waterdrop.

Tak hanya itu, Vivo juga benar-benar memikirkan soal desain dari smartphone ini. Panel bagian belakangnya dibuat sedemikian cantik dengan balutan warna gradasi. Ada dua warna pilihan yang ditawarkan, yakni Nebula Purple dan Starry Black.

Untuk urusan memotret, Vivo V11 Pro sudah dibekali dengan dual-camera belakang 12 MP dengan kemampuan dual-pixel plus 5 MP. Dukungan dual-camera belakang ini juga telah dilengkapi dengan teknologi AI. Untuk foto selfie, Vivo membenamkan lensa 25 MP yang juga sudah dilengkapi AI.

Selain dukungan Snapdragon 660 AIE, Vivo juga membekali V11 Pro dengan RAM sebesar 6 GB dan internal storage berkapasitas 64 GB. Untuk catu daya, lagi dan lagi Vivo hanya membenamkan baterai berkapasitas standar, yakni 3.400 mAh.

Harga: Rp4.999.000

Xiaomi Mi A2

Xiaomi Mi A2 3

Tidak bisa dipungkiri, smartphone yang diboyong oleh Xiaomi ke pasar Indonesia bakal mampu menarik perhatian pengguna gadget di Tanah Air. Tidak terkecuali Xiaomi Mi A2 yang juga datang dengan chipset Snapdragon 660 AIE besutan Qualcomm.

Sayangnya, di pasar Indonesia Xiaomi hanya memasarkan Mi A2 dengan RAM 4 GB plus storage berkapasitas 64 GB. Namun satu hal yang menarik, Mi A2 masih seperti Mi A1 yang datang di tahun lalu, yakni punya dukungan sebagai smartphone Android One.

Sudah barang tentu ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati oleh konsumen ketika mereka menggunakan Mi A2. Pertama, sistem operasi Android Oreo yang dibenamkan benar-benar murni dan pengguna terbebas dari aplikasi-aplikasi yang biasanya memakan kapasitas storage internal.

Keuntungan lainnya, karena smartphone ini bagian dari proyek Android One besutan Google, pengguna Mi A2 juga bisa menikmati update yang lebih cepat. Selain itu, keamanan atau patch security dari sistem operasi ini juga bakal terus diberikan oleh Google.

Untuk kebutuhan memotret, Mi A2 juga tak kalah menarik untuk kalian miliki. Pada bagian depan telah disematkan selfie-camera yang memiliki resolusi 20 MP. Sedangkan di bagian belakangnya telah bercokol dual-camera yang memiliki resolusi 20 MP + 12 MP.

Namun yang sangat disayangkan, Mi A2 miliki desain yang bisa dibilang standar. Memiliki bentang layar 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9, resolusi layar smartphone ini masih HD+. Namun tak perlu kecewa, layar yang ada sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Harga: Rp3.699.000

Samsung Galaxy A8 Star

Samsung Galaxy A8 Star

Bagi kalian penyuka smartphone Samsung dan ingin mencoba performa Snapdragon 660, bisa membeli Galaxy A8 Star. Bisa dibilang, Samsung memang tidak gembar-gembor membawa smartphone kelas menengahnya ini ke Indonesia. Hal ini berbeda dengan Galaxy A6 dan Galaxy A6+.

Selain dukungan chipset Snapdragon 660, di dalam tubuh Galaxy A8 Star, Samsung juga membenamkan RAM sebesar 4 GB dan storage berkapasitas 64 GB. Tak perlu khawatir bagi kalian yang ingin memperluas kapasitas penyimpanan, masih ada slot microSD yang mampu menampung data hingga 512 GB.

Lantas, bagaimana dengan dukungan layarnya? Sebagai smartphone yang ditujukan untuk mid-range, Galaxy A8 Star punya layar Infinity Display “super lega” Super AMOLED FullHD+ dengan ukuran 6,3 inci. Aspek rasionya sudah 18,5:9 dan rasio screen-to-body mencapai 80,6 persen.

Tak hanya dikemas dengan layar super lega dan sudut-sudut melengkung yang lebih menarik, Samsung Galaxy A8 Star juga datang dengan dukungan kamera yang diklaim terbaik di kelasnya. Ya! Samsung membekalinya dengan dual-camera belakang 16 MP + 24 MP dan sama-sama punya aperture f/1.7.

Tak perlu khawatir ketika memanfaatkan dual-camera tersebut untuk memotret objek yang membelakangi sinar matahari. Begitu juga ketika memotret diri sendiri di malam hari atau lingkungan minim cahaya alias low-light, hasilnya masih terlihat lebih jelas.

Sedangkan untuk urusan selfie, Samsung juga melengkapi Galaxy A8 Star dengan kamera depan yang memiliki resolusi 24 MP plus dukungan aperture f/2.0. Bisa jadi, inilah smartphone “selfie sebenarnya” yang dibuat oleh Samsung untuk menjawab permintaan penyuka selfie.

Ciri khas yang tak bisa dianggap sebelah mata dari kehadiran sebuah smartphone besutan Samsung adalah dukungan fitur Bixby. Tak main-main, Samsung pun melengkapinya dengan serangkaian fitur Bixby yang lengkap, yakni mulai dari Bixby Home, Bixby Reminder, Bixby Vision, hingga Bixby Voice.

Samsung juga melengkapi Galaxy A8 Star dengan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang perangkat. Jika fitur keamanan biometrik tersebut masih dianggap kurang memadai, Samsung juga membekali Galaxy A8 Star dengan face unlock. Selain itu, dda juga dukungan NFC.

Harga: Rp6.999.000

Realme 2 Pro

Realme 2 Pro 4

Smartphone terakhir yang datang ke Indonesia dengan dukungan Snapdragon 660 AIE adalah Realme 2 Pro. Ya! Smartphone ini sendiri baru akan diperkenalkan pada tanggal 9 Oktober 2018. Meski begitu, tak ada salahnya jika kita mengetahui beberapa hal yang menarik yang ada pada smartphone ini.

Pertama kali diperkenalkan di India, Realme 2 Pro datang dengan layar FullHD+ berukuran 6,3 inci. Selain itu, Realme juga menyisipkan poni model waterdrop yang disebut oleh mereka Dewdrop. Smartphone ini juga punya RAM paling besar 8 GB dan storage 128 GB.

Untuk sektor fotografinya, Realme 2 Pro memiliki pengaturan kamera belakang ganda dengan komposisi 16 MP + 2 MP. Sensor utama dilengkapi dengan aperture f/1.7. Sedangkan untuk memanjakan para penyuka selfie, Realme membenamkan kamera depan 16 MP dengan aperture f/2.0.

Dukungan Color OS 5.2 berbasis Android Oreo yang dibenamkan juga menyematkan fitur Easy Screenshot, Clone Phone, dan Smart Play. Untuk catu daya, smartphone ini telah dimodali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Hanya saja, Realme tidak melengkapinya dengan pengisian cepat.

Harga: TBC

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.