5 Smartphone Lokal Menarik yang Layak Dilirik

Ada berapa banyak orang Indonesia yang menggunakan smartphone buatan lokal? Kami yakin, jumlahnya tak sebanyak pengguna smartphone merek luar negeri. Ya, sampai saat ini industri smartphone di Indonesia masih didominasi oleh merek-merek asing.

Selain buatan Samsung, tak sedikit orang Indonesia yang juga menggunakan smartphone rakitan Apple dan Xiaomi. Pertanyaannya, apakah fenomena ini menandakan bahwa smartphone made-in Indonesia masih belum sanggup menandingi pesona merek asing?

Meski sering muncul pertanyaan seperti itu, produsen smartphone lokal tak pernah patah semangat. Terbukti, mereka semakin getol memproduksi banyak seri smartphone. Tak hanya itu, mereka pun berlomba-lomba untuk menyuguhkan fitur menarik di dalam perangkat buatannya.

Seperti halnya lima smartphone lokal berikut ini, walau tak secanggih Galaxy Note 8 buatan Samsung atau pun iPhone 8 rakitan Apple, setidaknya lima smartphone lokal ini sukses menyuguhkan beragam fitur menarik kepada banyak konsumen di Tanah Air.

Advan A8 (Rp3 juta)

Advan A8

Smartphone lokal pertama yang layak disebut berkualitas adalah Advan A8. Mengikuti trend yang sedang berjalan, Advan A8 turut mengadopsi dual-camera belakang yang terdiri dari satu lensa dengan resolusi 13 MP dan satu lensa memiliki resolusi 5 MP.

Bicara soal desain, Advan A8 mengusung desain tipis dengan bahan metal yang kuat. Pada bagian depan terdapat layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Masuk ke dalam jeroannya, smartphone ini telah dibekali dengan chipset MediaTek 6750T.

Tak ketinggalan, Advan juga menyokong kinerja chipset tersebut dengan RAM sebesar 4 GB plus internal storage berkapasitas 32 GB. Sedangkan untuk urusan catu dayanya, Advan mempercayai kepada baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Jika melihat kualitas dapur pacunya tersebut, seharusnya smartphone ini mampu memberikan pengalaman komputasi yang baik, apalagi Advan A8 sudah mengadopsi sistem operasi Android Nougat 7.0.

Tak berhenti sampai disitu, Adavan juga membekali A8 dengan segudang fitur menarik di dalamnya, seperti Anti Theft, Anti Virus, App Lock serta ada pula sensor fingerprint yang menyatu dengan tombol fisik Home.

Polytron Prime 7s (Rp3 juta)

Polytron Prime 7s

Perusahaan yang aktif di industri elektronik ini ternyata getol merilis sejumlah ponsel pintar alias smartphone. Produk terbaru yang berhasil mereka ciptakan adalah Polytron Prime 7s. Smartphone ini dibangun dari bahan metal yang elegan, sehingga tak nampak terlihat murahan.

Prime 7s dirangkai oleh Polytron dengan dimenasi yang juga tidak terlalu besar. Memiliki bentang layar berukuran 5,2 inci, resolusinya sudah FullHD alias 1.080 piksel. Perihal hardware, Polytron Prime 7s diotaki chipset Helio P10 yang dipadukan dengan RAM 3 GB plus ROM 64 GB.

Jika kapasitas internal storage yang disajikan masih dianggap kecil, pengguna masih bisa memanfaatkan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 128 GB. Prime 7s juga telah dibekali dengan baterai berkapasitas 2.300 mAh plus dukungan Turbo Charge.

Bagaimana jika smartphone ini digunakan untuk memotret? Tak perlu risau! Prime 7s sudah dipersenjatai kamera belakang 16 MP yang dilengkapi dengan PDAF dan EIS. Sedangkan untuk kebutuhan foto selfie, smartphone ini sudah dibekali dengan kamera depan 8 MP Wide-angle.

