4 Smartphone Xiaomi Ini Dapatkan MIUI 8 Nougat Beta

Seminggu lalu ROM MIUI 8 Android 7.0 Nougat telah memasuki tahap open beta untuk Xiaomi Mi 5. Kini giliran empat smartphone lainnya mendapatkan ROM tersebut dalam tahap close beta. Keempat smartphone itu terdiri dari Xiaomi Mi 4c, Mi 4s, Mi Note, dan Mi Max. Hal ini sekaligus membuktikan janji Xiaomi yang akan menghadirkan update Android Nougat di beragam smartphone besutannya.

Kita ketahui sendiri bahwa Mi 4c merupakan smartphone keluarga Mi penerus Mi 4i yang diluncurkan pada tahun 2015 dengan mengincar kelas menengah dan memiliki harga yang terjangkau. Sementara Mi 4s menjadi penerus Mi 4 dengan spesifikasi hardware yang bagus. Selain itu, Mi Note menjadi smartphone flagship awal Xiaomi yang berlayar lebar di tahun 2015. Terakhir, Mi Max hadir pada tahun ini dengan layar jumbo 6,44 inci.

Sementara itu, Xiaomi sendiri memang sedang mengujikan apakah hardware yang berada dalam keempat smartphone ini mampu menjalankan Android Nougat dengan maksimal. Selanjutnya, vendor ini telah mengirimkan undangan khusus kepada pengguna terpilih dari keempat smartphone ini untuk menikmati update MIUI 8 Android 7.0 Nougat. Tentu saja, pengguna yang menyanggupinya harus menerima risiko banyaknya bug yang akan hadir.

Untuk Xiaomi Mi Note sendiri belum bisa dipastikan apakah akan benar-benar mendapatkan MIUI 8 Android 7.0 Nougat versi stabil karena GPU Adreno 330 yang dimiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 801 tidak kompatibel dengan Vulkan API yang merupakan salah satu fitur dari Android Nougat, sehingga ditakutkan tidak akan berjalan dengan maksimal.

Namun ZUK Z1 yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 dipastikan oleh Lenovo akan mendapatkan Android Nougat beta pada Januari 2017 mendatang. Semoga saja ada harapan smartphone dengan prosesor Snapdragon 800 atau 801 bisa mendapatkan update sistem operasi terbaru ini, meski harapannya kecil.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
61%
Mau
3%
Biasa Aja
3%
Payah!
33%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.