Connect with us
VivoBookPro
Featured

5 Smartphone Keren yang Gagal Bersinar Tahun Ini

Di tahun 2018 ini banyak sekali smartphone yang dirilis. Dari sekian banyak smartphone yang diluncurkan, ada beberapa smartphone yang diremehkan oleh banyak orang. Padahal, smartphone tersebut seharusnya bisa nge-hits jika melihat hardware dan fitur yang ditawarkan.

Updated

Kita sama-sama melihat bahwa di tahun 2018 ini tak sedikit pabrikan smartphone yang menelurkan perangkatnya yang luar biasa. Sebut saja ada Google Pixel 3, Samsung Galaxy Note 9 hingga Huawei Mate 20 Pro dan yang baru-baru ini muncul OnePlus 6T.

Tak hanya di kelas menengah, di jajaran smartphone kelas menengah pun juga terlihat hal yang sama. Tentunya kita mendengar gebrakan dari Pocophone yang merilis F1. Ada juga Honor 8X dan Realme 2 Pro yang berjuang untuk meraih supremasi.

Ya! Bisa dibilang smartphone-smartphone tersebut baerhasil mendapat pujian dari banyak pecinta gadget di tahun ini. Lalu, bagaimana dengan beberapa smartphone yang seharusnya nge-hits, tetapi “diremehkan” di tahun ini? Mari kita lihat beberapa smartphone tersebut.

BlackBerry Key2

BlackBerry memang tidak banyak mengahsilkan berita utama seperti Nokia di tahun ini. Meski begitu, bukan berarti smartphone buatannya tidak layak untuk kalian lihat. BlackBerry Key2 mungkin saja menjadi smartphone BlackBerry terbaik sejak mereka bermigrasi ke Android.

Percaya atau tidak, beberapa orang di luar sana masih lebih memilih keypad fisik. Key2 tentunya salah satu pilihan yang membuat mereka lebih nyaman untuk menggunakan keypad fisik. Ya! Jajaran keypad-nya dibuat lebih rapi, seperti pilihan shortcut untuk masuk ke apliaksi dan juga pemindai sidik jari.

Fitur lainnya yang juga turut disematkan ke dalam smartphone ini adalah terkait dengan dukungan aplikasi yang dibenamkan. Sebut saja BlackBerry Hub yang sudah begitu populer dan Privacy Shade untuk mencegah orang lain mengintip layar dari atas bahu kalian.

Berbicara soal keamanan, smartphone ini juga dilengkapi dengan DTEK Suite. Spesifikasi hardware yang ditanam juga tak kalah menarik. BlackBerry Key2 datang dengan Snapdragon 660 serta dukungan RAM sebesar 6 GB yang dipadukan internal storage berkapasitas 64 GB dan 128 GB.

Masih ada daya tarik lainnya yang mungkin membuat kalian akan kepincut untuk tidak lagi meremehkan smartphone ini. Ya! Itu adalah dukungan dual-camera di bagian belakang dengan resolusi 12 MP yang masing-masing berfungsi sebagai lensa utama dan telefoto.

Dibagian depannya, BalckBerry memperkaya smartphone ini dengan slefie-camera yang memiliki resolusi 8 MP. Harus diakui, baterai yang ditanam ke dalam smartphone ini memang seperti kebanyakan baterai pada smartphone umumnya, yakni berkapasitas 3.500 mAh.

LG G7 ThinQ

Di pasar Indonesia, LG memang sudah angkat kaki. Meski begitu, pabrikan smartphone asal Korea Selatan ini pernah merilis LG G7 ThinQ di tahun ini. Smartphone ini pun digadang-gadang siap berkompetisi dengan smartphone premium lainnya yang sudah lebih dulu muncul ke pasaran.

Ya! LG G7 ThinQ memang tidak bisa kalian pandang sebagai smartphone remeh. Untuk urusan memotret, LG telah membenamkan kamera sekunder 16 MP yang dilengkapi dengan fitur wide angle. Selain itu, smartphone ini juga datang dengan dukungan hardware Quad-DAC untuk urusan audio.

Tak ketinggalan, LG juga masih membenamkan port jack audio 3.5mm ke dalam smartphone unggulannya ini. Tak kalah menarik, LG G7 ThinQ juga telah dijejali dengan sertifikasi anti air, pengisian baterai secara nirkabel, tombol Google Assitant dan speaker BoomBox.

Berbicara soal spesifikasi, LG G7 ThinQ datang dengan layar LCD 6,1 inci dengan resolusi 3.120 x 1.440 piksel. Ada dua pilihan RAM yang ditawarkan, 4 GB dan 6 GB. Begitu juga dengan internal storage-nya, 64 GB dan 128 GB. Untuk urusan memotret selfie, ada kamera depan dengan resolusi 8 MP.

