5 Hal yang Wajib Diketahui dari BlackBerry Priv

BlackBerry Priv bisa saja menjadi smartphone Android yang paling ditunggu karena bikin penasaran banyak orang. Bagaimana tidak, Priv bukannya menggunakan sistem operasi BlackBerry 10, justru malah menggunakan sistem operasi Android. Untuk Anda yang masih penasaran dengan smartphone ini, berikut lima fakta mengenai BlackBerry Priv yang wajib Anda ketahui.

Android pertama BlackBerry

priv-display

Belum pernah ada dalam sejarah BlackBerry menciptakan smartphone dengan sistem operasi selain BlackBerry OS. Melalui BlackBerry Priv, BlackBerry mencoba melanggar tradisi tersebut atau bisa juga dikatakan melepas harga dirinya dengan memilih menggunakan OS Android. Nantinya BlackBerry Priv akan menggunakan Android 5.1 dan langsung bisa menjalankan aplikasi dan game Android layaknya smartphone Android pada umumnya.

Asal nama BlackBerry Priv

priv-keyboard

Nama Priv yang dipilih BlackBerry terdengar cukup unik dan tidak biasa. Ternyata, nama Priv diambil dari kata privilege dan privacy. CEO BlackBerry, John Chen, mengatakan bahwa BlackBerry Priv adalah smartphone berbasis Android dengan fasilitas keamanan dari BlackBerry yang terkenal sulit ditembus. Ia menjamin, kolaborasi OS Android dan sistem keamanan BlackBerry akan menjadikan Priv smartphone yang sangat aman digunakan.

Asa terakhir BlackBerry

priv-kamera

Bagi John Chen, Priv bagaikan perjudian terakhir yang bisa dilakukan oleh BlackBerry dalam menyelamatkan divisi hardware perusahaan asal Kanada tersebut. Setiap tahunnya, BlackBerry setidaknya harus menjual lima juta smartphone agar bisa terus bernafas. Jika Priv tidak bisa menarik minat para pengguna gadget, besar kemungkinan smartphone ini adalah produk terakhir BlackBerry.

Bersaing di kelas atas

BlackBerry Priv layak bersaing dengan smartphone Android kelas atas seperti LG G4, Samsung Galaxy S6, dan yang lainnya. BlackBerry Priv mengandalkan prosesor hexa-core Qualcomm Snapdragon 808, RAM 3 GB, dan storage 32 GB. Layarnya berdimensi 5,4 inci dengan resolusi 2.560 x 1.440 piksel. Tak ketinggalan, keyboard fisik khas BlackBerry dengan sistem sliding juga bisa digunakan untuk kenyamanan ekstra saat mengetik.

foto-priv-01

Dari sisi kamera, smartphone ini juga tak kalah mengerikan. Kamera utamanya beresolusi 18 MP, salah satu yang tertinggi di platform Android. Tak hanya beresolusi tinggi, kamera tersebut dirancang menggunakan lensa Schneider-Kreuznach lengkap dengan fitur optical image stabilizer. Kameranya juga sanggup merekam video 4K. Hasil fotonya seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, terlihat sangat jernih.

Harga dan tanggal rilis

priv-harga

Jika ingin mencuri hati dan perhatian para penggemar Android, ada baiknya BlackBerry menciptakan smartphone dengan harga ramah kantong. Sayangnya tidak demikian dengan BlackBerry Priv. Segala kemewahan spesifikasinya rumornya bisa ditebus dengan dana tak kurang dari Rp8 juta. Kemungkinan smartphone dengan bodi kokoh ini bakal diperkenalkan secara resmi pada bulan November 2015.

(last edit: 13 October, 2015 / 9:24 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
61%
Mau
12%
Biasa Aja
10%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.