Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie

Featured

4 Rekomendasi Smartphone Dual-camera Murah nan Kece (2017)

Published

on

smartphone mid range dual kamera e1506361321529

Fitur dual-camera umumnya hanya tersedia untuk smartphone berkelas flagship dengan harga yang terkesan mahal. Oleh sebab itu, hanya orang-orang tertentu yang dapat mencicipi segala kecanggihan smartphone flagship, termasuk fitur dual-camera tersebut.

Melihat fenomena ini, beberapa vendor berinisiatif untuk menciptakan smartphone kelas menengah lengkap dengan fitur dual-camera belakang. Tujuannya jelas, agar semua kalangan dapat menikmati fitur keren tersebut. Lantas smartphone kelas menengah apa saja yang sudah dilengkapi dengan dual-camera belakang? Berikut adalah daftarnya.

Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1

Secara mengejutkan, Xiaomi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya pada pertengahan bulan September lalu. Ini merupakan produk spesial Xiaomi karena tercipta dari hasil kerjasamanya dengan Google. Ya, Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone Android One. Bicara soal rupa, Xiaomi Mi A1 sejatinya sangat identik dengan sang kakak, Xiaomi Mi 5X.

Xiaomi Mi A1 sendiri dibekali layar 5,5 inci Full HD dengan hardware kelas menengah, di antaranya chipset Snapdragon 625, RAM 4 GB, GPU Adreno 506, memori internal 64 GB, serta baterai berkapasitas 3.080 mAh. Selayaknya proyek Android One, Xiaomi Mi A1 tak lagi menggunakan MIUI, melainkan menggunakan sistem operasi Android Murni versi Nougat 7.1.2.

[tabelspek id=”25988″]

Sementara untuk segmen yang sedang kita bahas, yakni kamera belakang, Xiaomi Mi A1 dipersenjatai dual-camera belakang beresolusi 12 MP. Satu lensa memiliki kemampuan untuk mengambil foto wide angle dan satu lensa lagi dibekali kemampuan telephoto (2x optical zoom). Sayangnya dual-camera belakang ini belum dilengkapi dengan teknologi OIS.

Xiaomi mengklaim bahwa kombinasi dual-camera ini mampu menghasilkan foto “bokehlicius” yang dramatis, bahkan setara dengan smartphone flagship seperti OnePlus 5 atau pun iPhone 7 Plus. Berada di segmen kelas menengah, Xiaomi Mi A1 dibanderol dengan harga Rp3,1 jutaan.

Samsung Galaxy J7+

Samsung Galaxy J7 1024x576

Meski baru menyematkan teknologi dualcamera pada Galaxy Note 8, secara diam-diam Samsung merilis smartphone kelas menengah dengan dual-camera belakang, sebut saja Samsung Galaxy J7+. Di Indonesia, proses pre-order Samsung Galaxy J7+ tengah berlangsung.

Bicara soal kamera, Samsung Galaxy J7+ menggunakan dual-camera belakang yang terdiri dari satu lensa beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.7 dan satu lensa beresolusi 5 MP dengan aperture f/1.9. Dual-camera ini juga dibekali dengan fitur live focus untuk menghasilkan foto blur alias bokeh.

Tak hanya menonjolkan sisi kamera belakang, Samsung Galaxy J7+ juga dibekali kamera selfie beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.9. Sedangkan untuk hardware, Samsung Galaxy J7+ tidak lagi menggunakan chipset Exynos, melainkan menggunakan Mediatek Helio P25 sebagai otaknya.

Kinerja hardware tersebut ditunjang RAM 4 GB, memori internal 32 GB yang juga dapat ditambah dengan microSD hingga 256 GB, serta baterai berkapasitas 3.000 mAh. Untuk saat ini, Samsung Galaxy J7+ dijual dengan kisaran harga Rp5 juta.

ASUS ZenFone 4 Max Pro

Asus Zenfone Max Pro 1024x576

Tak mau dibilang ketinggalan zaman, ASUS juga mengadopsi teknologi dual-camera pada smartphone racikannya. ASUSmenyematkan teknologi ini pada ZenFone 4 Max Pro. Susunan kamera belakang ini terdiri dari dua kamera beresolusi 16 MP f/2.0, dimana salah satu lensanya dibekali dengan kemampuan wide angle yang sanggup menangkap objek hingga 120 derajat.

Dual-camera belakang ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti EIS dan Pixel Master 4.0. Sedangkan untuk kamera selfie, ASUSmenyematkan kamera 16 MP dengan aperture f/2.0 dan LED flash.

Beralih ke sisi hardware, ASUS ZenFone 4 Max Pro diotaki chipset entry-level Snapdragon 430 yang disokong RAM 3 GB, memori internal 32 GB, microSD hingga 256 GB, dan layanan penyimpanan Google Drive gratis berkapasitas 100 GB selama satu tahun.

[tabelspek id=”25379″]

Menariknya, meski memiliki dimensi yang terbilang tak terlalu besar, ASUS sanggup menanamkan baterai berkapasitas jumbo 5.000 mAh pada smartphone ini. Tentu kapasitas baterai yang besar ini menjadi salah satu fitur andalan ZenFone 4 Max Pro. Baru rilis di tahun 2017, ASUS ZenFone 4 Max Pro dijual dengan harga Rp3 juta.

Moto G5s Plus

Moto G5s Plus 1024x683

Setelah diakuisisi oleh Lenovo, Motorola konsisten untuk memproduksi smartphone berkualitas. Kali ini Motorola menghadirkan Moto G5s Plus. Berbeda dengan seri sebelumnya, Moto G5s Plus membawa beberapa peningkatan.

Salah satu segmen yang mengalami peningkatan adalah kamera belakang. Ya, Moto G5s Plus membawa dual-camera belakang beresolusi 13 MP (f/2.0) yang terdiri dari satu lensa RGB dan satu lensa monokrom, mirip flagship Huawei.

[tabelspek id=”26580″]

Konfigurasi dari dua kamera belakang ini sanggup menghasilkan foto bokeh yang dramatis. Tak hanya itu saja, Moto G5s Plus juga dibekali jeroan yang lebih gahar dari seri sebelumnya, di antaranya chipset Snapdragon 625, RAM 4 GB, serta memori internal 32 GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 128 GB. Kinerjanya disokong baterai 3.000 mAh. Untuk saat ini, Moto G5s Plus dapat dipesan dengan harga Rp3 juta (selama masa pre-order).

Advertisement
Comments

Featured

7 Smartphone China Terkece Sepanjang Tahun 2017

Published

on

Smartphone Indah 2017

Pada tahun 2017 lalu tak sedikit pabrikan smartphone yang berlomba-lomba meluncurkan perangkat dengan desain yang menarik. Tak hanya dukungan layar bezel-less, smartphone tersebut juga dikemas dengan desain yang ramping sehingga nyaman saat digenggam.

Setelah era Sharp Aquos, Xiaomi Mi MIX melanjutkan tren layar bezel-less. Tak hanya itu, perangkat tersebut juga dikemas dengan layar lebar, namun ukuran bodinya dibuat lebih ramping. Hasilnya, tak sedikit penggila gadget yang kepincut dengan smartphone racikan Xiaomi tersebut.

Desain smartphone dengan unibody berbahan logam yang dilindungi kaca juga banyak hadir di tahun 2017 lalu. Tak kalah dengan smartphone bezel-less, perangkat unibody logam yang dilapisi kaca juga menarik perhatian penggila gadget.

Lantas, smartphone apa saja yang dianggap memiliki desain terindah yang muncul di tahun 2017 lalu? Berikut ini beberapa daftar smartphone dengan desain terindah yang dirangkum oleh Gizmochina.

Honor 9

Honor 9

Honor 9 merupakan slaah satu smartphone dengan desain indah yang memiliki bodi dengan kerangka aluminium. Pada bagian belakangnya, smartphone ini telah dilapisi kaca yang membuat desainnya menimbulkan pola menarik berkat cahaya yang terpantul.

Honor yang berada di bawah payung Huawei mengemas smartphone ini dengan bentang layar 5,15 inci Full HD ditambah dengan teknologi IPS LCD. Smartphone ini juga masih dilengkapi dengan sensor fingerprint yang terintegrasi tombol fisik Home di bagian depan.

Berbicara soal dapur pacunya, Honor 9 telah dibekali dengan Kirin 960, RAM 4 GB/6 GB serta storage berkapasitas 64 GB/128 GB. Daya tarik lainnya, smartphone yang memiliki baterai berkapasitas 3.200 mAh ini juga sudah dilengkapi dengan EMUI 5.1 berbasis Android Nougat.

Gionee M7 Power

Gionee M7 Power

Tak mau kalah, Gionee pun memproduksi smartphone yang sedap dipandang mata. Adalah Gionee M7 Power yang dikemas dengan material alumunium dan dilapisi kaca pada bagian belakangnya. Selain indah, smartphone ini juga sudah dibekali dengan bateri jumbo 5.000 mAh.

Lantas, bagaimana dengan dapur pacunya? Gionee mempercayakan Snapdragon 435 untuk ditanam ke dalam M7 Power. Chipset tersebut juga dipadukan dengan RAM 4 GB serta internal storage berkapasitas 64 GB.

Tak ketinggalan, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan EMUI 5.1 berbasis Android Nougat. Daya tarik lainnya adalah bentang layar berukuran 6 inci HD+ IPS LCD dengan aspek rasio kekinian, yakni 18:9.

Smartisan Nut 2 Pro

Smartisan Nut 2 Pro

Mungkin kita tak pernah mendengar pabrikan smartphone ini. Namun, Smartisan juga berhasil menelurkan smartphone dengan desain indah, yakni Nut 2 Pro. Bodi berbahan logam yang dilapisi kaca pada bagian belakangnya membuat smartphone ini terlihat indah.

Tombol Volume dan Power (On/Off) berbentuk melingkar juga menambah kesan indah Nut 2 Pro. Bahkan, warna-warna yang dihadirkan pada smartphone ini menjadi senjata menarik bagi Smartisan untuk merayu kaum millenial agar mau membeli Nut 2 Pro.

Dikemas dengan layar penuh berukuran 5,99 inci Full HD+ IPS LCD dan resolusi 18:9 semakin membuat smartphone terlihat lebih indah. Tak hanya itu, Smartisan juga melengkapinya dengan spesifikasi hardware yang tak kalah menarik.

Nut 2 Pro ini telah dibekali dengan Snapdragon 660. RAM yang ditanam ada dua pilihan, 4 GB dan 6 GB. Begitu juga pilihan internal storage-nya, yakni 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Dual-camera utama 12 MP + 5 MP semakin menjadikan smartphone ini terlihat lebih menarik.

Nubia Z17s

Nubia Z17s

Smartphone indah lainnya yang muncul di tahun 2017 adalah Nubia 17s. Smartphone ini dikemas dengan sentuhan bezel-less yang layar penuhnya memiliki ukuran 5,73 inci Full HD+. Daya tarik lainnya adalah aspek rasio layar kekinian, yakni 18:9.

Nubia Z17s juga diproduksi dengan bahan logam yang dilapisi kaca. Untuk urusan performa juga tak mau kalah. Nubia membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 835, RAM 6 GB/8 GB serta internal storage 64 GB/128 GB.

Apakah hanya itu daya tarik Nubia Z17s? Rupanya tidak! Smartphone dengan desain menawan ini juga telah dilangkapi dengan dual-camera 12 MP + 23 MP. Baterai berkapasitas 3.100 mAh juga telah ditanam ke dalam smartphone ini.

