5 Emulator PlayStation Terbaik untuk Smartphone Android

Sony PlayStation menjadi konsol paling ikonik dan bersejarah bagi sebagian besar orang, khususnya bagi kaum berkumis. Bahkan tak sedikit orang yang menghabiskan masa kecilnya bersama dengan konsol yang satu ini.

Mungkin di tahun 2017 ini, kita dapat memainkan game PlayStation 4 dengan kualitas grafis yang tinggi. Namun, keseruan bermain game-game jadul, seperti Harvest Moon, Final Fantasy, ataupun Tekken takkan pernah tergantikan.

Nah, bagi Anda yang ingin memainkan game-game PlayStation lawas namun tak memiliki konsol, emulator adalah solusinya. Ya, kini smartphone berbasis Android dapat disulap menjadi sebuah PlayStation.

Bagaimana caranya? Sangat mudah! Untuk dapat mewujudkan hal itu kita membutuhkan aplikasi khusus, dan berikut ini adalah lima aplikasi emulator PlayStation rekomendasi dari kami khusus untuk kalian penggemar game-game PlayStation.

ClassicBoy

ClassicBoy

Emulator yang satu ini mendukung beragam konsol klasik, mulai dari PlayStation, Game Boy, Nintendo 64, NES, SEGA, dan NoeoGe. Jadi, semua game yang memiliki kompatibilitas dengan konsol tersebut dapat dimainkan.

Seperti emulator pada umumnya, ClassiBoy juga menyediakan sejumlah fitur dan konfigurasi yang cukup lengkap, mulai dari pengaturan kontroler hingga pengaturan audio. Bahkan bisa dikatakan, ClassicBoy merupakan emulator yang terbilang handal.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya kalian mencoba emulator yang satu ini. Apalagi, ClassicBoy dapat diunduh secara cuma-cuma alias gratis.

Download

ePSXe

ePSXe

ePSXe merupakan salah satu emulator yang cukup populer. Emulator khusus PlayStation One ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Namun, kalian tak perlu khawatir dengan tampilannya, karena emulator ini tetap menyajika fitur-fitur yang lengkap.

Selain itu, ePSXe juga menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kontroler untuk perangkat, fitur split-screen, penyimpan data game, dan grafis Open GL yang terus disempurnakan oleh pengembang emulator ini.

Bahkan beberapa game lawas yang biasa kalian mainkan pada PlayStation One, seperti Tekken 3, Final Fantasy IX, Ridge Racer, Crash Bandicoot dapat berjalan dengan sangat mulus alias bebas kendala.

Selain itu, ePSXe juga menjanjikan kualitas gambar yang cukup baik tanpa menguras kapasitas RAM yang banyak. Untuk dapat menikmati emulator ini, kalian wajib mengeluarkan uang sebesar Rp. 50.000.

Download

FPSE

FPSE

FPSE juga menawarkan sejumlah fitur yang tak kalah menarik dengan dua emulator di atas. Fitur-fitur seperti penyimpan data game, pengubah kontrol, serta kompatibilitas yang tinggi dapat kalian nikmati melalui emulator yang satu ini.

Tak cuma itu saja, FPSE juga memberikan pengaturan lebih serta plugin yang dapat kalian unduh dan install secara mudah. Seperti ePSXe, emulator ini juga tidak tersedia secara gratis. Kalian harus membelinya dengan harga Rp. 45.000.

Download

Matsu

Matsu

Emulator yang tak kalah menarik adalah Matsu. Setelah kami mencoba, emulator ini memiliki banyak kemiripan dengan ClassiBoy. Ya, Matsu memiliki kompatibilitas dengan sejumlah konsol seperti PlayStation, SNES, NES, SEGA Genesis, Game Gear, dan beberapa konsol lainnya.

Selain itu, Matsu juga menawarkan sejumlah pengaturan dan sejauh yang kami coba, emulator ini sanggup memberikan pengalaman bermain game yang mulus. Juga seperti ClassicBoy, emulator ini dapat kalian unduh secara cuma-cuma.

Namun, kalian jangan dulu bergembira. Emulator Matsu yang dapat kalian unduh secara gratis akan disisipi iklan. Jika kalian merasa terganggu dengan iklan-iklan yang tampil, kalian bisa membeli Matsu versi Pro.

Download

RetroArch

RetroArch

RetroArch adalah emulator yang juga cukup terkenal. Emulator yang satu ini juga mendukung lebih dari satu platform. Selain itu, Retro Arch juga memberikan sejumlah fitur yang lengkap, bahkan menyediakan plugin-plugin khusus guna menambah keseruan dalam bermain game.

Dari pengalaman kami, RetroArch dapat menjalankan game dengan sangat baik. Ada nilai lebih yang ditawarkan oleh emulator ini. Selain dapat diunduh secara gratis, emulator ini juga mengusung konsep Open Source sehingga kalian bisa  mengkostumisasi beberapa sistem yang ada.

Download

(last edit: 20 October, 2017 / 12:30 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
17%
Biasa Aja
6%
Payah!
14%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.