Connect with us
Tips

5 Aplikasi Launcher Paling Ringan di Android

Rekomendasi aplikasi launcher paling ringan di Android untuk mengubah tampilan smartphone. Ukurannya file-nya terbilang kecil, yakni mulai dari 1 MB. Selamat menggunakan!

Updated

Salah satu cara paling mudah untuk mengubah tampilan smartphone Android adalah dengan menggunakan launcher. Meski setiap vendor smartphone saat ini sudah memiliki kostumisasi tema sendiri, nyatanya penggunaan launcher tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Dari sekian banyak aplikasi launcher Android yang sudah ada di Google Play Store, di sini tim DroidLime akan memberikan rekomendasi launcher terbaik yang paling ringan dan smooth saat diinstall di smartphone.

Aplikasi Launcher Paling Ringan

Rootless Launcher

Pertama adalah Rootless Launcher. Aplikasi launcher besutas Amir Zaidi ini memiliki fitur seperti launcher yang dipakai di Google Pixel. Berukuran hanya 1.6 MB, pengguna akan mendapatkan fitur-fitur unik seperti, search bar, wallpaper berdasarkan tema, icon pack regular, adaptive icon pack dan masih banyak lagi.

Evie Launcher

Selanjutnya ada Evie Launcher. Launcher yang dibuat oleh Evie Labs ini memang dikenal sebagai launcher yang smooth ketika dijalankan. Ukurannya sendiri hanya 8.8 MB, namun fitur unggulannya tidak kalah menarik untuk dicoba, seperti univesal search, quick navigation, custom shortcut, personalization, instant lock dan beragam kostumisasi lainnya.

Smart Launcher 5

Bagi yang suka dengan hal-hal simpel dan efisien, Smart Launcher 5 sepertinya bisa dijadikan pilihan utama launcher paling ringan di Android. Smart Launcher menawarkan segudang fitur unggulan termasuk gesture dan hotkey. Tidak ketinggalan juga fitur kemanaan seperti menyembunyikan aplikasi, mengunci aplikasi dengan pin dan pengaturan lock screen.

Niagara Launcher

Selanjutnya ada Niagara Launcher. Aplikasi buatan Peter Huber ini memberikan tampilan homescreen menjadi lebih minimalis dan bersih. Karena ukurannya hanya 2.9 MB, fitur yang bisa dipakai pun tidak sebanyak launcher lainnya. Namun fitur penting seperti menyembunyikan aplikasi, notifikasi dan search tetap dihadirkan di sini.

POCO Launcher

Berbeda dengan Mi Launcher, POCO Launcher dibuat cukup ringan, cepat serta memiliki desain yang minimalis. Fitur yang dihadirkan pun beragam, mulai dari search, manage apps, privacy hingga yang terbaru ini ada Dark mode. POCO Launcher juga mempermudah pengguna yang ingin mencari aplikasi dengan membaginya berdasarkan tipe dan warna.

Baca juga

Itulah daftar aplikasi launcher Android paling ringan versi tim DroidLime. Jika terdapat rekomendasi aplikasi lainnya, coba tuliskan langsung di kolom komentar di bawah.

Comments

Populer