5 Fakta Xiaomi Redmi Note 3 Lebih Baik dari Redmi Note 2

Sejak awal November 2015, bocoran mengenai smartphone terbaru Xiaomi yang disebut-sebut sebagai Redmi Note 2 Pro sudah beredar luas. Namun dua hari menjelang peluncuran resminya, Xiaomi mendadak memutuskan untuk mengganti namanya dan mengumumkannya sebagai Redmi Note 3. Sebagai versi terbaru dari keluarga Redmi Note, smartphone berlayar 5,5 inci ini tentu memiliki beberapa keunggulan dibanding pendahulunya. Apa saja?

Tampil metal dengan bodi metal

redmi-note-3-metal

Xiaomi Redmi 2, Mi 4i, Mi 4c, dan Redmi Note 2 sama-sama menggunakan material plastik. Desainnya tidak jelek, namun jadi terlihat kurang wah. Nah, untuk pertama kalinya, Xiaomi akhirnya mau menggunakan bodi metal pada smartphone non-flagship miliknya. Bisa dipastikan, balutan material metal bakal membuat Redmi Note 3 terlihat dan terasa lebih mewah. Pasalnya, smartphone keren kelas atas semisal iPhone 6, HTC One M9, atau Samsung Galaxy S6 menggunakan material bodi serupa.

Pilihan warna premium

warna-redmi-note-3

Smartphone dengan bodi plastik bisa diciptakan dengan pilihan warna-warna ceria. Sedangkan smartphone dengan bodi metal cenderung dirancang dengan pilihan warna premium dan mewah. Persis seperti apa yang dilakukan Apple pada iPhone 6, Xiaomi pun menawarkan tiga pilihan warna mewah pada Redmi Note 3: silver, gold, dan dark grey. Ketiga pilihan warna tersebut dijamin bakal membuat Redmi Note 3 terlihat seperti smartphone mahal.

Kekinian dengan sensor sidik jari

redmi-note-3-fingerprint

Sensor sidik jari sudah menjadi tren smartphone saat ini. Sensor sidik jari bukan hanya milik smartphone mahal saja. Sensor sidik jari pun bisa disematkan di smartphone murah meriah. Xiaomi Redmi Note 3 menjadi salah satu contohnya. Sama seperti sensor sidik jari yang ada pada smartphone mahal, sensor yang dimiliki pada Redmi Note 3 memiliki performa impresif. Membuka lockscreen smartphone dengan sidik jari hanya membutuhkan waktu rata-rata 0,3 detik saja. Mudah dan cepat.

Kapok dengan baterai boros

redmi-note-3-bobot

Banyak yang mengeluhkan borosnya konsumsi baterai pada Xiaomi Redmi Note 2. Dengan baterai 3.060 mAh, rata-rata screen-on-time yang dimiliki Redmi Note 2 hanya sekitar 2,5 jam (MIUI 6) atau 4 jam saja (MIUI 7). Untuk mengatasi keluhan tersebut, Xiaomi meningkatkan kapasitas baterai Redmi Note 3 menjadi 4.000 mAh. Untungnya dengan baterai lebih besar, bodi dan bobot smartphone ini tak banyak meningkat.

Harga tetap sama

harga-redmi-note-3

Dengan hardware mirip, desain lebih mewah, serta fitur lebih kaya, Xiaomi mematok harga Redmi Note 3 tidak lebih mahal dari Redmi Note 2. Smartphone dengan duet kamera 13 MP dan 5 MP ini kemungkinan akan mulai tersedia di bulan Januari atau Februari 2016. Redmi Note 3 dengan storage 16 GB dan RAM 2 GB dihargai US$145 (Rp1,95 juta), sedangkan varian 32 GB dan RAM 3 GB dihargai US$177 (Rp2,4 juta).

(last edit: 27 November, 2015 / 11:36 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
18%
Mau
73%
Biasa Aja
4%
Payah!
4%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.