Connect with us
MaxM2
Featured

5 Aplikasi Android untuk Kelola Keuangan Pribadi

Mengelola sumber pendapatan alias uang yang kalian terima mudah-mudah gampang. Jika tidak mau salah mengelola, kalian bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia di internet. Dengan begitu, pendapatan dan pengeluaran pun bisa terkontrol.

Updated

“Hemat pangkal kaya”, itulah peribahasa yang sering kita dengar dan berkaitan erat dengan urusan uang. Ya! Untuk hidup berkecukupan, sebenarnya bukan melulu soal pendapatan yang kita terima setiap bulannya, tetapi bagaimana kita bisa mengelola pendapatan tersebut.

Ketika kita bisa mengelola sumber pendapatan dengan sangat baik, tidak tertutup kemungkinan hidup kita akan berkecukupan dalam hal finansial. Tak jarang, orang yang jatuh miskin karena mereka gagal dalam pengelolaan uang.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menghindari dari yang namanya hutang. Utamakan kebuthan pokok yang benar-benar penting. Jangan sampai muncul peribahasa “besar pasak daripada tiang”.

Nah! Untuk itulah kita perlu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang kita terima. Dengan begitu, kita pun akan lebih mudah untuk me-review dan evaluasi di akhir bulan. Cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi pengelola uang yang tersedia di internet.

Berikut adalah daftar 5 aplikasi pengelola uang yang bisa kalian gunakan. Semua aplikasi ini dapat kalian install ke dalam smartphone. Dengan begitu, mencatat semua sumber pemasukan dan pengeluaran pun akan lebih mudah dan cepat.

Uangku – My Money Management

Aplikasi racikan developer dalam negeri ini menawarkan fitur pengelolaan uang yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Melalui aplikasi Uangktu – May MoneyManagement kalian dapat memasukan jumlah saldo yang dimiliki.

Selanjutnya, kalian dapat memuat daftar pengeluaran dan pemasukan. Kalian pun dapat membuat kategori khusus untuk setiap pemasukan, misalnya gaji, bonus, dan lain-lain. Begitu juga dengan pengeluaran, seperti entertainment, makan, dan sebagainya.

Download: Uangku – My Money Management

Money Lover

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang pernah meraih “Editor’s Choice 2018” dari Google ini tidak hanya membenatu kalian dalam mengelola uang. Secara tidak langsung, aplikasi ini juga mengajak kalian untuk lebih pintar menabung.

Di dalam aplikasi Money Lover kalian juga dapat membuat daftar anggaran, melihat dan memantau tabungan, bahkan mencatat setiap tagihan yang ada. Kalian pun dapat mencatat semua aliran uang secara detail berdasarakn kategori yang ada.

Download: Money Lover

Monefy

Bisa dibilang, Monefy sangat cocok digunakan oleh kalian yang sudah berkeluarga. Apa sebab? Pasalnya aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola uang yang jumlahnya tidak sedikit dan kebutuhan yang besar.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam kategori pengeluaran, mulai dari pengeluaran untuk belanja bulanan, pengeluaran untuk kendaraan pribadi, kesehatan, makan, dan pengeluaran-pengeluaran lainnya.

Satu hal yang tak kalah menarik, pengembang apliaksi ini juga telah menyisipkan fitur sinkronisasi akun lewat Dropbox. Dengan begitu, orang lain, seperti pasangan kalian juga dapat mengakses sekaligus memonitor pengeluaran yang mengalir.

Download: Monefy

Money Manager

Diantara aplikasi yang telah disebutkan di atas, Money Manager adalah aplikasi pengelola keuangan yang sangat kompleks. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur, seperti pengelolaan pemasukan dan pengeluaran baik tunai ataupun melalui kartu kredit.

Tidak hanya mencatat pengeluaran harian, penghasilan atau pemasukan, lebih dari itu Money Manager bisa mencatat semua harta yang kita punya seperti aset-aset keuangan, tabungan atau investasi. Semua data yang ada akan ditampilkan dalam bentuk grafik.

Download: Money Manager

Finansialku

Ingin mendapatkan aplikasi pengelola keuangan yang lebih kompleks lagi? Finansialku adalah jawabannya. Selain mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, aplikasi ini juga memiliki fitur khusus untuk mencatat setiap daftar perencanaan keuangan.

Fitur khusus ini bisa kalian manfaatkan untuk mencatat perencanaan pembayaran uang muka rumah, uang muka kendaraan, kuliah anak dan sebagainya. Memang benar-benar terdengar kempleks dan lengkap.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga menawarkan fungsi kalkulator khusus untuk menghitung investasi serta fitur konsultasi kepada pihak Finansialku. Ya! Bisa dibilang dengan menggunakan aplikasi ini, pengelolaan uang kalian benar-benar bisa terjaga.

Download: Finansialku

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.