5 Game Mobile Pilihan untuk Penggemar Pesawat Terbang

Now Reading
5 Game Mobile Pilihan untuk Penggemar Pesawat Terbang

Bermain game simulasi di PC memang memiliki beberapa tantangan. Anda harus standby di rumah, memerlukan listrik yang cukup besar, hingga tingkat requirement game yang tinggi cukup menyulitkan bagi pemilik PC dengan spesifikasi “pas-pas”an. Dengan keterbatasan itu, ketenaran game smartphone menjadi meningkat. Developer game bahkan mulai melirik platform ini. Lihat saja game MOBA Vainglory yang mengambil ketenaran dari game PC Dota2.

Apakah Anda masih ingat judul game simulasi pesawat yang tenar beberapa tahun lalu? Bagi penggemar game jenis ini tentunya tidak asing lagi dengan game Microsoft Flight Simulator X dan X-Plane. Game simulasi pesawat tersebut bahkan memiliki banyak sekali add-on yang membuat permainan menjadi lebih nyata dan memiliki beragam fitur, misalkan saja adanya penambahan pesawat tempur atau helikopter.

Dengan ketenaran game mobile yang telah kami sebutkan sebelumnya, kali ini kami akan membahas lima game simulasi pesawat terbang yang dapat dimainkan pada smartphone kesayangan Anda.

Infinite Flight Simulator

Infinite-Flight

Game satu ini adalah satu-satunya game berbayar yang kami bahas pada artikel ini. Urusan grafis tentunya tidak perlu diragukan lagi. Pesawat dan airport terlihat sangat detail. Banyak sekali fitur yang membuat game ini tampak real seperti Flight Planning, Instrument Landing System (ILS), Foreflight sync support, dan masih banyak lagi. Pada saat pembelian, Anda akan mendapatkan tujuh region dan 17 jenis pesawat. Namun, terdapat in-app purchase yang memungkinkan Anda memiliki hingga 14 region dan 35 jenis pesawat.

google-play   app-store

Avion Flight Simulator

avion-flight-simulator

Avion Flight Simulator merupakan game simulasi gratis yang cukup addicted. Anda diharuskan menyelesaikan lima misi untuk melakukan unlock pesawat terbang berikutnya. Tentu saja karena gratis, Anda harus menonton iklan dengan durasi kurang lebih 30 detik untuk unlock pesawat tersebut selamanya. Setelah menyelesaikan lima misi tersebut, Anda akan mendapatkan free flight mode. Ada tiga jenis mode real yang ditawarkan, yaitu idealistis, semi-realistic, dan realistic. Ada 12 jenis pesawat yang tersedia mulai dari pesawat Cessna, penumpang, hingga pesawat tempur.

google-play

X-Plane 10 Flight Simulator

x-plane

X-Plane 10 Flight Simulator merupakan game yang cukup terkenal pada platform PC. Untuk versi mobile-nya sendiri ternyata tidak kalah keren. Terdapat 24 misi yang dapat Anda selesaikan. Apabila Anda belum mahir pada flight simulator, game ini menyajikan sembilan tutorial yang dapat menuntun Anda di awal permainan. Terdapat in-app purchase untuk meng-unlock pesawat seperti F-22 Raptor, Airbus A320 Airliner, Boeing B747-400 Jumbo Jet, dan lainnya. Anda juga dapat terhubung secara online untuk memainkannya secara multiplayer.

google-play   app-store

Unmatched Air Traffic Control

unmatched-traffic-controller

Tiga game sebelumnya membahas mengenai simulasi menjadi pilot. Sesuai dengan namanya, Unmatched Air Traffic Control mensimulasikan Anda sebagai penjaga menara pengawas. Dalam satu misi game, durasi permainan yang dibutuhkan cukup lama. Grafis yang dimiliki game ini cukup baik meskipun hanya sebagai menara pengawas. Anda diharuskan mengatur lalu lintas di bandara mulai dari pushback, taxi, hingga take-off dan landing, serta menghindari adanya tabrakan antar pesawat. Anda juga dapat mengumpulkan experience dan uang yang berguna untuk meningkatkan level Air Traffic Controller dan membeli brand pesawat.

google-play   app-store

Air Tycoon 4 / Air Tycoon Online 2

air-tycoon

Berbeda lagi dengan game yang satu ini. Pada game Air Tycoon, Anda bermain sebagai pemilik maskapai penerbangan. Air Tycoon 4 dan Air Tycoon Online 2 memiliki grafis yang sama persis. Bedanya, hanya pada Air Tycoon 4 yang dimainkan secara offline dan Air Tycoon Online 2 dimainkan secara online. Namun, untuk Air Tycoon 4, Anda diharuskan untuk melakukan purchasing apabila ingin bermain lebih dari dua tahun ( waktu game ).

Anda diharuskan mengelola harga tiket, pembelian atau leasing pesawat, hingga memilih rute yang akan dimainkan. Pemilihan pesawat juga mempengaruhi tingkat kepuasan penumpang, mulai dari pemilihan kursi dan fasilitas pesawat. Susunan kursi juga dapat dipilih ketika pembelian pesawat. Anda dituntut untuk jeli memainkannya karena pesawat juga memiliki lifespan, sehingga apabila lifespan habis, maka tingkat kecelakaan menjadi tinggi. Anda juga dapat memiliki airport sendiri dan disewakan slotnya kepada maskapai lainnya.

Link Airport Tycoon 4

google-play   app-store

Link Airport Tycoon Online 2

google-play   app-store

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
13%
Biasa Aja
7%
Payah!
17%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna LG G4 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menulis di DroidLime.
1 Comments
Leave a response
  • Chriztian
    July 10, 2016 at 7:28 am

    Kalo Modern warplanes bisa jg x di bahas. Kan masih satu tema bahasan, Pesawat.

    Hehehe..

    Ane udh mainin sampai lv.16.. Lupa apa nama pangkatnya hahaha… Macam betul bejaye lah..

Leave a Response