5 Fitur Ini Bikin Galaxy Note 8 Beda dari yang Lain

Dengan bangga Samsung memperkenalkan Galaxy Note 8 tepat pada gelaran Samsung Galaxy Unpacked di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat, pada Rabu 23 Agustus 2017. Mengusung tagline #DoBiggerThings, Samsung Galaxy Note 8 menawarkan beragam kecanggihan dan fitur menarik.

Pada sisi desain, Samsung Galaxy Note 8 membawa konsep Infinity Display yang berhasil membuatnya terlihat cantik dan unik. Tak hanya keren di sisi desain, Samsung juga membekali Note 8 dengan performa dan dapur pacu yang super duper ngebut, di antaranya prosesor Qualcomm Snapdragon 835, RAM 6 GB, dan storage 64 GB.

Tak berhenti di situ saja, bukan Samsung namanya jika tak menyuguhkan fitur-fitur unik pada smartphone flagship buatannya. Lantas fitur unik apa saja yang dapat kita temukan pada Samsung Galaxy Note 8? Ini dia daftarnya!

Dual-camera dan dual-OIS

note8 05

Samsung Galaxy Note 8 merupakan ponsel perdana Samsung yang menggunakan dual-camera belakang. Untuk saat ini teknologi dual-camera menjadi suatu hal yang hlumra, bahkan kita dapat dengan mudah menemukan smartphone dual-camera dengan harga yang terjangkau.

Namun meski baru pertama kali menyematkan fitur ini, Samsung tak mau melewatkan kesempatan emas untuk membuktikan kemampuannya. Ya, Samsung Galaxy Note 8 dipersenjatai dual-camera yang terdiri dari satu lensa telephoto 12 MP dengan aperture f/2.4 dan satu lensa wide angle RGB 12 MP dengan aperture f/1.7 plus teknologi Dual Pixel. Dual-camera ini juga dibekali teknologi 2x optical zoom.

Yang menjadi nilai lebih dari konfigurasi dual-camera ini adalah Samsung berhasil menyematkan teknologi dual-OIS (Optical Image Stabilization) di kedua lensa tersebut. Sehingga dapat dipastikan hasil jepretan ataupun perekaman video sangat stabil dan minim noise.

Tak berhenti di situ saja, Samsung juga melengkapi kamera belakang ini dengan fitur Live Focus. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar bokeh dengan hasil yang dramatis. Bahkan kita juga dapat mengatur persentase efek bokeh setelah atau sebelum mengambil foto.

App pairing

note8 06

Fitur bernama App pairing berhasil memberikan pengalaman multitasking yang benar-benar smooth dan responsif. Ditambah lagi, smartphone ini memiliki layar jumbo berukuran 6,3 inci, sehingga kegiatan multitasking terasa lebih asyik.

Sederhananya, fitur App Pairing memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam mode Split Screen. Contohnya, pengguna dapat menonton video YouTube sembari membuka web browser.

Fitur multi-window semacam ini sebenarnya sudah tersedia di beberapa smartphone lain, namun App Pairing pada Note 8 jauh lebih praktis dan cepat. Pasalnya kita dapat meluncurkan dua aplikasi hanya dengan sekali klik saja.

Samsung Dex

note8 03

Fitur ini sejatinya sudah tersedia pada Samsung Galaxy S8 series, namun kini Samsung meningkatkan kinerja Samsung Dex pada Note 8. Pada pembaruan kali ini, Samsung Dex memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi dalam mode layar penuh.

Tak hanya itu saja, Samsung juga telah memodifikasi tampilan Samsung Dex yang digadang-gadang jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, Samsung Dex pada Note 8 juga dapat digunakan untuk menonton video streaming atau bermain game. Fitur seperti ini hanya bisa kita nikmati pada smartphone racikan Samsung, khususnya Galaxy Note 8.

Live Message

note8 04

Tak hanya meningkatkan kemampuan dari S-Pen, Samsung juga melengkapi teknologi ini dengan fitur bernama Live Message. Sederhananya, melalui Live Message kita dapat membuat pesan GIF dengan sangat mudah.

Kita hanya perlu menulis atau menggambar sesuatu dengan S-Pen, selanjutnya kita dapat mengirim pesan tersebut ke teman atau menyimpannya. Hal ini sangatlah seru, karena kita dapat mengirim pesan langsung dari hasil tulisan tangan kita sendiri.

Screen-off Memo

note8 02

Sesuai dengan namanya, seri Note memang dikhususkan bagi pengguna yang sering mencatat. Pada seri sebelumnya yakni Note 7, Samsung berhasil memperkenalkan fitur Screen-Off Memo yang berfungsi untuk mencatat atau menulis dalam kondisi layar mati.

Kini Samsung meningkatkan kemampuan fitur tersebut. Ya, Pada Samsung Galaxy Note 8 pengguna dapat menulis hingga 100 halaman tanpa menyalakan layar sekalipun.

Bahkan kita juga dapat membuat pengingat atau daftar pekerjaan (to-do list) dengan sangat rapi dan cepat tanpa menghidupkan layar. Fitur ini bakal menghemat penggunaan baterai pada smartphone.

(last edit: 6 September, 2017 / 7:05 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
93%
Mau
7%
Biasa Aja
2%
Payah!
3%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.