5 Merek Smartphone Terlaris di Indonesia Q3 2016

Kuartal keempat tahun 2016 segera berakhir. Sementara itu, IDC selaku lembaga riset pasar Indonesia belum lama ini merilis data penjualan smartphone di Indonesia selama kurun waktu kuartal ketiga 2016. Dan seperti yang sudah bisa ditebak, nama Samsung masih bertengger di puncak sebagai smartphone terlaris.

Keberhasilan Samsung ini tak lain karena adanya seri Galaxy J yang diwakili oleh Galaxy J5 dan J7. Kedua smartphone tersebut ada di kisaran harga Rp3 jutaan. Belum lagi, Samsung juga sangat gencar beriklan, baik di TV maupun di ranah online. Tepat di bawah Samsung ada nama OPPO yang sukses menjadi “rising star” tahun ini.

idc 2016

Market share OPPO (16,7 persen) mencapai setengah dari yang diraih Samsung (32,2 persen). Kesuksesan produsen asal Cina tersebut tak lepas dari jajaran smartphone selfie buatannya, mulai dari OPPO A37, OPPO F1, OPPO F1s, OPPO F1 Plus, belum ditambah OPPO Raisa Phone yang baru dirilis pertengahan Desember kemarin.

Selanjutnya di peringkat ketiga hingga keenam masing-masing ditempati oleh ASUS (8,2 persen), Advan (6 persen), Smartfren (5,7 persen), dan Lenovo (5,7 persen). Market share ASUS tahun ini tetap terjaga karena adanya lini ZenFone 3 serta ZenFone GO yang terus diperbarui. Sementara Advan dan Smartfren memang sangat unggul di daerah-daerah karena menawarkan harga yang sangat ramah kantong.

Menariknya tidak ada nama Xiaomi dalam daftar ini, padahal Xiaomi adalah salah satu merek paling populer di tanah air. Penyebabnya tentu saja karena penjualan smartphone Xiaomi yang tidak resmi sehingga tidak dicatat oleh IDC. Xiaomi sendiri kabarnya akan mulai menjual smartphone 4G secara resmi di tahun 2017 mendatang dengan menggandeng Erajaya.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
52%
Mau
9%
Biasa Aja
33%
Payah!
6%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.