5 Alasan untuk Membeli OnePlus 5

OnePlus 5 resmi melenggang dan dipastikan siap bertarung dengan sederet smartphone flagship lainnya. Sebagai generasi penerus OnePlus 3 series, tentunya OnePlus merakit OnePlus 5 dengan penuh keseriusan dan membekalinya dengan beragam teknologi teranyar.

Dan setelah melihat penampakan serta spesifikasinya, kami rasa smartphone ini cukup layak masuk daftar belanja pemburu smartphone flagship. Mengapa bisa begitu? Untuk membuktikan statement ini kami akan memberikan tiga alasan mengapa OnePlus 5 layak dibeli.

Desain classy

op5 design

Sejatinya One Plus 5 datang dengan desain yang berkelas. Apalagi warna hitam pekat yang disematkan seolah menambah kesan macho dan keren. Pada bagian depan, terdapat layar berukuran 5,5 inci dengan bezel tipis di sisi kiri dan kanannya serta tombol fisik home yang dilengkapi sensor fingerprint.

Namun, jika dilihat dari sisi belakang, sekilas bentuk dan desainnya serupa dengan iPhone 7 Plus. Ya, dual kamera belakang yang diletakan secara vertikal dan disejajarkan dengan led flash serta antena U-Shape yang ada, membuat smartphone ini benar-benar mirip dengan iPhone 7 Plus.

Faktanya One Plus telah membuat berbagai sampel desain mock-up untuk One Plus 5. Namun, setelah dianalisa One Plus sepakat untuk menggunakan desain yang mirip dengan iPhone 7 Plus tersebut. Masalah ini sempat menimbulkan pro dan kontra dikalangan penggila gadget dunia. Namun kami rasa meniru sesuatu yang baik bukanlah hal yang salah.

Jago benchmark dan game

op5 game

Mari kita beralih ke sisi dapur pacu yang dibawa. OnePlus 5 memiliki jeroan yang super duper tangguh. Bagaimana tidak, smartphone ini ditenagai processor terbaru yakni Qualcomm Snapdragon 835, varian RAM 6/8 GB, GPU Adreno 540, dan memori internal 64/128 GB.

Dengan spesifikasi segila itu, kami rasa OnePlus 5 pantas untuk mendapatkan predikat smartphone dengan jeroan paling tinggi untuk saat ini. Anda bisa mengandalkannya untuk benchmark maupun bermain game.

Jago motret

op5 camera

Salah satu nilai jual OnePlus 5 terletak pada kemampuan kamera belakangnya. Pasalnya, OnePlus 5 dibekali dual-camera belakang. Satu lensa utama beresolusi 16 MP dengan teknologi EIS dan satu lensa beresolusi 20 MP dengan teknologi telephoto (1,6x optical zoom).

Sejujurnya, konfigurasi dual-camera ini mirip dengan ASUS ZenFone Zoom S atau iPhone 7 Plus. Lalu bagaimana dengan hasil jepretannya? Setelah melihat beberapa video dari reviewer luar negeri mengenai smartphone ini, kami rasa kualitasnya lumayan kece dan mampu bersaing dengan iPhone 7 Plus.

Bahkan kemampuan zoom gambar One Plus 5 lebih baik ketimbang ASUS ZenFone Zoom S. Sementara untuk efek bokeh, kamera belakang OnePlus 5 berhasil menciptakan efek blur yang cukup dramatis. Informasi lengkap mengenai kualitas kamera OnePlus 5 akan kami sampaikan melalu video review yang akan datang.

Charge cepat

op5 dash

Mayoritas smartphone flagship Android sudah dibekali fitur pengisian baterai cepat. Tapi rata-rata hanya mengandalkan teknologi Quick Charge milik Qualcomm. Sedangkan OnePlus 5 mengandalkan teknologi Dash Charge berbasis VOOC Flash Charge milik OPPO. Pengisian dayanya pun lebih cepat dari smartphone sekelasnya, seperti Samsung Galaxy S8 misalnya.

Kustomisasi optimal

op5 ui

Satu lagi daya tarik smartphone OnePlus ada pada sistem operasi dan dukungan banyak ROM. OnePlus 5 membawa Oxygen OS berbasis Android anyar 7.1.1 yang tidak mengandung banyak bloatware. OnePlus 5 juga jadi salah satu smartphone yang tidak hangus garansinya meski kita meng-unlock bootloader.

Jika ingin mengoprek OnePlus 5, saat ini pun sudah banyak topik yang membahasnya. Anda bisa mengunjungi XDA Developer dan menerapkan berbagai kustomisasi maupun optimalisasi performa dan tampilan interface-nya agar lebih menarik.

(last edit: 5 July, 2017 / 12:34 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
71%
Mau
17%
Biasa Aja
8%
Payah!
9%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.