Connect with us
FA506_2024
Fitur

5 Merek Smartphone Paling Royal di Indonesia Saat Ini

Updated

Jumlah populasi penduduk yang begitu tinggi serta predikat sebagai salah satu negara berkembang membuat Indonesia jadi pasar yang sangat potensial. Bukan hanya produk yang bersifat universal, tapi juga yang lebih segmented seperti smartphone.

Hal ini bisa dibuktikan dengan begitu banyaknya merek-merek ponsel non lokal yang berdatangan dan mencoba peruntungannya di tanah air. Bahkan sebagian besar dari mereka adalah perusahaan asal Cina yang berhasil merepotkan merek-merek besar seperti Samsung atau Lenovo. Kehadirannya bukan saja sebagai pemanis, tapi berhasil menjelma jadi merek yang patut diperhitungkan karena loyal dalam menggelontorkan dana untuk beriklan.

OPPO

oppo-iklan

Baru tiga tahun hadir di Indonesia, OPPO berhasil menyodok posisi tiga besar smartphone terlaris. Bahkan di negara asalnya, Cina, OPPO sukses menyalip Xiaomi dan Samsung. Kesuksesan yang diraih OPPO tak lepas dari jajaran smartphone Selfie Expert yang diluncurkannya.

Selain pas dengan tren selfie yang sedang marak, OPPO juga agresif menggaet sosok ternama di Indonesia, seperti Ayu Ting-Ting, Raisa, Isyana Sarasvati, Chelsea Islan, Reza Rahadian, dan yang lainnya. Bukan cuma itu, OPPO juga loyal beriklan di beberapa stasiun TV swasta nasional, seperti SCTV dan NET TV. Nama OPPO juga sering muncul di malam hari saat jam tayang prime time sehingga mendongkrak popularitasnya.

Vivo

vivo-iklan

Bisa dibilang mirip seperti OPPO, Vivo yang juga berasal dari Cina sangat royal menggelontorkan dana segar untuk promosi. Sebelumnya Vivo pernah beriklan dalam film Captain America melalui smartphone Vivo Xplay 5. Kini Vivo semakin serius menggarap pasar Indonesia dengan menggaet Agnez Mo sebagai brand ambassador.

Baru-baru ini, Vivo kembali eksis dengan merilis smartphone selfie berkamera 20 MP pertama di dunia. Acara ini digelar di Ritz Carlton, Jakarta, dengan mengundang Agnez Mo beserta beberapa influencer ternama seperti Raditya Dika, Awkarin, Gaga Muhammad, dan yang lainnya.

Sehari setelah acara peluncurannya, Vivo V5 pun sudah akrab di mata karena sangat sering muncul dalam bentuk iklan di beberapa TV swasta nasional. Ya, iklan Vivo V5 yang dibintangi oleh Agnez Mo tersebut bisa muncul lebih dari tiga kali sehari yang tentunya membutuhkan kucuran dana yang tidak sedikit.

Coolpad

iklan-coolpad

Nama Coolpad memang tidak setenar OPPO dan Vivo. Wajar saja karena Coolpad datang paling belakangan dan sedang membangun eksistensinya di Indonesia. Tapi langkah yang diambil oleh Coolpad tergolong berani. Selain sudah memiliki kantor dan merekrut banyak pegawai, Coolpad juga sukses menggelar acara peluncuran smartphone flagship-nya.

Acara tersebut diadakan di Ritz Carlton Jakarta, mengundang Chicco Jerikho yang bertugas sebagai brand ambassador untuk smartphone Coolpad Max dan Coolpad Max Lite. Setelah peluncurannya, Coolpad pun kembali menggelontorkan dana yang lumayan untuk eksis di salah satu acara TV, yakni Kuis Super Family 100 di ANTV.

Luna

iklan-luna

Nama Luna belum banyak dikenal, termasuk di Indonesia. Tapi sejatinya merek satu ini sudah berhasil mencuri perhatian di Korea dengan penjualan yang katanya melebihi iPhone. Buat yang belum tahu, Luna adalah smartphone ciptaan Foxconn yang disebut sebagai smartphone Android rasa iPhone.

Anggapan tersebut tergolong wajar karena Foxconn sendiri adalah pabrikan yang berpengalaman menciptakan banyak produk ternama, seperti Xbox dan iPhone. Nah, tidak mau menyia-nyiakan peluang emas di Indonesia, merek satu ini akhirnya resmi menginjakkan kaki di tanah air.

Bukan hanya acara peluncurannya yang cukup mewah yang bertempat di Hotel Ritz Carlton dengan mengundang Geisha, Luna juga aktif eksis di layar kaca. Bahkan sejak peluncurannya 7 November lalu hingga saat ini, iklan Luna masih saja sering nongol di hampir seluruh TV swasta di Indonesia.

ASUS

iklan-asus

Di antara empat smartphone Cina yang sudah disebutkan di atas, terselip satu merek asal Taiwan yang sudah sangat dikenal, apalagi kalau bukan ASUS. Pada awal kiprahnya di industri smartphone, ASUS belum banyak menggelontorkan uang untuk promosi. Tapi kini ASUS sudah lebih royal.

Setelah meraih sukses lewat lini ZenFone, ASUS kerap mengadakan acara peluncuran ZenFone terbaru dengan begitu megah tiap tahunnya. Terakhir, saat merilis ZenFone 3, ASUS mengundang seluruh media di Indonesia menghadiri acara peluncurannya di Nusa Dua, Bali.

ASUS juga resmi menunjuk dua nama beken di tanah air, yakni Bunga Citra Lestari dan Joe Taslim sebagai brand ambassador sekaligus menjadi bintang iklan komersial ZenFone 3 di TV nasional. Selain itu, ASUS juga eksis di layar kaca berbagi informasi seputar teknologi dan produk terbarunya dalam acara Techno Lounge di Metro TV yang rutin ditayangkan setiap minggunya.

Setelah melihat eksistensi kelima merek smartphone tersebut, mana yang menurut Anda paling royal dalam beriklan? Dan merek manakah yang paling efektif dalam beriklan? Berikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ya!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer