5 Alasan untuk Membeli Nokia 8

Setelah menunggu cukup lama, penantian panjang para fans Nokia lunas terbayarkan. Ya, HMD Global resmi merilis smartphone flagship perdananya, Nokia 8. Menyandang status flagship, Nokia 8 mendarat dengan spesifikasi yang jauh lebih gahar dari tiga saudaranya Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Sesuai dengan laporan yang kami terima, kabarnya Nokia 8 akan resmi didistribusikan pada awal bulan September mendatang. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk membeli Nokia 8 atau kepo dengan fitur dan kecanggihan yang diusung smartphone ini, berikut adalah lima faktor yang membuat nokia 8 layak untuk dimiliki.

Kokoh dan kinclong

nokia 8 01

Nokia 8 mengusung desain unibody berbahan dasar logam. Konsep desain yang dihadirkan memang terlihat mirip dengan Nokia 6 atau pun Nokia 5. Namun Nokia berhasil memberikan sentuhan khusus agar Nokia 8 terlihat lebih premium dan nampak kinclong. Ya, Nokia mengklaim bahwa pembuatan Nokia 8 dilakukan melalui 40 tahapan mesin, di antaranya proses anodizing, polishing, dan pewarnaan.

Pada bagian belakang terdapat dual-camera yang diposisikan secara vertikal, lalu ada pula logo Nokia yang juga diletakkan secara vertikal. Sementara pada bagian depan terdapat layar IPS LCD 5,3 inci dengan resolusi Quad HD.

Layarnya memang terkesan kecil, mengingat kebanyakan smartphone flagship saat ini sudah menggunakan layar berukuran 5,5 inci atau bahkan lebih. Kendati pun begitu, ukuran layar yang tak terlalu besar ini membantu Nokia 8 untuk menyuguhkan tampilan yang tajam.

Chipset terkencang

Agar mampu bersaing dengan smartphone flagship lainnya, Nokia meramu Nokia 8 dengan chipset terkuat, Qualcomm Snapdragon 835. Kemampuanchipset tersebut juga ditunjang GPU Adreno 540, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, dan dukungan slot microSD hingga 256 GB. Dengan dapur pacu semacam ini Nokia 8 bakal memberikan pengalaman komputasi yang benar-benar baik.

Sementara untuk keperluan daya, Nokia 8 dibekali baterai berkapasitas 3.090 mAh yang dilengkapi fitur Quick Charge 3.0. Selain itu, Nokia juga mengklaim bahwa komponen bagian dalam Nokia 8 dilengkapi pipa tembaga sehingga smartphone tidak mudah panas saat digunakan dalam waktu yang lama.

Carl Zeiss

nokia 8 02 1

Nokia 8 juga memiliki kemampuan lebih pada sisi kameranya. Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya, Nokia merilis smartphone dual-camera belakang. Tak main-main, Nokia menggaet salah satu produsen kamera ternama yakni Carl Zeiss.

Dual-camera belakang ini terdiri dari satu lensa beresolusi 13 MP (RGB) yang dilengkapi fitur OIS dengan bukaan f/2.0, sementara satu lensa lagi beresolusi 13 MP (Monochrome) dengan bukaan f/2.0. Tak cuma foto, dual-camera belakang ini juga mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Sementara untuk kamera depan, Nokia menyematkan kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.0 yang mana kamera ini juga hasil kerja sama dengan Zeiss. Bicara soal kualitas, kami rasa kamera depan maupun belakang Nokia 8 cukup mumpuni dan mampu bersaing dengan kamera smartphone flagship lainnya.

Android murni

Untuk urusan perangkat lunak, sejauh ini Nokia selalu membekali smartphone-nya dengan software terbaru. Pun begitu pada Nokia 8, yang mana smartphone ini sudah menggunakan Android terbaru Nougat 7.1.1 tanpa adanya bloatware atau pun kustomisasi alias Android murni.

Namun Nokia berjanji ketika resmi diperjualbelikan, Nokia 8 akan diperbarui ke versi Android berikutnya. Dengan kata lain, Nokia 8 bakal jadi salah satu smartphone perdana yang menggunakan Android O. Ya, Nokia dikabarkan telah bekerjasama dengan Google guna merealisasikan hal ini. Semoga kerjasama ini berakhir dengan baik.

Bothie vlog

bothie

Selayaknya smartphone flagship, Nokia 8 juga dibekali sederet fitur menarik. Fitur wajib yakni sensor sidik jari sudah terintegrasi pada tombol fisik home. Ada pula fitur splash resistant yang membuat Nokia 8 tahan terhadap cipratan air. Tak berhenti di situ saja, Nokia 8 juga dibekali fitur ‘Bothie’ yang berfungsi mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk foto maupun merekam video.

Bothie sejatinya bukanlah fitur baru, karena Samsung dan LG sempat menghadirkan fitur ini pada smartphone buatannya. Namun, Bothie pada Nokia 8 menawarkan kelebihan khusus yakni video pada mode Bothie dapat disiarkan langsung ke media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun YouTube.

Selain itu Nokia 8 juga mengusung fitur bernama OZO Audio, yang mana fitur berfungsi untuk merekam suara dari berbagai arah alias 360 derajat. Karenanya kualitas suara dari video yang dihasilkan bakal jauh lebih jernih dan menggelegar.

(last edit: 21 August, 2017 / 1:18 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
75%
Mau
10%
Biasa Aja
14%
Payah!
4%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.