Connect with us
MaxProM1
smartphone flagship compact smartphone flagship compact 560x600
Featured

5 Smartphone “Mantan Flagship” dengan Ukuran Compact

Punya smartphone flagship berukuran mungil dan compact tentunya sangat menarik. Selain bisa dioperasikan dengan satu tangan, smartphone seperti ini juga sangat nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

Updated

Kebanyakan smartphone flagship saat ini hadir dengan layar dan dimensi yang sangat besar. Populernya konsep layar minim bezel jadi pemicu utamanya. Layar yang besar memang memanjakan mata kita dengan tampilan yang lebih lega dari biasanya.

Seperti yang kita tahu, layar yang lebih lega juga akan memberi rasa nyaman saat kita bermain game atau sekadar nonton film di waktu luang. Namun, ukuran yang besar ini memberikan dampak yang negatif pula. Ya! Smartphone bongsor sulit untuk dikantongi.

Tak hanya itu, kita juga tidak leluasa untuk menggunakan smartphone yang memiliki layar lebar dengan satu tangan. Kini, setelah smartphone dengan layar lebar berdatangan, rasanya kami “kangen” untuk menggunakan smartphone yang memiliki desain compact.

Apakah kalian juga merasakan hal yang sama? Jika iya, tentunya kami akan mengajak kalian untuk sedikit bernostalgia. Kami akan memberikan 5 rekomendasi smartphone “mantan flagship” yang cocok di kantong dan sanggup memberikan rasa handling yang super-duper nyaman.

iPhone SE

iPhone SE

Siapa yang tak kenal iPhone SE. Ya! Smartphone ini meluncur pada tahun 2016 lalu dan hingga saat ini tak sedikit orang yang masih menggunakannya. Apple terbilang pintar untuk mengemas smartphone ini. Tak hanya dibuat mungil, smartphone ini juga begitu terasa compact ditangan.

Selain itu, Apple juga meramu iPhone SE dengan spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ya! Smartphone ini memiliki jeroan sekelas iPhone 6s. iPhone SE menyuguhkan layar berukuran 4.0 inci dengan resolusi 640 x 1.136 piksel.

Apple juga membalut bodi smartphone ini dengan material alumunium dan finishing warna yang terbilang keren saat itu. Meski memiliki bodi kecil, smartphone ini telah diotaki Apple A9 dengan RAM 2 GB. Sayangnya, Apple sudah tidak lagi memproduksi iPhone SE terhitung mulai tahun ini.

Google Pixel 2

Google Pixel 2 4

Sukses di industri software dan layanan berbasis internet, bukan berarti Google tak tertarik untuk menciptakan smartphone sendiri. Hal ini pun mereka perlihatkan dengan keberhasilannya untuk menciptakan smartphone Pixel.

Pixel generasi kedua adalah salah satu smartphone yang begitu disukai banyak pecinta gadget. Ya! Google menciptakan Pixel 2 dan Pixel 2 XL pada tahun 2017 lalu. Namun jika berbicara smartphone yang memiliki desain compact, tentu saja pilihannya jatuh pada Pixel 2.

Bagimana tidak! Smartphone ini diramu oleh Google dengan dimensi 145,7 x 69,7 x 7,8 mm dan ukuran layarnya hanya 5 inci. Berkat penggunaan teknologi Super AMOLED, layar Pixel 2 juga sanggup menghasilkan gambar yang tajam meskipun ukuran layarnya kecil.

Bicara soal jeroan, seluruh hardware yang ada di dalam smartphone ini rasa-rasanya masih bisa diandalkan. Google telah membenamkan chipset Snapdragon 835 sebagai otaknya yang dipadukan RAM sebesar 4 GB. Untuk penyimpanan datanya, ada dua opsi, yakni 64 GB atau 128 GB.

iPhone 7

iPhone 7 1

Dirilis sejak tahun 2016 lalu, iPhone 7 masih jadi primadona bagi sebagian orang. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah ukuran dimensi yang sangat compact. Hal ini tercermin dari ukuran layarnya 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1.334 piksel.

