Connect with us
ROG GL504
Galaxy Note 9 Live Streaming Galaxy Note 9 Live Streaming 560x600
Featured

5 Aplikasi Kreatif Terbaik untuk S Pen Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 datang dengan S Pen yang begitu menarik. Kalian pun tetap bisa memanfaatkan stylus pintar ini untuk berkreasi menciptakan gambar-gambar dengan citra seni tinggi.

Published
Vivo V11 Pro

Samsung telah secara resmi memperkenalan smartphone premium keduanya di tahun ini yang ditunggu-tunggu banyak orang, yakni Samsung Galaxy Note 9. Satu hal yang menarik, Samsung tetap menyisipkan dukungan S Pen sebagai “teman dekat” Galaxy Note 9.

Bukan lagi sekadar stylus biasa, S Pen yang ada pada Galaxy Note 9 dibuat oleh Samsung menjadi lebih cerdas. Ya! S Pen tersebut telah dibekali dengan konektivitas Bluetooth Low Energy (BLE). Berkat konektivitas tersebut, kini S Pen bisa digunakan untuk mengontrol Note 9 dari jarak jauh.

Meski begitu, S Pen tetap memiliki fungsi utama untuk menulis atau menggambar. Hal ini pun diperlihatkan oleh Samsung saat peluncuran Galaxy Note 9 di New York, Amerika Serikat, dimana Samsung meminta Mr Doodle untuk menggambar menggunakan S Pen di atas layar Galaxy Note 9.

Terkait dengan hal itu, tak ada salahnya jika kalian yang sudah pre-order Note 9 untuk mempersiapkan aplikasi kreatif yang kompatibel dengan S Pen. Masuk ke dalam Google Play Store, kita akan menemukan ribuan aplikasi yang memiliki kompabilitas tinggi dengan S Pen.

Bingung untuk memilihnya? Tak perlu khawatir! DroidLime sudah memilih lima aplikasi terbaik yang memiliki kompabilitas tinggi dengan S Pen yang menjadi “teman dekat” dari Galaxy Note 9. Berikut kelima aplikasinya:

Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator

Bagi kalian yang senang membuat sebuah ilustrasi untuk menciptakan karya seni tinggi, salah satu aplikasi gambar yang dapat kalian gunakan adalah Adobe Illustrator Draw. Tercatat di Google Play Store, aplikasi yang memiliki ukuran file sebesar 37 MB telah didownload lebih dari 5 juta kali.

Adobe Illustrator Draw juga memiliki interface yang mudah dipahami. Tak hanya itu, puluhan ukuran kanvas juga turut disediakan, begitu juga beberapa tools lainnya sehingga memudahkan kalian untuk menumpahkan ide-ide ilustrasi yang menarik.

Tak hanya sekadar untuk disimpan ke dalam perangkat, ilustrasi yang telah selesai kalian buat juga bisa langsung disebarluaskan ke banyak teman lewat media sosial atau instant messenger. Kalian juga bisa lebih mempercantiknya menggunakan Adobe Photoshop CC atau Adobe Illustrator CC.

Download: Adobe Illustrator Draw

FlipaClip

FlipaClip

Ingin membuat sebuah karya animasi? Kalian bisa memanfaatkan aplikasi FlipaClip. Ya! Aplikasi buatan Visual Blasters yang bisa digunakan secara gratis ini memang ditujukan untuk memudahkan kalian membuat gambar animasi yang terlihat lebih menarik.

Aplikasi ini juga juga menyediakan banyak ukuran kanvas yang mengikuti template YouTube, Instagram, Facebook dan Tumblr. Ya! Nantinya gambar animasi yang kalian buat memang bisa ditampilkan di sejumlah layanan tersebut.

Jika tidak mau menggunakan ukuran kanvas yang disediakan, kalian juga bisa membuatnya sendiri. Selain itu, FlipaClip juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk mengatur frame rate alias fps, dan begitu juga pilihan latarbelakang (background) dari gambar animasi yang ingin dipakai.

Download: FlipaClip

SketchBook

SketchBook

Bagi kalian yang sudah mengenal AutoDesk, tentunya tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama SketchBook. Ya! Aplikasi ini diciptakan oleh AutoDesk untuk memudahkan pengguna smartphone menciptakan sebuah sketsa gambar dengan nilai seni tinggi.

Layaknya aplikasi gambar profesional, SketchBook juga menyediakan puluhan tools siap pakai. Mulai dari pilihan pensil gambar, kuas, pena, dan spidol. Menariknya semua tools tersebut ukurannya bisa kita atur sesuai keinginan.

Ada juga beberapa mode yang mudah digunakan sehingga memungkinkan kalian untuk memutar atau mengubah ukuran kanvas. Selain itu, berkreasi secara online dengan banyak orang juga bisa dilakukan lewat SketchBook.

Aplikasi yang bisa kalian gunakan secara cuma-cuma ini juga memiliki fitur perekamana time-lapse. Dengan begitu, kalian bisa merekam dan nantinya melihat secara langsung kemajuan proses gambar yang sedang digarap.

Download: SketchBook

Infinite Painter

Infinite Painter

Aplikasi kreatif lainnya yang bisa kalian gunakan bersama S Pen milik Samsung adalah Infinite Painter. Aplikasi gratis buatan Infinite Studio Mobile ini memang belum begitu populer. Hal ini terlihat dari jumlah download yang baru mencapai 1 juta.

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki antarmuka yang begitu mudah untuk kalian gunakan. Saat pertama kali menggunakan, Infinite Painter juga menyajikan panduan awal sehingga kalian bisa mengerti seluruh tools yang disediakan.

Seperti tiga aplikasi di atas, Infinite Painter juga menyediakan fitur Import sehingga kalian bisa memuat gambar atau ilustrasi yang sumbernya berasal dari eksternal, seperti Galery di smartphone. Kalin pun bisa menggunakan banyak ukuran kanvas dan juga jenis pensil gambar yang akan digunakan.

Download: Infinite Painter

PaperDraw: Paint Draw Sketchbook

PaperDraw Paint Draw Sketchbook

PaperDraw: Paint Draw Sketchbook adalah aplikasi yang dibuat oleh Colorfit dan juga dapat kalian gunakan bersama S Pen untuk menggambar di atas layar Galaxy Note 9. Aplikasi ini sendiri memiliki ukuran file sebesar 16 MB.

Bisa dibilang, aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana. Kalian tidak bisa mengubah ukuran kanvas yang tersedia. Namun pilihan tools atau alat gambar yang diberikan cukup beragam, mulai dari pensil, kuas hingga spidol.

Ya! Aplikasi ini memang memiliki keterbatasan penggunaan. Namun jika ingin menemukan beberapa fitur tambahan lainnya, kalian bisa membelinya seharga Rp65.000. Dengan begitu, kalian bisa lebih nyaman untuk menggunakan PaperDraw ini bersama S Pen.

Download: PaperDraw: Paint Draw Sketchbook

Comments

Wajib baca

Populer