5 Vendor Pencetus Smartphone Android Murah di Indonesia

Di era gadget seperti sekarang ini, smartphone bukanlah barang yang mewah. Tua, muda, kaya, miskin, semua orang memilikinya. Karena memang seiring dengan berkembangnya teknologi smartphone, banyak vendor berlomba-lomba merilis smartphone dengan berbagai kelebihan yang diusung, salah satunya adalah harga murah.

Seperti lima vendor yang akan kita bahas kali ini. Mereka dikenal sebagai vendor penyedia smartphone murah meriah. Perlu diingat, vendor atau merek yang ada dalam daftar ini adalah yang sudah resmi di Indonesia (memenuhi TKDN). Penasaran vendor apa saja yang kami maksud? Berikut informasinya.

Xiaomi

smartphone xiaomi

Siapa lagi kalau bukan Xiaomi? Ya, hingga saat ini Xiaomi konsisten untuk mendatangkan smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang relatif murah. Mungkin itulah cara Xiaomi untuk dapat bersaing dengan vendor besar seperti Samsung atau rival senegaranya, Huawei. Jika Anda ingat, smartphone pertama milik Xiaomi yang masuk ke pasaran Indonesia adalah Xiaomi Redmi 1s yang kala itu dijual dengan harga Rp1,6 juta saja.

ASUS

asus

Selanjutnya ada ASUS. Di Indonesia sendiri, namanya lebih dulu bersinar ketimbang Xiaomi. Sama seperti Xiaomi, ASUS juga sering merilis smartphone dengan harga yang miring dan terjangkau. Disaat banyak vendor mengeluarkan smartphone entry-level di atas Rp3 jutaan, ASUS malah menjual ZenFone 4 atau 5 di bawah Rp2 juta. Dan saat ini ASUS masih memiliki banyak smartphone murah seperti ZenFone GO, ZenFone Max, dan menyusul ZenFone Live.

Meizu

meizu

Vendor asal Cina ini juga terkenal dengan produk-produk murahnya. Di Indonesia namanya mungkin belum setenar ASUS ataupun Xiaomi. Namun secara kualitas Meizu tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dari rilisnya Meizu M5 Note. Seperti yang telah kami ulas, Meizu M5 Note ini memiliki dapur pacu yang buas dan dijual dengan harga Rp2 jutaan saja. Cukup murah kan? So, jika ingin membeli smartphone baru, Meizu bisa masuk kedalam daftar pilihan Anda.

Vivo

vivo

Namanya mulai terkenal di Indonesia berkat teknologi kamera depan yang diusung, mereka menyebutnya “perfect selfie”. Walau sudah cukup terkenal dan berhasil memikat hati banyak orang Indonesia, Vivo masih setia untuk menghadirkan smartphone dengan harga yang murah dibanding vendor pesaingnya, seperti OPPO yang baru saja merilis OPPO F3 Plus dengan harga Rp6 jutaan. Lalu apakah Vivo akan terus merilis smartphone dengan harga murah? Kita nantikan saja.

Lenovo

smartphone lenovo

Untuk menutup daftar ini ada Lenovo. Brand ini begitu populer di Indonesia berkat produk-produk murah yang dihasilkan seperti laptop ataupun smartphone. Setelah berhasil mengakuisi Motorola sepertinya Lenovo menaruh smartphone premium di merek Motorola sedangkan smartphone bermerek Lenovo dikhususkan untuk smartphone murah meriah. Contohnya seperti Lenovo A series.

(last edit: 7 August, 2017 / 3:37 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
43%
Mau
5%
Biasa Aja
9%
Payah!
47%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.