5 Langkah Sukses Klaim Garansi Smartphone

Now Reading
5 Langkah Sukses Klaim Garansi Smartphone

Setiap pengguna smartphone pasti menginginkan smartphone yang digunakan terus awet dan bisa berfungsi normal selamanya. Namun terkadang harapan tersebut tidak bisa tercapai karena pada akhirnya smartphone mengalami kerusakan. Kerusakan pada smartphone dan perangkat elektronik lainnya adalah hal yang lumrah karena komponen di dalamnya dibuat menggunakan mesin dan memiliki umur pemakaian yang terbatas.

Jika sewaktu-waktu smartphone yang Anda gunakan mengalami kerusakan, jangan panik! Anda masih bisa memperbaikinya dengan membawanya ke service center resmi dari masing-masing merek smartphone. Agar proses klaim garansi dan perbaikan berjalan lebih lancar, ikuti lima langkah berikut ini.

Siapkan dokumen pendukung

kartu-garansi

Pentingnya membeli smartphone bergaransi resmi adalah adanya kemudahan melakukan klaim garansi ketika smartphone mengalami kerusakan. Anda bisa menyiapkan kartu garansi atau nota pembelian asli untuk melakukan klaim garansi. Apabila keduanya tidak ada, Anda tetap bisa mendapatkan hak klaim garansi karena biasanya masa garansi smartphone bisa dicek melalui serial number atau IMEI.

Bagi Anda yang memiliki smartphone black market atau bergaransi internasional, terkadang masih bisa membawa smartphone yang rusak ke service center resmi. Namun Anda akan dikenakan biaya tertentu seperti jasa servis dan biaya pembelian spare part atau komponen.

Aadukan keluhan via media sosial dan email

pebble-help

Salah satu cara paling cepat untuk mengadu seputar kerusakan smartphone yakni melalui media sosial. Anda bisa menulis melalui Facebook atau Twitter resmi masing-masing produsen smartphone yang Anda gunakan. Pasalnya, media sosial seperti Twitter atau Facebook selalu aktif dan senantiasa dipantau setiap harinya sehingga Anda bisa mendapat jawaban lebih cepat. Namun perlu diingat, sampaikan keluhan atau pertanyaan dengan cara yang sopan.

Langkah penting selanjutnya adalah mengadukan keluhan kerusakan menggunakan email. Setiap produsen smartphone pasti memiliki email resmi untuk menangani hal ini. Sampaikan kronologi kerusakan secara detail dan jelas agar mudah dipahami. Mengadukan keluhan via media sosial dan email penting dilakukan dan sangat berguna agar setiap proses klaim garansi tercatat dengan rapi. Jika sewaktu-waktu proses klaim garansi terhambat atau tidak sesuai harapan, Anda sudah memiliki bukti tertulis untuk dijadikan pegangan.

Hubungi langsung via telepon

cust-care

Kalau sudah mengadukan keluhan menggunakan media sosial dan email, ada baiknya juga menanyakan hal serupa via telepon. Langkah ini bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana cara memroses klaim garansi serta mengetahui alamat service center resmi dari masing-masing merek smartphone dengan cepat dan jelas.

Kirim langsung ke service center resmi

service-center-samsung

Mengembalikan smartphone yang rusak ke toko tempat membeli biasanya lumrah dilakukan ketika terjadi kerusakan. Toko tersebut nantinya yang akan membawa smartphone yang rusak ke service center resmi. Namun tak jarang hal ini justru malah memperlambat proses klaim garansi karena ada saja toko yang “nakal”.

Jika memungkinkan, ada baiknya untuk langsung membawa atau mengirim smartphone yang rusak ke service center resmi. Jika tinggal di luar kota, Anda bisa membawanya ke cabang service center yang telah ditunjuk secara resmi oleh masing-masing produsen smartphone yang ada di kota tempat Anda tinggal.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli iPhone 7

Pantau proses perbaikan hingga selesai

Setelah smartphone diterima oleh service center resmi, pastikan untuk terus memantau proses perbaikan yang dilakukan. Pastikan berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki smartphone yang rusak. Jika melewati waktu yang ditentukan, jangan ragu untuk menanyakan proses perbaikan via telepon, media sosial, dan email. Sekali lagi, tanyakan dengan cara yang ramah dan sopan.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
71%
Mau
9%
Biasa Aja
15%
Payah!
6%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.

Leave a Response