5 Rekomendasi Smartphone Mantan Flagship di Bawah Rp5 Juta

Ingin merasakan sensasi smartphone flagship tapi belum punya dana yang cukup? Jangan khawatir, Anda bukan satu-satunya yang merasa demikian. Ada banyak orang di luar sana yang mengalami hal serupa.

Seperti yang kita ketahui, setiap vendor smartphone selalu merilis produk flagship setiap tahunnya. Itu artinya, ada smartphone flagship baru dan adapula smartphone flagship lama alias mantan flagship. Tentu dengan status ‘mantan’ tentunya bakal mengurangi harga jualnya.

Karenanya, smartphone flagship yang awalnya mahal, kini menjadi lebih ramah di kantong. Langsung saja, berikut ini adalah lima smartphone mantan flagship dengan harga di bawah Rp5 juta yang bisa Anda incar.

Samsung Galaxy S6 Edge

s6 edge

Samsung Galaxy S6 Edge sudah rilis sejak dua tahun yang lalu, lebih tepatnya pada bulan Maret 2015. Meski begitu, performanya masih layak untuk dipertimbangkan. Datang dengan layar lengkung Super AMOLED 5,1 inci, Samsung Galaxy S6 Edge memiliki keunikan tersendiri. Desain unik inilah yang membuatnya bertahan hingga saat ini. Tak cuma cantik di sisi desain, Samsung Galaxy S6 Edge juga dibekali dapur pacu yang cukup powerfull.

Beberapa di antaranya adalah SoC Exynos 7420, RAM 3 GB, dan pilihan memori internal 32 GB, 64, GBatau 128 GB. Dapur pacu ini ditunjang pula dengan baterai berkapasitas 2.600 mAh. Sementara untuk sisi kamera, Samsung Galaxy S6 Edge menggunakan kamera 16 MP lengkap dengan OIS. Sedangakan kamera depannya beresolusi 5 MP dengan kualitas yang cukup baik.

Selain itu, Samsung juga dibekali fitur fingerprint yang tertanam pada tombol fisik Home serta adapula fitur tahan air dan debu berserfitikasi IP67. Di tahun 2017 ini Anda dapat membeli Samsung Galaxy S6 Edge second dengan harga kisaran Rp3-4 jutaan.

Sony Xperia Z5

z5

Sony Xperia Z5 jadi alternatif berikutnya. Smartphone yang juga rilis di tahun 2015 ini menawarkan fitur-fitur yang tak kalah menarik. Sony Xperia Z5 menggunakan layar IPS LCD berukuran 5,2 inci dengan kerapatan hingga 478 ppi. Desainnya tidak berbeda jauh dengan smartphone Sony yang lahir di tahun 2017. Sepertinya Sony masih enggan meninggalkan konsep lamanya.

Sony Xperia Z5 sejatinya lebih menonjolkan kemampuan kameranya. Ya, smartphone ini memiliki kamera belakang beresolusi 23 MP dengan bukaan f/2.0. Sementara kamera depannya 5,1 MP dengan bukaan f/2.4. Bicara soal jeroan, Sony Xperia Z5 diotaki Snapdragon 810 yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Pada sisi daya, Sony Xperia Z5 dibekali baterai non-removable berkapasitas 2.900 mAh lengkap dengan fitur fast charging. Tak hanya itu saja, selayaknya smartphone buatan Sony, Xperia Z5 menawarkan fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP68. Saat ini Anda dapat membeli Sony Xperia Z5 second dengan harga sekitar Rp3-4 jutaan.

Xiaomi Mi 5

mi5

Smartphone flagship keluaran terbaru Xiaomi biasanya sudah terbilang ramah kantong, apalagi untuk yang berstatus mantan flagship seperti Mi 5. Smartphone ini bisa dijadikan opsi jika Anda adalah seorang Mi Fans. Mi 5 punya bodi compact dengan layar 5,1 inci. Namun bodinya tidak terlalu kuat sehingga penggunaan casing sangat disarankan.

Dibanding Galaxy S6 Edge, jeroan yang dibawa Mi 5 lebih menggiurkan. Sebut saja SoC Snapdragon 820 yang ditunjang RAM 3 atau 4 GB. Sektor kamera juga tidak malu-maluin. Xiaomi membekali Mi 5 dengan kamera utama 16 MP f/2.0 serta kamera depan 4 MP.

Sekadar saran, jika memang ingin membeli Mi 5, ada baiknya untuk memilih varian berwarna hitam karena bagian depannya juga berwarna hitam. Dengan begitu mata Anda tidak akan terganggu dengan border hitam yang ada di dalam layarnya karena akan terlihat samar dengan warna bezel-nya. Saat ini Xiaomi Mi 5 kondisi baru bisa dibeli diharga Rp2 jutaan.

LG G5

lgg5

Smartphone yang satu ini sedikit lebih muda dari Galaxy S6 Edge maupun Xperia Z5. Ya, LG G5 resmi meluncur pada Februari 2016 lalu. Smartphone ini membawa konsep desain modular dimana pengguna diberikan kebebasan untuk mengganti komponen smartphone.

LG G5 memiliki layar IPS LCD berukuran 5,3 inci dengan kerapatan layar hingga 554 ppi. Sementara untuk dapur pacu, LG G5 memiliki chipset yang kuat, yakni Snapdragon 820, RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Spesifikasi seperti ini tentu masih mampu menangani segala kebutuhan di tahun 2017.

Sementara untuk menunjang performanya, LG menanamkan baterai 2.800 mAh pada LG G5. Baterai ini juga sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat, Quick Charge 2.0. Sedangkan untuk kamera, LG G5 membawa dual-camera belakang, satu lensa beresolusi 16 MP dan satu lensa lagi beresolusi 8 MP (wide-angle) dengan kualitas yang sangat baik. Versi second LG G5 dijual Rp4 jutaan.

iPhone 6

iphone6

Nama beken Apple sepertinya jadi alasan utama mengapa iPhone 6 masih layak digunakan hingga tahun 2017 ini. Rilis sejak tahun 2014 lalu, iPhone 6 memiliki performa dan fitur yang mantap. iPhone 6 membawa layar IPS berukuran 4,7 inci dengan ketajaman yang sangat baik. Pada sisi dapur pacu, iPhone 6 menggunakan SoC Apple A8, RAM 1 GB, pilihan memori internal 16 GB, 32 GB, 64 GB, atau 128 GB serta baterai berkapasitas 1.810 mAh.

Spesifikasi yang terkesan cupu jika dibandingkan smartphone Android. Namun seperti yang kita tahu, tingkat efisiensi serta efektivitas dari smartphone berlogo Apple jauh lebih baik dibanding Android, sehinga dengan spesifikasi semacam ini, iPhone 6 masih sanggup meladeni aplikasi-aplikasi berat hingga tahun 2017 atau bahkan tahun 2018 mendatang.

Sedangkan untuk urusan kamera, iPhone 6 menyematkan kamera belakang beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2 serta kamera depan 1,2 MP dengan bukaan f/2.2. Untuk saat ini, Anda dapat membeli iPhone 6 dengan harga dicbawah Rp5 juta untuk varian 16 GB.

(last edit: 16 September, 2017 / 9:07 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
41%
Mau
17%
Biasa Aja
9%
Payah!
34%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.