Connect with us
UX370-JOE
Featured

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Droidlime.com,

/

coding

Sebelumnya, Droidlime telah membagikan sederet aplikasi untuk belajar bahasa pemrograman dan tutorial coding. Melanjutkan ulasan tersebut, kini kami akan membagikan lima aplikasi text editor yang dapat Anda manfaatkan untuk menulis setiap baris code hingga menjadi sebuah program yang utuh.

Beberapa aplikasi text editor ini ada yang dirilis secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Lantas, apa saja software yang wajib ada pada komputer seorang programmer atau calon programmer? Berikut daftarnya.

Notepad++

notepad

Jika Anda mencari text editor yang bebas, gratis dan enteng, Notepad++ adalah jawaban yang tepat. Software ini menawarkan GUI yang sederhana dan menarik. Notepad++ dapat berjalan lancar di sistem operasi Windows dan mendukung sejumlah bahasa pemrograman.

Mulai dari Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, JavaScript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML dan masih banyak lainnya. Meski tampak sederhana, Notepad++ juga menyediakan beragam plugin khusus untuk mempermudah pekerjaan pengembang.

Sublime Text

sublime

Bagi Anda seorang web developer atau calon web developer seharusnya sudah familiar dengan text editor yang satu ini. Pasalnya, hampir sebagian besar programmer menggunakan text-editor ini untuk membangun sebuah website mulai dari bagian frontend (desain) hingga backend (sistem).

Warna hitam dan tulisan yang menyala jadi ciri khas utama text editor yang satu ini. Tak hanya tampak keren pada segi tampilan, Sublime juga menawarkan sejumlah fitur menarik seperti go to anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API.

Jika fitur tersebut masih kurang memadai, Sublime menyediakan segudang stock plugin yang dapat di-download dengan mudah. Text editor ini tersedia dalam dua versi, yakni berbayar dan gratis. Pastinya, versi berbayar menawarkan fitur yang jauh lebih lengkap.

Atom

atom

Serupa tapi beda dari Sublime, Atom adalah text editor buatan salah satu komunitas atau layanan kolaborasi antar programmer yakni GitHub. Text editor yang satu ini disebut-sebut bisa dimodifikasi dengan mengubah beberapa file konfigurasinya.

Ya! Text editor ini bersifat open-source yang tersedia untuk sistem operasi OS X, Linux dan Windows. Sama dengan text editor sebelumnya, Atom juga menyediakan beragam plugin tambahan yang dapat diunduh secara bebas dan gratis.

Light Table

light table

Text editor selanjutnya adalah Light Table. Terbentuk dari hasil penggalangan dana atau crowdfunding di Kickstarter, Light Table bisa disebut sebagai editor yang kekinian dan sangat inovatif.

Text editor ini menyediakan compiler khusus untuk mengetes kode yang ditulis oleh pengembang secara real-time. Selayaknya, text-editor lainnya, light table mendukung beragam bahasa pemrograman. Akan tetapi sebenarnya editor ini dikhususkan untuk bahasa Clojure, JavaScript, HTML dan CSS.

PhpStrom

phpstrom

Mungkin dari sederet text-editor diatas, Phpstrom adalah yang tercanggih. Text editor ini menyediakan beberapa fitur pintar seperti completion atau suggestion cerdas, navigasi cepat, pengecekan error, bahkan ada fitur yang menarik yaitu auto-saving dimana pengembang tidak perlu takut kehilangan data karena setiap mengalami perubahan, text editor ini langsung menyimpan secara otomatis.

Sesuai dengan namanya, text-editor ini sebenarnya memfokuskan diri untuk pengembangan web dengan menggunakan bahasa pemrograman dinamis yakni php. Namun untuk kegiatan front-end yakni mendesain web dengan bahasa html, css, sass, dan lain sebagainya juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Di balik kecanggihannya, text editor ini sedikit berat, bahkan penggunaan RAM-nya pun juga lebih besar. Selain itu, PhpStrom adalah aplikasi berbayar, dimana pengguna hanya diberikan waktu selama 30 hari untuk masa percobaan alias trial.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer