5 Smartphone Dual-camera untuk Selfie Mania

Tren selfie telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, khusunya dikalangan anak muda. Layaknya sebuah buku diary, mereka mengabadikan segala momen melalui sebuah foto dan membagikannya di media sosial. Melihat tren selfie yang terus meningkat, beberapa vendor smartphone mengambil kesempatan ini untuk menggaet banyak konsumen.

Ya, mereka menghadirkan smartphone khusus untuk para pecinta selfie. Tak berhenti di situ saja, untuk menunjukan keseriusan dalam menghadirkan smartphone selfie, mereka juga menyematkan beragam teknologi pada kamera selfie-nya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah dual-camera depan guna mempercantik foto selfie yang dihasilkan. Lalu smartphone apa saja yang hadir dengan dual-camera selfie? Berikut ulasanya.

OPPO F3 series

oppo f3

Mengawali daftar ini ada OPPO F3 Series. Seperti yang kita ketahui, smartphone ini datang dengan dua seri, OPPO F3 dan OPPO F3 Plus. Bicara soal kamera, keduanya menggunakan jenis dan resolusi kamera yang sama persis, yakni dual-camera depan 16 MP dan 8 MP.

Lensa 16 MP dengan sudut pandang normal yang mampu menangkap objek seluas 78 derajat. Sementara lensa 8 MP memiliki wide-angle selebar 120 derajat sehingga cocok untuk foto beramai-ramai alias wefie. Kedua smartphone ini sedang digandrungi anak-anak muda saat ini, khususnya kalangan wanita. Hal ini juga didukung oleh Raisa dan Isyana sebagai ambassador. Harus diakui pesona kedua wanita ini sulit untuk ditolak.

Vivo V5 Plus

v5 plus

Ada OPPO pasti ada Vivo. Kita tahu keduanya sedang bersaing untuk menjadi raja smartpone selfie di Indonesia. Tak mau kalah dari OPPO F3 Plus, Vivo merilis Vivo V5 Plus dengan dual-camera selfie. Satu kamera beresolusi 20 MP untuk mengambil ketajaman objek dan satu kamera beresolusi 8 MP untuk mendeteksi kedalaman gambar.

Duet kamera depan ini mampu menghasilkan foto bokeh atau background blur secara dramatis. Untuk memasarkan produknya, Vivo juga mengajak beberapa artis ternama seperti Pevita Pearce, Afgan, Agnes Monica, dan masih banyak lainnya. Bahkan, Vivo sudah resmi menjadi sponsor resmi Piala Dunia 2018 dan 2022.

Infinix S2 Pro

s2 pro 1

Sebagai pendatang baru, mungkin namanya tak sebeken dua nama sebelumnya. Namun itu bukan alasan untuk memandang lemah smartphone ini. Pasalnya, Infinix S2 Pro datang dengan duo kamera depan, satu kamera beresolusi 13 MP dengan angle normal dan satu lensa beresolusi 8 MP dengan wide angle 135 derajat. Kamera depan ini juga dibekali LED flash untuk menangkap foto di area minim cahaya.

Bicara soal hasil jepretan, kameranya masih mampu bersaing dengan hasil jepretan OPPO F3. Malah, setelah membandingkan keduanya, kami menyimpulkan kamera depan Infinix S2 Pro memiliki rata-rata akurasi warna yang lebih baik ketimbang kamera OPPO F3. Selain itu, wide angle pada Infinix S2 Pro juga lebih lebar sehingga mampu mencakup area yang lebih luas.

Lenovo VIBE S1

vibes1

Smartphone ini sudah hadir sejak tahun 2015 lalu. Itu artinya, sebelum OPPO dan Vivo merilis dual-camera selfie, Lenovo sudah menghadirkan teknologi ini terlebih dahulu, walau dengan kemampuan yang ala kadarnya. Ya, Lenovo Vibe S1 memiliki dual-camera depan dengan resolusi 8 MP dan 2 MP.

Konfigurasi dual-camera ini mempu menganalisis kedalaman gambar layaknya kemampuan penglihatan pada manusia sehingga membuat hasil foto terlihat lebih tajam dan hidup. Namun, jika diadu dengan tiga kamera selfie sebelumnya, kami rasa kualitas jepretan dari Lenovo VIBE S1 sudah cukup tertinggal.

LG V10

lg v10

Sebelum fokus menghadirkan fitur dual-camera belakang pada smartphone-nya, ternyata LG lebih dulu menghadirkan dual-camera selfie pada LG V10 dan menjadikannya salah satu vendor pertama yang berhasil menyematkan dual-camera depan. Smartphone yang lahir tahun 2015 ini menggunakan dual-camera depan beresolusi 5 MP.

Jangkauan lensa LG V10 menjadi lebih luas, karena memiliki angle hingga 120 derajat yang cocok untuk foto selfie berjamaah. Namun, jika dibandingkan empat nama di atas, kami rasa kualitasnya ada pada daftar paling bawah.

(last edit: 22 June, 2017 / 1:52 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
39%
Mau
4%
Biasa Aja
51%
Payah!
7%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.