Connect with us
ROG GL504
Sony Sony 560x600
Featured

5 Hal Paling Ditunggu dari PlayStation 5

Sony telah menelurkan Playstation 4 pada tahun 2013 lalu. Artinya, konsol game ini telah berumur 5 tahun. Tentu saja, kehadiran generasi selanjutnya sangat ditunggu-tunggu.

Published
Vivo V11 Pro

Bicara soal konsol game, tentu Sony menjadi nama pertama yang tersirat dalam pikiran kita. Jika tidak berpikir demikian, kemungkinan besar kalian adalah fans berat Xbox atau Nintendo atau bahkan kalian tinggal di planet Mars.

Pasalnya, sejak tahun 1995 raksasa elektronik asal Jepang tersebut terbilang giat untuk merakit perangkat gaming. Berbicara soal PlayStation (PS), Sony pun hingga saat ini telah menelurkan empat generasi, yakni PS 1, PS 2, PS 3, dan yang terakhir PS 4.

Hingga saat ini, kami menilai fitur dan performa konsol game besutan Sony ini belum tersaingi. Lantas, apa yang membuat Sony begitu konsisten dalam mempertahankan kualitasnya? Pastinya, mereka terus berinovasi dan memperbaiki performa seiring berkembangnya perangkat-perangkat teknologi pendukung.

Bahkan dalam kurun waktu empat tahun ini, kita telah dimanjakan dengan kualitas PS 4. Lalu, bagaimana dengan seri berikutnya, yakni PlayStation 5 yang gosipnya akan segera meluncur? Berikut ini beberapa hal yang wajib kalian ketahui tentang PS 5.

Waktu rilis dan harga

Fans militan PlayStation berharap besar bahwa konsol game terbaru besutan Sony ini bisa hadir dalam waktu yang lebih cepat. Wajar jika mereka berharap mengenai hal itu, pasalnya PS 4 sudah dirilis sejak tahun 2013 lalu. Artinya, PS 4 sudah berumur empat tahun.

“Kapan?” Itulah pertanyaan terbesar yang muncul dalam benak kita. Dalam beberapa kesempatan, CEO and President of Sony Interactive Entertainment Inc. John Kodera menyebutkan sekaligus memprediksi bahwa PS 5 akan dirilis tiga tahun mendatang atau lebih tepatnya pada tahun 2021.

Sedikit berbeda, laporan Wccftech justru menyebutkan bahwa AMD telah bekerjasama dengan Navi GPU untuk perilisan PS 5 pada tahun 2020 nanti. Namun, kami rasa pernyataan yang keluar dari mulut petinggi Sony tersebut sangat realistis.

Soal harga, Sony selalu mematok harga yang konsisten. PS 4 saat baru meluncur dijual seharga US$399 atau sekitar Rp5 juta. Besar kemungkinan Sony ingin kembali mengulangi sukses yang sama dan oleh karena itu, PS 5 diperkirakan akan dipatok dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan PS 4.

Dukungan 4K

QLED TV

Tentu saja, grafis alias tampilan merupakan bagian paling krusial dalam sebuah game. Senada dengan hal itu, sudah bisa dipastikan Sony akan meningkatkan kemampuan kualitas grafis yang ada pada PS 5. Setidaknya, Sony akan meningkatkan kualitas grafis hingga resolusi tertinggi saat ini, yakni 4K.

Bisa dibilang, ketika Sony meningkatkan kemampuan grafis konsol game terbarunya itu, perangkat pendukung seperti TV juga sudah banyak beredar di pasaran. Sebut saja Samsung atau Sony sendiri yang sudah banyak merilis TV dengan resolusi 4K.

Sony memang sudah merilis PS 4 Pro yang juga menawarkan resolusi grafis 4K. Namun, pada kenyataannya hal ini malah mengorbankan kinerja dan performa PS 4 Pro itu sendiri sehingga sering terjadi masalah, bahkan lag.

Terkait dengan masalah tersebut, sudah barang tentu Sony akan meningkatkan kemampuan grafis 4K yang disematkan. Dengan begitu, pengguna diharapkan tidak akan lagi menemukan masalah serupa yang ada pada PS 4 Pro.

Virtual reality lebih nyata

PS VR

Sony merupakan produsen konsol game pertama yang berani menggabungkan produknya dengan teknologi virtual reality (VR). Itu sebabnya, Sony merilis PS VR guna memanjakan para pengguna dengan tampilan yang realistis, seperti dalam kehidupan nyata.

Pada dasarnya, PS 4 telah mendukung perangkat tambahan PlayStation VR, meskipun hanya dapat dilakukan pada resolusi yang rendah. Pun begitu dengan PS 4 Pro yang sebenarnya mampu menghasilkan frame rate yang lebih baik, akan tetapi resolusinya masih terbilang rendah.

Seperti juga dukungan grafis 4K yang dioptimalkan, Sony juga diharapkan pada konsol game PS 5 nanti bisa meningkatkan kemampuan fitur virtual reality. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan dunia virtual sesungguhnya.

Bentuk lebih minimalis

PS 4 yang diperkenalkan pada tahun 2013 masih memiliki dimensi yang terasa bongsor. Melihat hal itu, besar kemungkinan Sony akan meramu PS 5 dengan bentuk dan desain yang berbeda. Hal ini tak terlepas dari perkembangan cloud computing, di mana pengguna dapat memainkan game secara streaming.

Artinya, Sony benar-benar akan memanfaatkan teknologi penyimpanan di awan dan akan menyingkirkan sejumlah komponen yang membuat konsol game ini tidak lagi terlihat begitu besar. Jelas, ini sebuah daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Sony kepada fans militan Playstation.

Lantas, apakah PS 5 tidak lagi akan menggunakan cakram optik? Cukup sulit untuk menjawabnya. Pasalnya, tak sedikit pengguna Playstation lawas yang masik suka membeli game secara fisik dan meng-install-nya ke dalam hard disk

Game lawas vs baru

Kehadiran PS 5 tentu tidak akan menghapuskan game-game PS 4 yang telah dirilis. Oleh karena itu, Sony diperkirakan akan merancang PS 5 dengan kompabilitas tinggi terhadap game-game lawas. Selain itu, Sony juga akan melakukan remaster seperti saat mereka melakukan perpindahan dari PS 3 ke PS 4.

Meskipun demikian, setiap kita pasti mengharapkan kehadiran game-game baru dengan kualitas dan game-play yang lebih canggih. Sehubungan dengan kabar ini, game baru besutan CDProjekt RED, yakni Cyberpunk 2077 dikabarkan akan menjadi salah satu judul game yang akan dirilis untuk PS 5.

Comments

Wajib baca

Populer