5 Rekomendasi Smartphone Tahan Air Ramah Kantong

Kasus rusaknya smartphone karena serangan air sudah tak terhitung lagi. Ya, air menjadi momok menakutkan bagi para pengguna smartphone. Pasalnya, serangan air mampu merusak seluruh komponen listrik sehingga smartphone tidak dapat dioperasikan kembali.

Namun, semenjak lahirnya teknologi tahan air khusus untuk smartphone, pengguna tak perlu khawatir lagi jika smartphone kesayangannya terkena air atau bahkan tanpa sengaja terjatuh ke dalam bak mandi atau kolam renang.

Sayangnya tak semua smartphone dibekali fitur tahan air tersebut. Kebanyakan fitur ini hanya disematkan pada smartphone flagship dengan harga yang mahal. Namun jangan khawatir, kami punya rekomendasi lima smartphone tahan air dengan harga terjangkau.

Sony Xperia M4 Aqua Dual

m4 aqua

Sony merupakan salah satu pionir smartphone tahan air. Produk terjangkau yang berhasil Sony buat adalah Xperia M4 Aqua Dual. Selayaknya smartphone tahan air, Sony Xperia M4 Aqual Dual dibekali fitur water resistant bersertifikasi IP68. Itu artinya, smartphone ini dapat menyelam di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sony Xperia M4 Aqua Dual memiliki ukuran layar 5 inci dengan bobot mencapai 135 gram. Tak hanya itu, smartphone ini juga dibekali kamera belakang beresolusi 13 MP dengan kualitas yang cukup baik.

Sementara untuk jeroan Sony Xperia M4 Aqua Dual diotaki prosesor Snapdragon 615 yang dipadukan dengan RAM 2 GB dan memori internal 8 GB. Dengan spesifikasi dan fitur yang diusung, Sony Xperia M4 Aqua Dual kini dijual dengan harga Rp2 jutaan.

Sony Xperia Z3 Compact

z3 compact

Sesuai dengan namanya, Sony Xperia Z3 Compact memiliki desain yang compact. Layarnya berukuran 4,6 inci dengan dimensi bodi 127,3 x 64,9 x 8,6 mm. Sama dengan Sony Xperia M4, smartphone ini juga dibekali fitur tahan air bersertifikasi IP68.

Tak hanya tahan terhadap serangan air, smartphone ini memiliki jeroan yang lebih baik, di antaranya CPU Snapdragon 801, RAM 2 GB, dan storage 16 GB. Sementara untuk menunjang kegiatan fotografi, Sony Xperia Z3 Compact punya kamera 20,7 MP dengan bukaan f/2.0. Saat ini Anda dapat membeli Sony Xperia Z3 Compact (bekas) dengan harga Rp2 jutaan.

Samsung Galaxy A3 (2017)

a3 2017

Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan fitur tahan air pada smartphone kelas menengah. Ya, smartphone keluaran tahun 2017 ini mengusung fitur tahan air dengan sertifikasi IP68. Pada bagian depan, pengguna dimanjakan dengan layar Super AMOLED berukuran 4,7 inci.

Sementara untuk dapur pacu, Samsung Galaxy A3 membawa CPU Exynos 7870 yang ditunjang RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Tak hanya itu saja, Samsung Galaxy A3 juga memiliki kamera belakang beresolusi 13 MP dengan kualitas yang cukup mumpuni. Soal harga, Samsung Galaxy A3 dibanderol dengan harga kisaran Rp3 jutaan.

Samsung Galaxy A5 (2017)

a5 2017

Selanjutnya ada saudara kandung dari Samsung Galaxy A3 (2017), yakni Samsung Galaxy A5 (2017). Smartphone ini juga tahan terhadap serangan air karena sudah bersertifikasi IP68. Lebih mahal dari Samsung Galaxy A3, smartphone ini mengusung layar Super AMOLED 5, 2 inci.

Sementara untuk menunjang performanya, Samsung Galaxy A5 ditunjang CPU Exynos 7880 yang ditemani RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Sedangkan untuk kamera, Samsung Galaxy A5 memiliki kamera depan dan kamera belakang beresolusi 16 MP dengan bukaan f/1.9. Adapun harganya sedikit di atas Galaxy A3 (2017), yakni Rp4 jutaan.

AGM A8

agm a8

Mungkin Anda tidak begitu familiar dengan smartphone ini. Namun, sejatinya smartphone ini didesain khusus bagi Anda yang sering melakukan hal-hal berbau ekstrem. Pasalnya, AGM A8 sudah dibekali fitur tahan air bersertifikasi IP68. Tak hanya itu, bodinya juga dibekali pelindung karet di sekujur bodinya sehingga aman dari benturan maupun bantingan.

Untuk sisi dapur pacu, AGM A8 punya jeroan yang masih lumayan oke untuk saat ini. CPU Snapdragon 410, RAM 3 GB, storage 32 GB, dan baterai 4.050 mAh masih bisa meladeni aplikasi terbaru Android saat ini. Apalagi jika hanya untuk kebutuhan media sosial.

Namun karena ini adalah smartphone yang dirancang untuk pencinta alam yang akrab dengan alam, jadi kamera depan mungkin tidak jadi keunggulannya. Ya, kamera utama AGM A8 memang lumayan dengan resolusi 13 MP. Tapi kamera depannya hanya beresolusi 2 MP saja. Jika berminat membelinya, AGM A8 dijual Rp3 jutaan di e-commerce lokal tanah air.

(last edit: 13 August, 2017 / 6:45 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
6%
Biasa Aja
10%
Payah!
10%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.