5 Fitur Canggih Yang Ditawarkan Kamera Google Pixel 2

Seusai diluncurkan pada Rabu (4/10/) lalu, nama Google Pixel 2 langsung melambung tinggi. Kekuatan utama dari smartphone ini terletak pada sisi kameranya. Bahkan, DxOMark langsung menobatkan Google Pixel 2 sebagai smartphone dengan kamera terbaik.

Tentu saja, hal itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat mengesankan bagi Google. Karena kagum dengan kemampuan kameranya, kami pun melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya kami menemukan satu fakta menarik.

Ya, Google Pixel 2 ternyata menggunakan sensor IMX362 Exmor RS. Rupanya tak hanya dipakai oleh Google saja, sensor tersebut juga diadopsi oleh HTC ke dalam HTC U11 dan ASUS ke dalam Zenfone 4 Series yang belum lama ini juga sudah diperkenalkan.

Pertanyaannya, jika sensornya sama, mengapa kualitas kamera Google Pixel 2 jauh lebih baik dibandingkan dua smartphone tersebut? Dugaan kami mengarah pada optimasi software dan fitur yang disematkan oleh Google ke dalam sistem kamera Pixel 2. Dan baru-baru ini Google memberitahukan bagaimana Portrait mode bekerja hanya dengan optimasi software, namun tetap membutuhkan hardware tertentu meski tidak dual-camera.

Memang tak bisa dipungkiri, kinerja sebuah kamera yang ada di dalam smartphone juga dipengaruhi oleh piranti lunak alias software yang digunakan. Lantas, fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh Google Pixel 2?

Dual-Pixel

Dual Pixel

Di saat semua produsen gencar menghadirkan smartphone dual-camera, Google masih konsisten dengan satu kamera saja. Namun jangan salah sangka dulu, satu kamera belakang ini telah dipoles serta dilengkapi dengan fitur bernama Dual-Pixel.

Berkat fitur tersebut, kamera Pixel 2 sanggup membidik objek dengan sangat cepat. Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan mode portrait guna mengambil foto bokeh layaknya smartphone dengan dual-camera.

Bahkan, saat raksasa teknologi asal Paman Sam tersebut memperkenalkan keunggulan Google Pixel, mereka dengan percaya dirinya mengatakan, "Kalau satu kamera saja sudah cukup, mengapa harus dua?”

Artificial Intelligence

AI

Selain dilengkapi fitur Dual-Pixel, kamera Pixel 2 juga membawa teknologi yang tak kalah menarik, yakni Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Sederhananya, teknologi ini bekerja dengan konsep neural network atau seperti otak manusia.

Jadi, ketika kamera membidik sebuah objek, sistem kamera akan mengidentifikasi setiap benda dan mempelajarinya. Semakin sering kamera menemukan sebuah objek, maka semakin pintar pula kamera tersebut.

Tidak hanya itu saja, kamera Pixel 2 juga dapat mengenali sebuah informasi yang sebelumnya tak dipikirkan oleh pabrikan smartphone lain, seperti e-mail, nomor telepon atau alamat pada objek yang ditangkap oleh kamera.

EIS + OIS

Salah satu fitur yang paling unik dari kamera Pixel 2 adalah gabungan dari teknologi EIS dan OIS. Kombinasi antara dua teknologi untuk menstabilkan gambar ini mampu menghasilkan video yang benar-benar mulus tanpa adanya guncangan.

Menariknya, untuk saat ini hanya kamera Google Pixel 2 yang membawa teknologi semacam ini. Tak tertutup kemungkinan, inovasi ini bakal dicontek oleh produsen smartphone lainnya guna menyajikan dukungan kamera yang lebih optimal.

HDR+

HDR

Kondisi gelap atau low-light merupakan musuh terberat kamera smartphone. Untuk menyiasati hal ini, Pixel 2 telah dibekali fitur yang bernama HDR+. Hampir sama dengan HDR, fitur HDR+ berfungsi untuk meningkat pencahayaan ketika sedang memotret dalam kondisi minim cahaya.

Sedikit informasi untuk kalian ketahui, HDR+ mampu menghasilkan pencahayaan yang lebih merata dibanding HDR biasa. Dan sampai saat ini, hanya smartphone rakitan Google yang dapat menikmati fitur tersebut.

Motion Photos

Jika iPhone memiliki fitur Live Photos, Google menghadirkan fitur baru bernama Motion Photos. Melalui fitur ini pengguna dapat mengambil gambar dalam waktu sepersekian detik, sehingga gambar yang dihasilkan akan bergerak, seperti video singkat atau GIF animasi.

Ingin melihat bagaimana hasil kamera Google Pixel 2? berikut linknya album foto yang diambil menggunakan kamera Pixel 2, https://photos.app.goo.gl/vjmx6pgbXXApCOQz1.

(last edit: 21 October, 2017 / 1:12 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
86%
Mau
8%
Biasa Aja
4%
Payah!
5%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.