5 Alasan Mengapa Meizu M5 Note Layak Dimiliki

Tahun 2017 ini bisa dibilang adalah tahun yang cukup spesial, terutama bagi produsen smartphone Cina yang berkiprah di Indonesia. Beberapa merek asal Cina seperti Huawei, OPPO, dan Vivo mencatatkan penjualan yang tinggi.

Sementara dua merek asal Cina lainnya, Xiaomi dan Meizu, kini sudah resmi memenuhi aturan TKDN 30 persen yang ditetapkan pemerintah. Karenanya, keduanya sudah boleh berjualan smartphone 4G secara resmi di tanah air.

Kalau di bulan April ini kita disuguhkan beberapa smartphone 4G terjangkau dari Xiaomi, maka tak lama lagi giliran smartphone 4G terjangkau bikinan Meizu yang bakal tersedia di pasar. Setidaknya bakal ada dua seri yang disiapkan di semester awal 2017 ini, yaitu Meizu M5 dan Meizu M5 Note.

Meizu M5 sendiri kabarnya bakal dibanderol di bawah Rp2 juta. Ya, gosipnya bakal ditawarkan seharga Rp1,8 juta. Sedangkan Meizu M5 Note disiapkan untuk segmen kelas menengah, bakal dijual sekitar Rp2,8 juta. Di atas kertas, M5 Note mungkin bakal menyita perhatian penggila gadget tanah air. Berikut lima alasannya.

mTouch dan mBack

meizu m5 note fingerprint image

Pasalnya Meizu M5 Note memiliki beberapa faktor orisinil yang membuatnya pantas menjadi smartphone kekinian. Yang pertama yakni adanya tombol Home fisik. Tombol ini bersifat multifungsi karena selain sebagai tombol Home, juga berfungsi sebagai tombol back dengan hanya menyentuhnya saja, dikenal dengan istilah mBack.

Uniknya, belakangan ini pengaplikasian tombol Home multifungsi seperti ini turut digunakan oleh OPPO pada F3 Plus dan juga Huawei pada P10 dan P10 Plus. Tidak hanya itu, tombol Home ini juga terintegrasi dengan sensor sidik jari (mTouch) yang memang sudah menjadi standar smartphone kekinian saat ini. Sensor ini bisa membaca sidik jari hanya dalam waktu 0,2 detik saja.

mCharge

mcharge

Faktor selanjutnya yakni pengisian baterai cepat (fast charging). Meizu menyebutnya dengan istilah mCharge. Baterainya sendiri berkapasitas 4.000 mAh yang tergolong cukup besar untuk smartphone masa kini. Selain daya tahan yang lama, proses pengisiannya diklaim bisa berlangsung lebih cepat 40 persen dari generasi sebelumnya.

Detailnya, kepala charger yang disertakan dalam paket penjualannya memiliki daya hingga 18 Watt. Nah, untuk pengisian baterai selama 30 menit, baterainya bisa terisi 65 persen. Sementara untuk mengisi penuh hanya butuh waktu sekitar 90 menit saja.

Upgrade OS

flyme

Seluruh smartphone buatan Meizu sudah dibekali user interface bernama Flyme OS berbasis Android. Pada Meizu M5 Note, Flyme yang digunakan adalah versi 5. Flyme OS sendiri menawarkan tampilan yang minimalis dengan fungsi-fungsi yang simpel dan to the point.

Nah menariknya Meizu menjanjikan bahwa M5 Note masuk dalam daftar smartphone besutannya yang bakal mendapat upgrade OS. Ya, para pengguna Meizu M5 Note nantinya juga bakal kebagian Flyme 6 yang juga digunakan oleh smartphone flagship Meizu.

Service center lengkap

ss meizu

Bisa menjual smartphone 4G secara resmi saja sepertinya tidak cukup bagi Meizu. Untuk menyempurnakan kehadirannya di Indonesia, Meizu juga menyiapkan service center lengkap di berbagai kota.

Dikutip dari halaman website resmi Meizu Indonesia, service center Meizu tersebar di 11 kota besar di Indonesia. Kota-kota tersebut yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Kediri, Makassar, Manado, Balikpapan, Pekanbaru, dan Jambi.

Jeroan efektif

m5 note droidlime 05

Satu lagi alasan yang bisa bikin Meizu M5 Note layak diburu adalah kombinasi jeroan hardware di dalamnya. Kami menyebutnya efektif. Mengapa? Karena hardware yang dibawanya bukan yang terbaik, tapi memenuhi kebutuhan saat ini.

Sebut saja prosesor MediaTek Helio P10 yang punya performa banding konsumsi daya seimbang. Lebih hemat ketimbang Helio X10. Kapasitas RAM dan storage-nya pun cukup, yakni 3 GB dan 32 GB. Ada pula duet kamera 13 MP dan 5 MP yang punya kualitas memenuhi standar saat ini.

Seluruh fitur dan hardware yang dibawa Meizu M5 Note dibungkus dalam bodi dan layar 5,5 inci yang terbuat dari full metal. Desainnya terlihat cantik dengan proses pembuatan yang sangat presisi dan rapi dengan balutan warna gold dan silver.

(last edit: 17 April, 2017 / 11:40 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
9%
Biasa Aja
9%
Payah!
19%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.