5 Smartphone Kamera Terbaik 2016

Hadirnya smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni telah menyita perhatian banyak orang. Tak sedikit pula yang menjadikan kamera sebagai tolok ukur utama dari sebuah smartphone. Namun, karena banyaknya smartphone yang muncul di pasaran membuat calon pembeli merasa bingung untuk memilih smartphone mana yang pantas dimiliki.

Untuk itu, kami telah merangkum lima smartphone dengan kualitas kamera terbaik. Perlu diketahui, kelima smartphone yang dipilih ini berdasarkan apa yang sudah kami coba dan kualitasnya tak kalah saing dengan kamera-kamera DSLR. Ya, setidaknya Anda tak perlu membawa kamera profesional lagi saat bepergian. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

Google Pixel

google pixe

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, Google pixel adalah smartphone dengan kamera terbaik saat ini. Meski hanya beresolusi 12.3 MP, Google Pixel membuktikan bahwa resolusi kamera bukan menjadi patokan utama dalam menentukan kualitasnya. At least kamera Google Pixel benar-benar superior, hal ini terbukti dari kemampuannya dalam memotret di malam hari atau di tempat-tempat minim cahaya yang mana hasilnya masih terlihat sangat tajam dan tetap terang.

Selain itu, Google Pixel juga jago untuk menghasilkan foto bokeh. Untuk urusan perekaman video, Smartphone ini hadir tanpa teknologi OIS. Meskipun demikian, Google Pixel mengatasinya dengan menghadirkan fitur EIS dimana fitur ini dapat menghasilkan rekaman video yang tak kalah smooth dengan rival sejatinya iPhone 7 Plus.

iPhone 7 Plus

ip7 plus

Hadir dengan dua kamera beresolusi 12 MP, kualitas kamera iPhone 7 Plus sudah terbukti keluarbiasaannya. Sekedar informasi, kamera pertama iPhone 7 plus memiliki lensa 28 mm dengan bukaan f/1.8, sedangkan kamera kedua mengusung lensa 56 mm dengan bukaan f/2.8. Jadi, kedua lensa iPhone 7 Plus hadir dengan dua focal length yang berbeda dan berfungsi untuk memotret foto zoom.

Kamera pertama dapat menghasilkan foto wide-angle (28 mm) sedangkan kamera lainnya memiliki bidang pandang setara lensa pada kamera digital (56 mm). Kameranya juga dilengkapi dengan fitur high speed sensor dan image signal processor, yang mana iPhone 7 Plus hanya butuh waktu 0,25 detik saat mengambil sebuah foto. Dual-camera iPhone 7 juga jago dalam mengambil foto-foto bokeh. Selain itu, karena adanya fitur OIS membuat hasil rekaman video terasa sangat smooth untuk kebutuhan profesional.

Huawei P9

p9 3

Kami sempat terkejut ketika Huawei P9 hadir dengan dual-camera Leica beresolusi 12 MP. Pasalnya, kamera Leica sudah sangat terkenal dalam dunia fotografi. Dan benar aja, setelah kami coba hasil jepretannya sungguh memuaskan. Dual-camera pada Huawei P9 sendiri memiliki sensor yang berbeda, yakni sensor RGB (berwarna) dan monokrom (hitam putih).

Dua sensor ini dapat berkombinasi untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih detail. Namun, jika Anda ingin menghasilkan foto monokrom ala Leica, Anda bisa menggunakan sensor monokromnya saja. Selain itu, meski masih menggunakan aperture kamera f/2.2 Huawei P9 bisa menghasilkan foto bokeh atau efek blur dramatis layaknya aperture f/0.9. Hasilnya pun tergolong sangat rapi dan memuaskan.

Samsung Galaxy S7

galaxy s7 1

Sama seperti ketiga smartphone di atas, Samsung Galaxy S7 hadir dengan kamera beresolusi 12 MP. Memang tak setinggi dengan pendahulunya, Samsung Galaxy S6. Namun bicara kualitas, Galaxy S7 jauh lebih unggul. Samsung Galaxy S7 adalah spesialisnya foto pada malam hari atau pada kondisi minim cahaya. Hal ini bisa terjadi berkat adanya teknologi Dual Pixel yang Samsung sematkan.

Tak hanya itu saja, berkat dukungan aperture f/1.7 kamera pada Samsung Galaxy S7 dapat menghasilkan sentuhan efek bokeh pada setiap gambar yang dihasilkan secara natural tanpa editing software seperti iPhone 7 Plus atau Huawei P9. Ditambah lagi, kamera Samsung Galaxy S7 sudah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) sehingga kamera tidak mudah shake saat merekam atau meotret sebuah objek.

LG V20

v20

Melengkapi daftar ini ada LG V20. Bicara soal kualitas, kamera LG V20 tak kalah saing dengan empat smartphone flagship di atas. Hadir dengan dual-camera beresolusi 16 MP plus fitur-fitur menarik seperti Focus Peaking, Tracking Focus, serta Zoom Slider, LG V20 dapat menghasilkan foto dengan sangat jernih.

Jika dibandingkan dengan empat smartphone di atas, LG V20 memiliki nilai lebih dalam pengambilan foto wide. Ya, hal ini dikarenakan satu lensa kamera V20 memiliki angle yang lebar dengan efek semi fisg-eye. Sedangkan untuk urusan perekaman video, LG v20 juga sudah dilengkapi dengan OIS sehingga video terlihat sangat smooth dan detail.

Itulah lima smartphone dengan kualitas kamera terbaik saat ini yang sudah pernah kami coba. Menurut Anda smartphone mana yang paling keren? Jika Anda memiliki pendapat lain, silakan berbagi di kolom komentar.

(last edit: 31 December, 2016 / 9:53 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
71%
Mau
16%
Biasa Aja
13%
Payah!
4%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.