5 Smartphone Mantan Flagship yang Masih Layak Diburu

Sebagian besar vendor merilis smartphone flagship setiap tahunnya. Hal ini sudah menjadi sebuah tradisi yang wajib untuk dilakukan. Sebab, smartphone flagship adalah tolok ukur kemajuan sebuah vendor dan pendongkrak bisnis yang mereka jalankan.

Hingga saat ini, performa smartphone flagship masih jadi yang terbaik. Tapi sayangnya, smartphone flagship selalu dibanderol dengan harga yang mahal, sehingga tak semua orang mampu membelinya. Namun, jika Anda ingin mencicipi smartphone flagship tetapi tidak punya banyak uang, lima smartphone "mantan flagship" ini bisa jadi alternaif terbaik.

Huawei P9

p9

Smartphone buatan vendor Cina ini dirilis tahun 2016 lalu. Datang dengan dual-camera Leica, Huawei P9 berhasil memikat hati para pecinta gadget. Bagaimana tidak, dual-camera belakang beresolusi 12 MP (RGB+monokrom) yang disematkan memiliki kemampuan yang keren dan bukan sekedar gimmick semata.

Konfigurasi dual-kamera ini juga mampu menghasilkan foto bokeh yang dramatis. Sementara untuk dapur pacu, Huawei P9 mengandalkan prosesor Kirin 955 yang dipadukan dengan RAM 3 atau 4 GB. Tahun 2016 lalu, smartphone ini dijual dengan harga Rp7 jutaan. Namun, sekarang Anda bisa membelinya dengan harga kisaran Rp4-5 juta saja.

LG G5

g5

Kehadiran LG G6 sebagai smartphone flagship sontak mengubah status LG G5 menjadi mantan flagship. Ya, smartphone yang rilis tahun 2016 ini membawa konsep modular, dimana beberapa komponen bisa dibongkar pasang. Bicara soal dapur pacu, LG G5 menggunakan processor Snapdragon 820, RAM 4 GB, dan memori internal 32 GB.

Tak mau kalah dengan Huawei P9, smartphone ini juga mengusung dual-camera belakang beresolusi 16 MP+8 MP yang diletakkan secara vertical bak mata robot. Sayangnya smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang kecil yakni hanya 2.800 mAh saja .Untuk saat ini LG G5 dapat Anda beli dengan harga kisaran Rp4-6 jutaan.

Xiaomi Mi 5s

mi5s

Tahun lalu Xiaomi merilis lebih dari satu smartphone flagship. Dan salah satu smartphone flagship yang berhasil mereka rilis adalah Xiaomi Mi 5s. Ya, Smartphone dengan ukuran 5,5 inci ini jadi salah satu smartphone terbaik buatan Xiaomi tahun 2016 lalu. Xiaomi Mi 5s dipersenjatai prosesor Snapdragon 821 dan varian RAM 3 GB, 4 GB, serta 6 GB.

Sedangkan untuk sisi kamera, Xiaomi Mi5s menggunakan kamera belakang Sony IMX dengan resolusi 12 MP. Hingga saat ini ada tiga varian Xiaomi Mi 5s. Varian dengan RAM 3 GB dijual dengan harga Rp3 jutaan, varian RAM 4 GB dijual harga Rp4 jutaan, sedangkan varian RAM 6 GB dijual dengan harga Rp5 jutaan.

Samsung Galaxy S7 Edge

s7 edge

Di antara tiga smartphone di atas, smartphone inilah yang paling banyak diminati. Pesona layar lengkung dan lapisan kaca yang disematkan berhasil membuat Samsung Galaxy S7 Edge terlihat mewah dan berkelas.

Masalah performa, kami rasa tak perlu diragukan lagi. Meski datang dengan prosesor yang terbilang lawas, yakni Snapdragon 820 atau Exynos 8890, performanya masih tetap tangguh dan mampu bersaing dengan smartphone flagship keluaran terbaru.

Ditambah lagi smartphone ini juga dibekali RAM 4 GB dan varian memori internal 32 GB, 64 GB, atau 128 GB serta baterai berkapasitas 3.600 mAh. Sementara di bagian belakang ada kamera beresolusi 12 MP dengan teknologi dan kualitas yang keren. Saat ini Anda dapat membeli Samsung Galaxy S7 Edge dengan harga Rp6-7 jutaan.

OnePlus 3T

op3

Baru-baru ini OnePlus merilis OnePlus 5 sebagai smartphone andalannya. Itu artinya kini OnePlus 3T berstatus mantan flagship. Sejatinya, OnePlus 3T ini membawa konsep desain yang orisinil tak mirip smartphone manapun.

Di sisi dapur pacu, OnePlus 3T memadukan prosesor Snapdragon 821 dengan RAM 6 GB sehingga dapat dipastikan performanya benar-benar cepat. Sedangkan untuk kamera, One Plus 3T membawa kamera 16 MP yang sudah dilengkapi fitur OIS. Smartphone yang rilis tahun 2016 ini dibanderol dengan harga Rp6 jutaan.

(last edit: 7 August, 2017 / 11:38 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
70%
Mau
14%
Biasa Aja
8%
Payah!
10%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.