5 Aplikasi Penguras Baterai Smartphone

Now Reading
5 Aplikasi Penguras Baterai Smartphone

Banyak sekali keluhan dari pengguna smartphone akan kapasitas baterai yang mudah habis. Hal ini terjadi karena teknologi pada smartphone yang semakin hari semakin canggih. Efeknya, daya baterai smartphone jadi gampang habis karena harus bekerja lebih ekstra. Sebenarnya, beberapa vendor smartphone telah mengatasi hal ini dengan menyematkan baterai berdaya besar pada smartphone mereka.

Namun, hal ini kurang efektif jika pengguna smartphone tidak melakukan optimasi pada smartphone-nya. Nyatanya, aplikasi-aplikasi pada smartphone adalah penyebab utama baterai smartphone cepat habis. Karenannya kami telah merangkum lima aplikasi yang dapat membuat daya baterai smartphone cepat habis. Apa saja aplikasinya?

Snapchat

Di urutan pertama ada Snapchat. Snapchat adalah salah satu aplikasi sosial media yang sangat popular khusunya di kalangan anak muda. Dengan Snapchat kita dapat berbagi pesan, foto, video, bahkan membuat video live streaming dengan sangat mudah. Hal ini pasti sangat menyenangkan, namun sadarkah Anda jika Snapchat adalah penyebab utama baterai ponsel cepat habis?

Beberapa faktor penyebab utamanya adalah penggunaan kamera yang aktif, penggunaan koneksi internet yang terus menerus, GPS yang selalu aktif, dan fitur-fitur keren pada Snapchat lainnya. Bagi pengguna Android, Anda bisa menggunakan aplikasi Greenify atau DU Battery Saver untuk membantu mengatasi hal ini.

Facebook

Di urutan kedua ada Facebook. Lagi-lagi aplikasi media sosial menjadi penyebab utama daya baterai smartphone cepat habis. Faktanya, aplikasi ini memakan daya baterai yang cukup besar karena banyaknya proses yang berjalan. Jika menggunakan aplikasi ini, pasti Anda akan menerima banyak notifikasi, mulai dari notifikasi pesan, friend request, notifikasi umum, dan lain sebagainya. Proses-proses seperti itulah yang menjadi penyebab utamanya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menonakifkan fitur pemberitahuan yang terdapat pada menu pengaturan Facebook. Tetapi, Jika dirasa kurang efektif Anda dapat menghapus aplikasi ini dan menggunakan browser sebagai media utama untuk membuka Facebook.

Netflix

Selanjutnya ada Netflix. Aplikasi penyedia film dan acara TV online ini memang memakan banyak sekali daya baterai ponsel pintar Anda. Layar yang selalu menyala, koneksi internet yang tidak putus-putus, serta audio yang selalu on menjadi beberapa alasan aplikasi ini menguras habis daya baterai ponsel Anda. Satu-satunya cara mengatasi hal ini adalah Anda harus mengatur waktu dengan bijak dalam menggunakan aplikasi ini.

BBM

Di urutan keempat ada BBM. Aplikasi chating yang sangat populer ini ternyata juga dapat menyebabkan daya baterai ponsel pintar Anda cepat habis. Mengapa bisa begitu? Karena aplikasi BBM memiliki banyak sekali proses mulai dari menerima invite, chat, broadcast message, update status pada timeline, serta masih banyak proses lainnya.

Selain menguras habis baterai, ternyata BBM juga menguras pemakaian RAM pada smartphone Anda. Sama halnya seperti Snapchat, Anda bisa mengunakan aplikasi Greenify atau DU Battery Saver untuk membantu mengatasinya.

Google Maps

Di urutan terahir ada Google Maps. Mengapa aplikasi ini menguras baterai smartphone? Google Maps adalah sebuah aplikasi peta yang menggunakan GPS sebagai pelacak lokasinya, dan fitur GPS ini sangat haus akan hardware. Selain itu, Google Maps juga melakukan proses tracking lokasi untuk mencapai tujuan Anda. Tentu saja, proses tracking ini akan melakukan proses download source pada setiap peta yang ingin Anda lihat.

Sebenarnya tidak hanya Google Maps, aplikasi lain yang menggunakan GPS dan lokasi sebagai sumber daya utama, seperti Waze, Glympse, atau game seperti Pokemon GO juga dapat menguras habis daya baterai smartphone Anda.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
7%
Biasa Aja
10%
Payah!
3%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.
2 Comments
Leave a response

Leave a Response