5 Smartphone Flagship Alternatif Xiaomi Mi 6

Setelah lama menunggu kehadirannya, tepat pada tanggal 19 April Xiaomi resmi merilis smartphone flagship-nya, Xiaomi Mi 6. Kedatangannya langsung mengundang decak kagum dikarenakan Xiaomi Mi 6 berhasil menyabet gelar Android tercepat versi AnTuTu dengan skor 180 ribu poin. Itu artinya Xiaomi Mi 6 berhasil mengalahkan pesaing beratnya, Samsung Galaxy S8.

Di Cina, Xiaomi Mi 6 dijual dengan harga 2.499 RMB atau sekitar Rp4,8 jutaan untuk varian 4 GB/64 GB dan 2.899 RMB atau sekitar Rp5,6 jutaan untuk varian 6 GB/128 GB. Tapi jika masuk Indonesia, harganya dipastikan akan melambung di atas Rp6 juta. Bagi Anda yang masih ragu atau bahkan kurang tertarik dengan Xiaomi Mi 6, kami akan membagikan lima smartphone flagship alternatif Xiaomi Mi 6.

OnePlus 3T

alternatif xiaomi mi 6 image 2

Di urutan pertama ada OnePlus 3T. Smartphone ini memiliki dapur pacu yang mirip dengan Xiaomi Mi 6, di antaranya RAM 6 GB dan internal storage 64 GB atau 128 GB. Hanya saja OnePlus 3T masih menggunakan prosesor lama, Qualcomm Snapdragon 821. Di sisi desain, smartphone ini memiliki ukuran layar yang lebih besar dari Xiaomi Mi 6, yakni 5,5 inci.

Sistem operasinya juga sudah diperbarui menjadi Nougat 7.1.1. Bahkan banyak yang sependapat bahwa user interface Oxygen OS pada OnePlus 3T jauh lebih enteng dan smooth daripada MIUI. Selain itu, ada pula fitur pengisian daya Dash Charge yang terbukti lebih cepat dari Quick Charge 3.0 pada Xiaomi Mi 6. Dengan beragam kelebihan yang dibawa, OnePlus 3T dibanderol dengan harga sekitar Rp6,5 jutaan.

Xiaomi Mi 5s Plus

alternatif xiaomi mi 6 image 3

Jika harga Xiaomi Mi 6 terlalu mahal untuk Anda, Xiaomi Mi 5s Plus adalah alternatif yang paling tepat. Rilis tahun 2016 lalu, Xiaomi Mi 5s Plus mengusung dual-camera belakang beresolusi 13 MP. Di sisi dapur pacu, Xiaomi Mi 5s Plus mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 821 yang dipadukan dengan RAM 4 GB/6 GB serta penyimpanan internal 64 GB/128 GB.

Walau performanya berada di bawah Xiaomi Mi 6, setidaknya Xiaomi Mi 5s Plus pernah menjadi smartphone dengan hardware tertinggi pada masanya. Saat ini, Xiaomi Mi 5s Plus dijual dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya yakni kisaran Rp5 jutaan.

Xiaomi Mi MIX

alternatif xiaomi mi 6 image 4

Smartphone dengan bentuk tak lazim ini menjadi smartphone alternatif Xiaomi Mi 6 berikutnya. Datang dengan layar berukuran 6,4 inci dan bezel super tipis, Xiaomi Mi MIX memberikan pengalaman baru bagi para pengguna gadget. Oh ya, sang mantan flagship Xiaomi ini juga dibekali dengan jeroan yang gahar seperti prosesor Snapdragon 821 dan RAM 4 GB atau 6 GB. Smartphone yang dibalut dengan bahan keramik ini dijual dengan harga kisaran Rp7 jutaan.

Huawei Honor 8 Pro

alternatif xiaomi mi 6 image 5

Walau sudah lama rilis, smartphone ini masih menjadi idaman hati bagi beberapa orang khususnya para pencinta Huawei. Pasalnya, Huawei Honor 8 Pro datang dengan layar 2K, RAM 6 GB, memori internal 128 GB, dan prosesor HiSilicon Kirin 960. Tak ketinggalan ada pula dual-camera 12 MP dengan kualitas jepretan yang mirip dengan Huawei P9 Leica. Smartphone flagship Huawei tahun 2016 ini dibanderol dengan harga kisaran Rp6,6 jutaan.

LeEco Le Pro3

alternatif xiaomi mi 6 image 6

Untuk menutup daftar ini ada LeEco Le Pro3 . Walau namanya tak sepopuler empat nama di atas, namun bicara soal kualitas, LeEco Le Pro3 tak bisa diremehkan. Smartphone ini ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 821 yang ditemani RAM 4 GB atau 6 GB dan ruang penyimpanan 64 GB atau 128 GB.

Dengan dapur pacu seperti ini, pada bulan Maret lalu LeEco Le Pro3 mampu menduduki peringkat keempat AnTuTu di bawah iPhone 7 Plus, iPhone 7, dan OnePlus 3T. Selain itu, LeEco Le Pro3 juga dibekali teknologi Dolby Atmos Audio yang menambah kejernihan suara audio smartphone Anda. Menariknya, LeEco Le Pro3 dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari Xiaomi Mi 6 Plus yakni sekitar Rp3 jutaan saja.

(last edit: 30 April, 2017 / 10:00 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
12%
Biasa Aja
10%
Payah!
21%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.