Huawei Nova 2S

Huawei Nova 2s

Huawei pun tak mau ketinggalan untuk menciptakan smartphone dengan desain indah. Untuk berkompetisi dengan para pesaingnya, Huawei menciptakan Nova 2S. Smartphone ini diracik dengan bahan logam berbalut kaca.

Chipset HiSilicon Kirin 960 juga menjadi senjata andalan dari smartphone ini. Selain itu, smartphone ini juga hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB serta internal storage berkapasitas 64 GB dan 128 GB.

Xiaomi Mi MIX 2

xiaomi mi mix 2

Seperti sudah disebutkan, Xiaomi adalah salah satu pionir yang mampu menciptakan smartphone indah, yakni Mi MIX. Untuk versi selanjutnya, Xiaomi kembali menelurkan generasi kedua dari smartphone tersebut, Mi MIX 2.

Tak berbeda dengan generasi awal, Mi MIX 2 juga dikemas dengan layar bezel-less. Smartphone ini juga sudah dibekali dengan chipset papan atas Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Pilihan RAM yang ditanam adalah 6 GB dan 8 GB.

Tak ketinggalan, Mi MIX 2 juga memiliki opsi internal storage yang beragam, yakni 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Xiaomi juga melengkapi smartphone berbasis MIUI 9 ini dengan kamera 12 MP dan baterai berkapasitas 3.400 mAh.

Huawei Mate 10 Pro

Huawei Mate 10 Pro Header 1

Lagi-lagi, Huawei kembali menelurkan smartphone dengan desain indah di tahun 2017 ini, yakni Mate 10 Pro. Tak hanya indah, Huawei juga memikirkan masalah performa smartphone buatannya tersebut. Untuk itulah, smartphone ini ditanam otak pintar Kirin 970.

Smartphone ini juga hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sedangkan internal storage yang ditanam ke dalam smartphone ini adalah 64 GB dan 128 GB. Keindahan smartphone ini juga terlihat dari layar penuh 6 inci yang dikemas.

Memiliki resolusi Full HD+, layar smartphone ini juga sudah mengadopsi teknologi AMOLED dengan aspek rasio 18:9. Bodi berbahan logam semakin menjadikan smartphone ini tak hanya indah, tetapi juga elegan.

Keindahan smartphone penerus Mate 9 ini juga ditopang dengan dukungan kamera yang disematkan. Dual-camera utama dengan lensa Leica 12 MP + 20 MP juga menjadi nilai jual smartphone ini. Daya tarik lainnya adalah baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Continue Reading

Featured

Tes Kamera Huawei Nova 2i: Bisa Sebagus DSLR?

Published

on

nova2i 11

Nova 2i jadi penutup eksistensi Huawei di Indonesia untuk tahun ini. Kehadirannya sendiri cukup membuat kejutan. Ya, Huawei Nova 2i tercatat sebagai smartphone empat kamera terjangkau yang pertama dijual resmi di Indonesia. Dan setelah membuat ulasan review-nya, kini giliran kameranya yang bakal kami uji.

Selain punya layar lega FullView 18:9, Nova 2i juga punya kamera utama 16+2 MP dan kamera depan 13+2 MP. Dengan konfigurasi kamera yang cukup menjanjikan, kami pun merasa penasaran dan juga tertantang, apakah bisa menciptakan foto-foto yang bagus tapi cuma pakai smartphone, bukan kamera profesional.

Nah, agar hasilnya lebih optimal, kami pun memotret menggunakan mode-mode yang sudah disediakan, khususnya portrait atau wide aperture buat foto bokeh, night mode untuk motret low light ekstrem, dan pastinya light painting yang udah jadi andalan di smartphone Huawei.

Untuk memulai pengujian, pertama-tama kami menjajal kameranya untuk pemotretan glamour photo studio. Kalau biasanya kebanyakan orang selalu pakai kamera profesional, sekarang kita coba pakai smartphone. Pastinya juga dengan dukungan lighting.

Glamour photo

nova2i 08

Biar nggak repot atur konfigurasi kameranya, maka kita pakai mode portrait dan wide aperture. Mode portrait lebih optimal untuk objek wajah dengan efek bokeh yang tidak bisa diatur. Sedangkan mode wide aperture juga untuk hasilkan fek bokeh, tapi titik fokus dan juga tingkat bokehnya bisa kita ubah. Dan inilah beberapa foto glamour yang kami jepret langsung dari kamera Nova 2i.

Night shot

nova2i 04

Selanjutnya kami mencoba kemampuan memotret low light-nya pakai night shot. Nah mode night shot ini mengharuskan kita pakai bantuan tripod. Setelah tripod terpasang, kita hanya perlu pencet tombol shutter dan kamera bakal otomatis motret dengan setting ISO dan shutter speed otomatis, biasanya antara 15-20 detik. Yap segampang itu caranya.

Light painting

nova2i 09

Setelah menjajal kemampuan memotret menggunakan mode portrait, wide aperture, dan night shot, sekarang yang terakhir kami akan melukis cahaya. Di Huawei Nova 2i kita bisa pakai mode light painting dimana di dalamnya ada empat mode: car light trail, light graffiti, silky water, dan star track (milky way). Yang kami coba adalah light trail, light graffiti, dan milky way.

Langsung saja, cara pakainya simpel. Kita siapkan dulu tripod, lalu pilih modenya, cari objek yang kece, dan jepret selama yang kita mau. Kalau kira-kira hasilnya sudah oke, pencet sekali lagi tombol shutter-nya. Ya, caranya sesimpel itu dan kita tidak perlu atur-atur konfigurasinya secara manual.

Nah, Anda sudah lihat beberapa foto terbaik yang kami ambil langsung menggunakan kamera Huawei Nova 2i. Bagaimana hasilnya menurut kalian? Untuk lebih jelasnya, kami juga sudah membuatkan video pengujiannya di bawah ini.

Continue Reading

Featured

Inilah para Pemenang DroidLime Awards 2017

Published

on

banner award2017

Ini adalah tahun ketiga kami mengadakan aktivitas online bertajuk DroidLime Awards yang bertujuan untuk mencari gadget paling favorit dan terpopuler versi para pembaca setia kami. DroidLime Awards 2017 sendiri sudah berlangsung sejak 5 hingga 25 Desember 2017 kemarin.

Kurang lebih selama 20 hari berlangsung, akhirnya terpilih beberapa pemenang dari beberapa kategori. Untuk tahun ini kami membaginya dalam sembilan kategori, tujuh di antaranya gadget, satu kategori e-commerce, dan satu kaetegori provider internet mobile.

Adapun cara menentukan para pemenang yakni dengan sistem voting. Hingga Awards dimulai 5 Desember dan berakhir 25 Desember kemarin, total terkumpul sebanyak 161.316 suara dari total sembilan kategori yang ada.

Penasaran apa-apa saja gadget, provider internet, dan e-commerce favorit para pembaca DroidLime? Berikut adalah daftar para pemenangnya!

Best Budget: OPPO A37 (45,96%)

Best Challenger: Samsung Galaxy A5 2017 (64,45%)

Best Affordable Flagship: Xiaomi Mi 6 (33,44%)

Best Flagship: Samsung Galaxy Note 8 (72,54%)

Best Camera: Samsung Galaxy Note 8 (66,33%)

Best Design: Samsung Galaxy Note 8 (74,84%)

Best Selfie Specialist: OPPO F5 series (54,85%)

Best Mobile Internet Provider: Telkomsel (57,09%)

Best e-Commerce: Lazada (28,45%)

Akhirnya kami ucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada Anda para pembaca yang sudah berpartisipasi ikut memilih gadget favorit selama tahun 2017 ini. Sampai jumpa di DroidLime Awards 2018!

Continue Reading

Populer