Motorola One Power

Soal budget smartphone, tentunya kita tahu bersama bahwa kelas tersebut dikuasai oleh Xiaomi. Dan kini juga ada pendatang baru, yakni Realme. Namun, bukan berarti kita harus mengesampingkan brand lainnya, seperti Motorola yang pada tahun ini merilis Motorola One Power.

Seperti yang kita lihat bersama, One Power datang dengan mengandalkan dukungan baterai yang disematkan. Ya! Smartphone ini punya baterai berkapasitas 5.000 mAh dan Motorola pun menjanjikan bahwa baterainya ini mampu bertahan dua hari dalam pemakaian normal.

Namun, baterai jumbo bukan satu-satunya yang ditawarkan oleh Motorola. Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan sepasang kamera belakang yang memiliki konfigurasi 16 MP + 5 MP. Untuk memanjakan kalian yang suka selfie, masih ada kamera depan dengan resolusi 12 MP plus LED flash.

Bagaimana jeroannya? Sekali lagi Motorola One Power tidak boleh kalian anggap remeh. Di dalamnya sudah tertanam chipset Snapdragon 636 yang dipadukan RAM 3 GB atau 6 GB. Untuk kapasitas penyimpanan internalnya, juga ada dua pilihan, 32 GB atau 64 GB.

Datang dengan layar berukuran 6,2 inci, resolusinya juga sudah FullHD+. Satu hal yang juga tak kalah menarik dari smartphone ini adalah adalah dukungan sistem operasi yang disematkan. Ya! Smartphone ini masuk ke dalam proyek Android One dan tentunya datang dengan Stock Android yang begitu nyaman.

Motorola Moto Z3

Motorola Moto Z3 melanjutkan tradisi Moto Mod yang sudah dikembangkan sejak tahun 2016 lalu. Ya! Kehadiran smartphone ini pun masih mendukung berbagai add-on yang bisa ditempelkan di bagian panel belakang. Ada Moto Mod Camera, Speaker, Gamepad hingga Proyektor.

Artinya, Motorola Moto Z3 yang datang di bulan Agustus tahun ini dan memiliki dukungan Moto Mods yang sangat beragam tentunya terbilang menarik. Bahkan, Motorola juga sudah menjanjikan bahwa mereka akan membuat Moto Mod yang memiliki kemampuan jaringan 5G di tahun depan.

Hanya saja kelemahan yang ada pada Motorola Moto Z3 adalah chipset yang disematkan. Diperkenalkan di tahun 2018 ini, Motorola masih membenamkan chipset lawas buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Hal itu yang mungkin jadi pertimbangan banyak orang untuk “ogah” membeli smartphone ini.

Smartphone ini sendiri juga sudah dijejali dengan RAM 4 GB atau 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB yang masih dapat diperluas via microSD. Dibagian belakang ada dual-camera 12 MP dan di bagian depan ada selfie-camera 8 MP. Ada juga baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Sony Xperia XZ3

Selain Xperia XZ2 Compact, Sony di tahun ini juga menelurkan Xperia XZ3. Satu hal yang menarik, smartphone ini pun juga diremehkan sehingga kurang begitu populer di mata banyak penyuka gadget. Padahal, smartphone ini pun datang dengan desain dan spesifikasi yang menarik.

Ya! Sony meracik Xperia XZ3 dengan layar OLED 1.440p berukuran 6 inci. Selain itu, pada bagian depannya Sony juga telah menyisipkan selfie-camera dengan resolusi 13 MP. Untuk urusan catu daya, Sony menjejali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh.

Berbeda dengan Xperia XZ2 Compact, Sony telah menambahkan dukungan pengisian nirkabel ke dalam Xperia XZ3. Selebihnya, smartphone ini punya jeroan mirip dengan Xperia XZ2 Compact. Chipset yang dipakai masih Snapdragon 845 besutan Qualcomm yang dipadukan RAM 4 GB.

Di bagian belakang juga bercoloko kamera utama dengan resolusi 19 MP yang disokong aperture f/2.0. Ada juga fitur super slow-mo 960 fps, sertifikasi anti air, dan USB Type-C. Sayangnya, semua itu kurang dirilik oleh banyak pecinta gadget.

Baca juga

Ya! Itulah enam smartphone yang seharusnya nge-hits di tahun ini, tetapi diremehkan oleh banyak pecinta gadget. Sudah bisa ditebak, salah satu faktor yang membuat orang-orang tersebut tak mau melirik smartphone itu adalah terkait dengan harga yang ditawarkan. Bagaimana menurut kalian?

Comments

Populer