Connect with us
UX370-JOE
Featured
Tips

4 Tips untuk Amankan Smartphone Android Anda

Droidlime.com,

/

tips aman smartphone 1

Semakin meningkatnya teknologi keamanan pada smartphone Android, nyatanya tak membuat para hacker jera. Data-data penting seperti alamat rumah, email, bahkan kartu kredit masih sering disalahgunkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Sebenarnya hal ini terjadi karena pengguna Android yang kurang menjaga keamanan pada smartphone yang dimiliki. Sehingga para hacker jahat dengan sangat mudah mengambil data-data rahasia. Lalu bagaimana cara mengamankan smartphone Android Anda? Berikut adalah tipsnya.

Aktifkan enkripsi smartphone

tips aman smartphone 2

Enkripsi adalah sebuah proses pengkodean data sehingga tidak mudah dibaca dan diketahui oleh manusia. Kode dibuat sangat acak. Jika Anda mengaktifkan enkripsi smartphone Android, data-data baru akan otomatis langsung diamankan oleh pengekripsian tersebut. Hingga saat ini Android memiliki dua jenis metode pengenkripsian data, antara lain:

Full disk encryption (Android 5. 0 ke atas)

tips aman smartphone 6

Enkripsi full-disk hanya menggunakan kunci tunggal dan dilindungi dengan kata sandi dari pengguna smartphone Android tersebut. Metode ini akan melindungi seluruh partisi smartphone Anda. Jadi setelah boot awal, Anda harus memberikan izin agar dapat mengakses setiap data pada perangkat Anda.

Namun, ketika Anda me-reboot smartphone, data Anda tidak dapat diakses sebelum Anda melewati izin keamanan dahulu. Mungkin terlihat rumit, namun metode ini membuat ponsel Anda semakin aman.

File-based encryption (Android 7.0)

Kabar baik bagi Anda yang sudah menggunakan Android 7.0 Nougat, karena proses pengenkripsian menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Pada OS Android Nougat Anda dapat mengenkripsi hanya pada file-file tertentu saja. Sehingga Anda dapat mengenkripsi setiap file dengan kata sandi yang berbeda-beda. Metode ini jauh lebih aman.

Amankan aplikasi chat

tips aman smartphone 3

Aplikasi pesan instan atau biasa dikenal dengan SMS juga dapat menjadi celah para hacker untuk mencuri data-data penting yang Anda miliki. Untuk itu, kami menyarankan agar Anda mengamankan aplikasi perpesanan yang ada pada smartphone Android Anda.

Signal Private Messenger

Kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan aplikasi Signal Private Messenger. Selain memiliki banyak fitur dan mudah untuk digunakan, Aplikasi ini memiliki tingkat perlindungan yang luar biasa. Karena Signal Private Messenger membuat enkripsi end-to-end untuk menyimpan semua data-data pribadi Anda.

Aktifkan dua faktor otentikasi

tips aman smartphone 4

Proses ini sangat penting untuk Anda lakukan, apalagi jika Anda adalah tipe orang yang memiliki banyak akun sosial media seperti Gmail, Facebook, atau akun pembayaran online seperti Paypal, serta akun penyimpanan online seperti Dropbox. Jadi, otentikasi dua faktor atau verifikasi dua-langkah wajib untuk dilakukan agar identitas Anda tidak mudah dibajak.

Jangan install aplikasi bajakan

tips aman smartphone 5

Beberapa aplikasi memang dijual dengan harga yang mahal. Karena itu banyak orang tak bertanggung jawab mengubah aplikasi berbayar tersebut menjadi gratis. Dan kita tahu orang Indonesia termasuk yang mudah tergiur dengan hal-hal yang berbau gratis.

Tetapi perlu diketahui, aplikasi bajakan sangat berbahaya. Karena hacker telah menyelipkan semacam kode rahasia di dalam aplikasi bajakan tersebut guna mencuri data-data penting Anda. Selain itu, aplikasi bajakan tak jarang menyebabkan smartphone terserang virus. Kalau kami pribadi lebih memilih bayar tapi aman ketimbang gratis tapi berisiko besar.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer