5 Merek Smartphone Paling Laris Tahun 2015

Terkadang, menyaksikan persaingan penjualan smartphone terasa lebih seru daripada menonton big match sepakbola klub kesayangan. Banyak usaha yang mereka lakukan demi menjadi yang terbaik dan paling laris. Tak jarang mereka saling menjatuhkan satu sama lain.

Dalam persaingan tersebut, khususnya pada periode kuartal kedua hingga kuartal ketiga tahun 2015, ada lima nama yang menjadi merek smartphone paling laris secara global. Mereka adalah Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, dan Lenovo.

shipment trendforce

Samsung berhasil memimpin klasemen sementara penjualan smartphone tahun ini dengan market share 24,6 persen, disusul Apple dengan market share setengahnya, 13, 7 persen. Keunggulan Samsung tak luput dari banyaknya varian smartphone unggulan yang dirilis, seperti yang terbaru adalah Samsung Galaxy S6 edge+ dan Samsung Galaxy Note 5. Sedangkan Apple baru saja memulai gebrakan dengan memasarkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus awal Oktober ini.

Yang cukup menarik adalah adanya tiga produsen smartphone asal Cina. Huawei, Xiaomi, dan Lenovo, masing-masing berada di peringkat ketiga, keempat dan kelima. Huawei memiliki market share 8,4 persen diikuti Xiaomi danLenovo dengan angka yang sama, 5,7 persen.

(last edit: 15 October, 2015 / 9:53 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
68%
Mau
5%
Biasa Aja
20%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.