Untuk menjaga privasi dan keamanan data pengguna, smartphone ini juga sudah disematkan sensor fingerprint yang diklaim sangat akurat dan bekerja lebih cepat. Ketika pertama kali rilis, Polytron Prime 7s menggunakan Android Marshmallow yang dibalut dengan ROM Fira OS.

Evercoss Winner Y Star (Rp1,2 juta)

Evercoss Winner Y Star

Sebagai salah satu brand lokal, nama Evercoss tentu tak lagi asing ditelinga kita. Dan tahun ini, Evercoss mencoba peruntungannya dengan merilis Winner Y Star. Smartphone ini menawarkan desain berkilau dengan layar IPS 5 inci.

Pada sisi dapur pacunya, smartphone ini sudah disokong dengan prosesor Quad-core (tidak disebutkan namanya) yang ditemani RAM 2 GB, internal storage 16 GB, slot microSD hingga 32 GB serta baterai berkapasitas 2.450 mAh.

Winner Y Star sudah menggunakan kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi sama, yakni 8 MP. Menariknya, dengan harga yang relatif murah smartphone ini sudah mengadopsi Android Nougat 70 (VOS UI) serta sensor fingerprint yang terintegrasi pada tombol fisik Home.

Hi-Max X Play (Rp2, 4 juta)

Hi Max X Play

Smartphone lokal yang juga kualitasnya tak kalah menarik adalah Hi-Max X Play. Dibuat dengan serius, smartphone ini memiliki desain yang tipis dengan balutan bahan metal yang kuat. Ketika menggunakan smartphone ini, pengguna akan dimanjakan dengan layar IPS 5,5 inci.

Untuk urusan dapur pacu, Hi-Max X Play telah ditenagai dengan chipset Mediatek MT6750 dan dukungan RAM sebesar 4 GB serta internal storage berkapasitas 64 GB. Hi-Max juga menyisipkan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 128 GB.

Smartphone berbasis Android Nougat 7.0 ini juga menonjolkan dukungan kamera yang disematkan. Hi-Max X Play telah dibekali dengan dual-camera belakang dengan komposisi 13 MP (f/2.0) dan 2 MP (f/2.4).

Sedangkan untuk kamera depannya, Hi-Max X Play menggunakan lensa 8 MP. Dengan harga yang ramah di kantong, Hi-Max X Play juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang menempel pada tombol fisik Home.

Axioo Venge 2 (Rp2 juta)

Axioo Venge 2

Dari sederet smartphone lokal yang telah disebutkan, Axioo Venge 2 menawarkan konsep desain paling menawan. Ya, smartphone ini menawarkan layar FullHD berukuran 5,5 inci dengan bezel super tipis.

Desain menawan ini diklaim oleh Axiaoo sangat kuat karena dibangun dari bahan aluminium metal. Selain desain yang keren, Axioo Venge 2 juga mengadopsi dual-camera belakang yang terdiri dari satu lensa 13 MP dan satu lensa 2 MP.

Sementara untuk kamera depannya, Axioo Venge 2 menggunakan lensa 5 MP. Lalu, bagaimana dengan dapur pacunya? Axioo Venge 2 telah ditenagai dengan chipset MediaTek 6737T yang disokong RAM 2 GB serta internal storage berkapasitas 16 GB.

Tak ketinggalan, Axioo juga masih menyisipkan slot microSD untuk mendongkrak penyimpanan data internal yang dimilikinya. Dukungan slot microSD ini mampu menampung data tambahan hingga 32 GB.

Performa smartphone ini juga ditunjang dengan baterai 2.750 mAh dan sistem operasi Android Marshmallow. Seperti halnya empat smartphone sebelumnya, Axioo Venge 2 juga menyediakan sensor fingerprint.

(last edit: 5 October, 2017 / 7:35 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
72%
Mau
1%
Biasa Aja
16%
Payah!
12%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.