Connect with us
MaxProM1
meninggalkan smartphone 128 gb 0 meninggalkan smartphone 128 gb 0 560x600
Featured

5 Alasan “Buang” Smartphone dengan Storage di Bawah 128 GB

Punya smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan internal jumbo tentu saja sangat mengasyikkan. Bagaimana tidak! Kita tak perlu lagi khawatir untuk menyimpan banyak file foto dan video ke dalam smartphone.

Updated

Di zaman yang serba cepat ini, smartphone menjadi salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan di kehidupan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan warga milenial, berbagai vendor berlomba-lomba menghadirkan smartphone terbaik yang ditunjang segudang fitur unggulan.

Sebut saja kamera dengan kemampuan AI alias kecerdasan buatan yang bisa memberikan konfigurasi otomatis saat ingin mengambil gambar, face ID untuk membuka layar smartphone hanya dengan dilihat dan yang terbaru adalah perubahan tata letak sensor fingerprint menjadi di bawah layar smartphone seperti yang ada pada Vivo V11 Pro.

Kenapa harus punya storage 128 GB?

Dari beberapa fitur yang disebutkan tadi, pertimbangan lain dalam memilih smartphone adalah storage atau penyimpanannya. Seperti yang kita ketahui, smartphone memiliki dua mode penyimpanan yakni, memori internal dan tambahan memori eksternal bertipe MicroSD.

Smartphone yang dibuat saat ini umumnya sudah dibekali memori internal mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB dan tertinggi 512 GB yang ada pada Samsung Galaxy Note 9. Sedangkan untuk dukungan memori ekternalnya bervariasi, ada yang 128 GB, 256 GB, 400 GB hingga 512 GB.

Dari pilihan storage yang tersedia, kami menyarankan untuk memilih smartphone dengan memori internal minimal 128 GB. Kenapa?

1. Tidak perlu beli memori eksternal

meninggalkan smartphone 128 gb 1

Alasan pertama menggunakan smartphone dengan internal 128 GB adalah tidak perlu beli memori eksternal. MicroSD dengan kapasitas 64 GB atau di atasnya dibanderol cukup tinggi. Saat kami cek di salah satu situs belanja online saja, harganya berkisar Rp250.000 sampai Rp400.000.

Belum lagi smartphone saat ini jarang ada yang memberikan slot memori eksternal dedicated. Kebanyakan masih bertipe hybrid yang memanfaat slot SIM 2. Akhirnya pengguna diharuskan memilih, menggunakan SIM 2 atau kartu memori eksternal.

2. Kamera setara dslr

meninggalkan smartphone 128 gb 2

Sektor kamera di smartphone saat ini sudah semakin meningkat dibanding beberapa tahun sebelumnya. Dukungan fitur AI, bokeh, HDR dan beragam fitur lainnya berhasil mengambil hati pengguna untuk menciptakan sebuah foto keren tanpa harus membawa DSLR yang lumayan besar.

Semakin besar megapiksel dari suatu smartphone, maka hasil gambarnya juga akan membengkak. Contohnya saat kami mengambil sebuah foto dengan resolusi 9 MP gambar tersebut berukuran 3.7 MB, untuk 12 MP sekitar 4.8 MB dan 20 MP hampir 6 MB. Dengan memiliki smartphone 128 GB, tentunya hal tersebut bukan suatu masalah.

3. Video hingga 4K

Ketiga adalah perekaman video. Hanya dari kamera smartphone, pengguna bisa merekam video dengan kualitas mulai dari 720p hingga 4K. Sebagai gambaran, video Full HD 60 fps dengan durasi 1 menit saja berukuran sekitar 250 MB. Bagaimana jika kualitasnya ditingkatkan menjadi 4K? Tentu akan memakan memori internal yang lebih besar lagi.

4. Game kualitas tinggi

meninggalkan smartphone 128 gb 4

Saat ini bukan hanya game PC saja yang mengalami peningkatan dalam segi grafis, game mobile pun juga demikian. Game dengan kualitas HD, seperti PUBG Mobile, Lineage2 Revolution, Asphalt 9: Legends dan yang terbaru Fortnite Mobile paling tidak membutuhkan memori bebas 2 GB agar bisa diinstall. Bahkan untuk game yang tergolong ringan, seperti Mobile Legends: Bang bang berhasil menguras memori internal hampir 1.1 GB.

Maka dari itu, jika kalian adalah orang yang hobi bermain kualitas grafis tinggi di smartphone. Carilah yang memiliki memori internal 128 GB agar bisa install banyak game sekaligus.

5. Menjadi alternatif penyimpanan

Ada saatnya dimana kami lupa membawa flash drive ataupun hard disk namun sedang ingin melakukan transfer data. Akhirnya kami menggunakan smartphone dengan memori besar untuk menampung data tersebut sementara. Proses pemindahan data pun cukup mudah, kami hanya perlu menghubungkan smartphone ke perangkat laptop dengan kabel data.

Smartphone murah dengan storage 128 GB

meninggalkan smartphone 128 gb 6

Itulah beberapa alasan kenapa harus mulai menggunakan smartphone dengan storage 128 GB. Jika kalian mencari sebuah smartphone kelas menengah memori internal 128 GB, rasanya Huawei Nova 3i adalah pilihan terbaik. Smartphone yang dibanderol mulai Rp3.8 Juta ini dibekali jeroan mumpuni dan desain warna gradasi cantik yang menambah kesan mewah saat dipegang.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.