5 Smartphone dengan Desain Paling Sering Ditiru

Daya tarik utama dari sebuah smartphone terletak pada desainnya. Semakin kece desain yang disuguhkan, maka semakin besar pula ketertarikan calon pembeli untuk meminangnya. Senada dengan hal itu, produsen smartphone pun dituntut untuk selalu menghadirkan desain menarik.

Jelas, inovasi desain yang dilahirkan akan membawa banyak keuntungan bagi produsen smartphone itu sendiri. Bakal banyak pengguna yang tergoda dan tergila-gila untuk membeli produk garapannya.

Terkait dengan desain, faktanya ada dua tipe produsen smartphone di dunia ini. Tipe pertama adalah “trendsetter” dan tipe kedua adalah “follower”. Trendsetter bersusah payah menghadirkan inovasi baru, sementara follower membuntutinya dengan meniru desain yang telah ada.

Parahnya, tak hanya desain yang ditiru oleh produsen smartphone yang berada dalam lingkaran follower. Mereka juga tak malu-malu untuk meniru beragam fitur yang ada di dalam smartphone trendsetter.

Seperti halnya lima merek smartphone berikut ini. Berkat keunikan desain yang dibawanya, mereka kerap ditiru oleh merek lain. Lantas, siapa saja kelima smartphone tersebut? Berikut ulasannya hanya untuk Anda!

iPhone 7 & iPhone 7 Plus

iPhone 7

Di urutan pertama ada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Berbalutkan bodi metal, duo mantan flagship ini membawa desain yang cantik dan orisinil. Pada bagian depan terdapat layar berukuran 4, 7 inci (iPhone 7) atau 5, 5 inci (iPhone 7 Plus).

Tak hanya itu, smartphone milik Apple ini juga dilengkapi dengan tombol fisik Home yang sudah dibekali dengan teknologi keamanan Touch-ID. Pada bagian belakangnya, Apple telah menyisipkan dual-camera serta garis antena yang membentang di bagian atas dan bawah.

Memiliki desain yang begitu menawan dan sedap dipandang mata, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pun banyak ditiru oleh produsen smartphone lain. Sebut saja OnePlus lewat OnePlus 5 dan Xiaomi dengan perangkat terjangkaunya, Mi A1.

Tak hanya mereka berdua, produsen smartphone lainnya yang meniru duo iPhone lawas tersebut adalah OPPO R11, Ivvi V3, Gionee S10, UMIDIGI Z Pro, Vivo V5 Plus, ASUS ZenFone Zoom S, dan masih banyak yang lainnya.

iPhone 6

iPhone 6

Tak hanya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang ditiru, produk Apple lainnya yang mengalami hal serupa adalah iPhone 6. Memiliki desain yang juga cantik, iPhone 6 dikemas oleh Apple dengan desain yang kompak, yakni memiliki layar berukuran 4,7 inci.

Apple juga menyematkan fitur Touch-ID dan pada bagian belakangnya, iPhone 6 telah dilengkapi dengan dukungan satu kamera plus LED flash. Garis antena yang membentang juga menjadi ciri khas utama iPhone 6.

Dikemas ke dalam konsep desain yang cukup mewah, banyak produsen tetangga yang menjiplak desainnya. Beberapa produsen smartphone yang meniru iPhone 6 adalah Lenovo Sisley (S90), ZTE Blade 6, Xiaomi Mi Note Pro, OPPO F1 Plus, HTC One A9, dan sejumlah smartphone lainnya.

Xiaomi Mi MIX

Xiaomi Mi Mix

Di awal kemunculannya, Xiaomi Mi Mix berhasil menggemparkan jagat gadget berkat desain unik yang dibawa. Ya! Xiaomi Mi Mix mengadopsi layar lega berukuran 6,4 inci dengan bezel super tipis di sisi atas dan sampingnya.

Uniknya, bezel bawah smartphone ini dibiarkan tebal yang digunakan untuk meletakkan kamera depan. Lewat desain inilah, Xiaomi Mi Mix tampil beda dan nyentrik. Didukung hardware yang mumpuni, tak sedikit orang tergila-gila dengan smartphone ini.

Namun, beberapa bulan setelah dirilis, muncul sejumlah smartphone yang menjadi "kloningan" desain Mi MIX. Beberapa produsen smartphone tersebut adalah Ulefone Mix, Vernee Mix 2, Bluboo S1, Maze Alpha, dan kemungkinan besar masih ada beberapa produsen lainnya.

Samsung Galaxy S8 dan S8+

Samsung Galaxy S8

Guna meramaikan trend bezel-less, Samsung menghadirkan konsep desain bertajuk Infinity Display. Smartphone yang dikemas ke dalam konsep desain ini adalah Samsung Galaxy S8, Galaxy S8+, dan Galaxy Note 8.

Konsep Infinity Display mengacu pada layar melengkung dengan bezel super tipis di semua sisi. Samsung Galaxy S8 sendiri mengadopsi layar berukuran 5,8 inci, sementara Galaxy S8+ membawa ukuran 6,2 inci.

Keunikan lainnya, Samsung tidak lagi menyematkan tombol fisik Home di bagian depan. Mereka pun menempatkan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat, berdampingan dengan kamera utama.

Sangat jelas, membawa desain layar Infinity Display, tak sedikit pencinta gadget di banyak negara yang kepincut dengan Galaxy S8 dan S8+. Samsung akhirnya berhasil menciptakan sebuah smartphone flagship dengan desain menawan dan sedap dipandang mata.

Namun, tak kaget jika akhirnya duo Galaxy premium ini ditiru oleh sejumlah produsen smartphone lainnya. Sebut saja Ulefone yang menelurkan F2, dan ada juga Bluboo S8. Produsen lainnya adalah Cubot X18, Homton S8, serta Leagoo S8.

Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge

Rupanya tak hanya Galaxy S8 dan S8+ yang banyak ditiru. Smartphone buatan Samsung lainnya yang turut ditiru adalah Galaxy S7 Edge. Smartphone yang dirilis pada tahun 2016 ini menyajikan layar melengkung di sisi kiri dan kanannya.

Memiliki desain seperti itu, Samsung bisa dikatakan berhasil pada saat itu untuk menciptakan smartphone berkelas dan futuristik. Namun, keberhasilannya ini juga ditiru oleh produsen smartphone lain.

Smartphone yang memiliki desain mirip-mirip Galaxy S7 Edge adalah Xiaomi Mi Note 2, Bluboo Edge, dan Elephone S7. Tentu saja masih banyak smartphone lainnya yang meniri desain dari Galaxy S Series lawas ini.

(last edit: 1 December, 2017 / 3:44 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
71%
Mau
1%
Biasa Aja
10%
Payah!
18%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.