Berbicara soal dimensinya, iPhone 7 memiliki ukuran 138,3 x 67,1 x 7,1 inci dan bobotnya hanya 138 gram. Ya! Bisa dibilang smartphone ini sangat nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan. Begitu juga jika ingin masuk ke dalam kantong celana kalian.

Kelebihan lainnya, smartphone yang sudah memiliki sertifikasi IP67 ini juga dilengkapi dengan tombol Home yang terintegrasi dengan sensor fingerprint di bagian depan perangkat. Tak hanya itu, iPhone 7 juga datang dengan fungsi 3D Touch di layar.

Soal performa, Apple membekali iPhone 7 dengan chipset Apple A10 Fusion yang dipadukan RAM sebesar 2 GB. Untuk pilihan storage internalnya ada tiga, yakni 32 GB, 128 GB, dan 256 GB. Bisa dibilang, seluruh hardware yang ada masih mampu melahap aplikasi-aplikasi yang ada saat ini.

iPhone 8

iPhone 8 RED

Jika Apple berhasil merilis iPhone 7 dengan desain yang kompak pada tahun 2016 lalu, di tahun 2017 Apple kembali meneruskan tradisinya dengan menciptakan iPhone 8. Lagi dan lagi, smartphone ini dibuat dengan ukuran layar yang kedengarannya memang sangat compact, yakni 4,7 inci.

Kedatangan iPhone 8 berbarengan dengan iPhone 8 Plus yang memiliki layar 5,5 inci dan iPhone X dengan ukuran layar 5,8 inci. Sudah jelas, dua smartphone iPhone yang disebut belakangan tidak memiliki ukuran layar yang compact dan kurang nyaman saat ingin dikantongi.

Memiliki ukuran layar 4,7 inci dengan resolusi yang sama seperti iPhone 7, iPhone 8 juga mampu menyajikan handling yang luar biasa nyaman. Dioperasikan dengan satu tangan terasa sangat enak, apalagi masuk ke dalam saku celana.

Lantas, bagimana dengan dapur pacunya? Seperti yang kita tahu bersama, Apple membekali iPhone 8 dengan chipset Apple A11 Bionic dan dipadukan RAM sebesar 2 GB. Ada dua opsi internal storage yang ditawarkan, yakni 64 GB dan 256 GB. Punya bodi kecil, performanya masih bisa diandalkan.

Sony Xperia XZ1 Compact

Sony Xperia XZ1 Compact

Sony yang lebih perkasa dalam membuat produk elektronik juga memberanikan diri untuk terjun ke pasar smartphone. Meskipun namanya tidak secermerlang Samsung atau LG, hingga saat ini Sony masih terus mencoba peruntungannya di industri smartphone.

Menjelang akhir tahun 2017 lalu, Sony telah memperkenalkan Sony Xperia XZ1 Compact. Bisa dibilang, smartphone “mantan flagship” ini juga memiliki bodi yang compact dengan ukuran layar 4,6 inci dan resolusi HD. Sony mengemas bodi smartphone ini dengan plastik polikarbonat yang dilapisi kaca fiber.

Dimensi smartphone ini hanya 129 x 64 x 9,3 mm dan bobotnya 140 gram. Ditempatkan sebagai smartphone unggulan, Sony juga sudah memproteksi layar smartphone ini dengan Corning Gorilla Glass 5 dan melengkapinya dengan dua fitur andalan, yakni Triluminos Display dan X-Reality Engine.

Sony membekali Xperia XZ1 Compact dengan chipset Snapdragon 835 yang dipadukan RAM sebesar 4 GB serta internal storage berkapasitas 32 GB. Tak perlu khawatir dengan ruang storage yang kecil, Sony juga melengkapi smartphone ini dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 512 GB.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.